Peningkatan Kesadaran Energi Baru Terbarukan (EBT) Di SMKN 6 Bandung Melalui Program Penyuluhan Terpadu

https://doi.org/10.37476/ncsj.v5i1.5221

Authors

  • Jaspar Hasudungan Telkom University
  • Aminah Indahsari Marsuki Telkom University
  • Rifki Rahman Nur Ikhsan Telkom University
  • Nabila Sri Maharani Telkom University
  • Meilinda Santa Kristi Telkom University
  • Syipa Nuraeni Padillah Telkom University

Keywords:

Energi Baru Terbarukan, Penyuluhan Interaktif, Literasi Energi, keberlanjutan lingkungan, Peralihan Energi

Abstract

Program pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman siswa SMKN 6 Bandung yang mengambil jurusan elektronika tentang Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui pemahaman terpadu. Aktivitas dilaksanakan dengan metode penyuluhan interaktif yang mencakup presentasi visual, dan demonstrasi alat Pembangkit Listrik Tenaga Surya portable, dan sesi diskusi untuk memaksimalkan keterlibatan para peserta. Peningkatan pemahaman siswa dikaji melalui pre-test dan post-test, sementara perubahan sikap dan motivasi diukur lewat wawancara mendalam. Hasilnya menunjukkan peningkatan rata-rata skor pemahaman sebesar 10,64 poin, dari 50,21 di pre-test menjadi 60,85 di post-test serta antusiatisme siswa mengalami peningkatan setelah demonstrasi alat yang menunjukkan pengubahan energi matahari menjadi Listrik. Program ini juga menghasilkan materi edukatif dalam bentuk modul dan video dokumentasi yang dipublikasikan di YouTube. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong siswa berperan dalam mendukung peralihan energi berkelanjutan di sekolah ataupun lingkungan sekitar.

References

Furukawa, H., Tanaka, K., & Yamada, T. (2021). Scalable learning modules for renewable energy technologies in vocational education. Journal of Technical Education and Training, 13(2), 45-53.

Kementerian ESDM. (2020). Rencana strategis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral 2020-2024. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.

Kurniawan, A. (2021). Tantangan integrasi teknologi energi terbarukan dalam kurikulum SMK di Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknik, 8 (1), 34-42.

Lestari, A., & Nugraha, B. (2024). Pengembangan modul pembelajaran energi terbarukan untuk siswa SMK berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi, 14(1), 22-30.

Mardianto, M., Akmal, A., Hafid, A., & Adriani, A. (2023). Perancangan Solar Cell Untuk Sumber Energi Listrik Mesin Pompa Air. VERTEX ELEKTRO, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.26618/jte.v15i1.10208

Nasional, Lembaga Ketahanan, Republik Indonesia, Sidik Setiyono, Lembaga Ketahanan, and Nasional Ri. 2024. “Peningkatan Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) Untuk Mewujudkan Ketahanan Ekonomi Hijau Di Indonesia.”

Nugroho, R., & Santoso, D. (2022). Penerapan Teknologi Energi Terbarukan Untuk Mendukung Keberlanjutan Lingkungan di Indonesia. Jurnal Energi Berkelanjutan, 5 (2), 78-86.

Permana, E., & Dewi, R. (2022). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran interaktif energi terbarukan di SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4 (3), 12-20.

Prasetyo, D., Santoso, B., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh pendekatan interaktif terhadap pemahaman energi terbarukan pada siswa SMK. Jurnal Vokasi Indonesia, 9 (2), 56-64.

Santoso, T., & Rahmawati, F. (2022). Efektivitas pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Kejuruan, 10 (1), 33-41.

Sarante, Jusuf. (2024). Energi Baru Dan Terbarukan (EBT) Mendukung Pertahanan Negara Ditekindhan Ditjen Pothan Kemhan. https://www.kalderanews.com/2020/05/apa-sih-bedanya-energi-baru-dan-terbarukan/.

Setiawan, A., & Wibowo, T. (2023). Efisiensi teknologi energi terbarukan dalam transisi energi bersih di sektor industri. Jurnal Teknologi Energi, 7 (1), 15-23.

Tran, V. D. (2019). Does Cooperative Learning Increase Students' Motivation in Learning?. International Journal of Higher Education, 8(5), 12-20

Wijaya, M., & Pratama, A. (2023). Optimalisasi penggunaan energi surya melalui demonstrasi alat PLTS portabel di pendidikan vokasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 5 (2), 45-52.

Yuwono, S., Diharto, D., & Pratama, N. W. (2021). Manfaat Pengadaan Panel Surya dengan Menggunakan Metode On Grid. Energi dan Kelistrikan, 13(2), 393032. https://doi.org/10.33322/energi.v13i2.1537

Published

2025-06-16

How to Cite

Hasudungan, J., Marsuki, A. I., Ikhsan, R. R. N., Maharani, N. S., Kristi, M. S., & Padillah, S. N. (2025). Peningkatan Kesadaran Energi Baru Terbarukan (EBT) Di SMKN 6 Bandung Melalui Program Penyuluhan Terpadu. Nobel Community Services Journal, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.37476/ncsj.v5i1.5221