Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata Desa Pancana Kabupaten Barru Dalam Mengembangkan Potensi Pariwisata Melalui Penerapan Tata Kelola Dan Promosi Berbasis Digital

https://doi.org/10.37476/ncsj.v5i1.5226

Authors

  • Mashur Razak Universitas Handayani Makassar
  • Hazriani Hazriani Universitas Handayani Makassar
  • Ahmad Firman

Keywords:

Tata Kelola, Promosi Wisata, Desa Pancana

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu mitra dalam hal ini kelompok sadar wisata Desa Pancana dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan memberikan pelatihan dan pendampingan tata kelola bisnis pariwisata dan keterampilan memasarkan produk pariwisata melalui platform digital. Sebagai realisasi dari kegiatan ini, telah dilakukan pelatihan dan pendampingan bagi 20 orang anggota pokdarwis, penandatangan MoU dengan PHRI dan ASITA setempat, pengaktifan plaform sosial media untuk media promosi dan perumusan paket wisata unggulan Desa Pancana

References

Alam, S., Maryadi, Idris, M., & Asri. (2023). Strategi Pengelolaan Bisnis Yang Efektif Bagi Umkm Di Kelurahan Bajeng Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. Nobel Community Services Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/ncsj.v3i1.4201

Alifuddin, M., & Razak, M. (2015). Kewirausahaan: Strategi membangun kerajaan bisnis (Vol. 1). Jakarta: MAGNAscript Publishing.

Apriliani, A., & Hazriani. (2021). Peramalan tren penjualan menu restoran menggunakan metode single moving average. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(3), 2732. https://doi.org/xxxxxx

Badan Pusat Statistik Kabupaten Barru. (2022). Data statistik Desa Pancana. Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Barru.

Firman, A., & Kusuma, A. H. P. (2020). The effect of social media utilization, campus environment, and entrepreneurship knowledge on student entrepreneurial interest. Point of View Research Management, 1(4), 131–143.

Firman, A., Putra, A., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of business model for marketing nowadays: Theory and implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.

Kamaluddin, L. A., & Razak, M. (2020). Pengembangan platform bisnis digital terintegrasi berbasis komunitas sebagai perwujudan customer relationship management. YUME Journal of Management, 3(2), 45–60.

Khasanah, N., & Wahyuni, T. (2020). Efektivitas pelatihan berbasis kebutuhan dalam meningkatkan kapasitas komunitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 45-60. https://doi.org/xxxxxx

Latief, F., Firman, A., & Dirwan. (2023). Keputusan pengguna Gopay dari aspek e-service quality, promosi dan harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 391-400.

Lutfi, M., Muttaqien, H., Apriliani, A., & Hazriani. (2019). Application of the Naïve Bayes algorithm and simple exponential smoothing for food commodity prices forecasting. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology (ICOST 2019), 2-3 May, Makassar, Indonesia.

Razak, M. (2022). Perilaku Konsumen. Jakarta: MAGNAscript Publishing.

Suriyanti, A., Firman, A., Nurlina, G. B., & Ilyas, A. P. (2020). Planning strategy of operation business and maintenance by analytical hierarchy process and SWOT integration for energy sustainability. International Journal of Energy Economics and Policy, 10(4), 221–228.

Suryani, A., Firdaus, R., & Setiawan, A. (2021). Pengelolaan potensi wisata berbasis perikanan di daerah pesisir. Jurnal Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 3(2), 45–60.

Published

2025-06-14

How to Cite

Razak, M., Hazriani, H., & Firman, A. (2025). Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata Desa Pancana Kabupaten Barru Dalam Mengembangkan Potensi Pariwisata Melalui Penerapan Tata Kelola Dan Promosi Berbasis Digital. Nobel Community Services Journal, 5(1), 01–08. https://doi.org/10.37476/ncsj.v5i1.5226