PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU PETUGAS PARAMEDIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA UPTD PUSKESWAN

Authors

  • Basruddin cunding Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar
  • Andi Djalante Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Asniwati Asniwati Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Pendidikan, Karakteristik individu, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pendidikan Dan Karakteristik Individu Petugas Paramedik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada UPTD Puskeswan Kelurahan Totoli Kabupaten Majene, serta variabel yang paling dominan berpengaruh Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada UPTD Puskeswan Kelurahan Totoli Kabupaten Majene. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada Kantor UPTD Puskeswan Kelurahan Totoli Kabupaten Majene. Waktu penelitian dilaksanakan pada Bulan April 2022. Populasi penelitian adalah masyarakat yang pernah mendapatkan pelayanan pada UPTD Puskeswan Kelurahan Totoli Kabupaten majene dengan sampel yang berjumlah 85 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Masyarakat Pada UPTD Puskeswan Kelurahan Totoli Kabupaten Majene 2) Pendidikan berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Masyarakat Pada UPTD Puskeswan Kelurahan Totoli Kabupaten Majene 3) Karakteristik Individu berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Masyarakat Pada UPTD Puskeswan Kelurahan Totoli Kabupaten Majene 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap Kepuasan Masyarakat Pada UPTD Puskeswan Kelurahan Totoli Kabupaten Majene 5) Variabel kualitas pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat Pada UPTD Puskeswan Kelurahan Totoli Kabupaten Majene.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenadamedia.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatu Negara No. 58 Tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Penilaian dan Penghargaan Citra Pelayanan Prima Sebagai Unit Pelayanan Percontohan

Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 31/Permentan/OT.140/2/2016
Priansa, D. J. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Alfabeta. CV.
Reksohadiprodjo, Sukanto I. G. (2015). Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE.
Risnawan, W. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Di Dinas Cipta Karya, Kebersihan Dan Tata Ruang Kabupaten Ciamis. 2(1), 83–92.
Sari, L. P., & Finthariasari, M. (2020). Pengaruh Etos Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Prodktivitas Kerja Karyawan Pada Industri Kerupuk As-Syifa Kota Bengkulu. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 1(2), 216–221.
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Refika Aditama.
Sedarmayanti. (2018). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja) (Cetakan Ke). Refika Aditama.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2015). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Salemba Empat.
Sinambela, L. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja (Cetakan Ke). Bumi Aksara.
Subardjono. (2017). Kerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Nasional (DISDIKNAS) Dan Kebudayaan Kabupaten Oku Timur. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 15(1), 1–9.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. CV.
Sukarno, N., & Faruk, F. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi dan Penilaian Kinerja Terhadap Kinerja Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasuruan. Journal Management and Business Applied, 1(2), 43-53.
Tjiptono Fandy, & Chandra, G. (2006). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta Yogyakarta: ANDI

------------------------------------- (2011). Service, Quality, & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Undang – undang nomor 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (UU-SP3K)

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

cunding, B., Djalante, A., & Asniwati, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU PETUGAS PARAMEDIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA UPTD PUSKESWAN. The Manusagre Journal, 1(1), 40–54. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3257