PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGAWASAN DAN KESADARAN WAJIB RETRIBUSI TERHADAP PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR PADA UPTD PASAR KOTA PAREPARE

Authors

  • Sahria Sarijan Badan Keuangam Daerah Kota Parepare
  • Sylvia Sjarlis Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Syafruddin Kitta Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Pelayanan, Pengawasan, Kesadaran, Penerimaan Retribusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawasan dan Kesadaran Wajib Retribusi Terhadap Penerimaan Retribusi Pasar Pada UPTD Pasar Kota Parepare.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada UPTD Pasar Kota Pareparedengan waktu penelitian selama 2 bulan. Penarikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), dimana semua populasi dijadikan sampel sebanyak 35 orang pegawai pada UPTD Pasar Kota Parepare. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial terbukti Kualitas Pelayanandan Kesadaran Wajib Retribusi berpengaruh positif dan signifikan, namun variabel Pengawasan berpengaruh negatif dan signifikanterhadap Penerimaan Retribusi Pasar Pada UPTD Pasar Kota Parepare.Pengujian secara simultan terbukti Kualitas Pelayanan, Pengawasan dan Kesadaran Wajib Retribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penerimaan Retribusi Pasar Pada UPTD Pasar Kota Parepare

Penelitian ini menghasilkan nilai koefisien determinasi R2 atau R Square yang berarti bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Pengawasan dan Kesadaran Wajib Retribusimemiliki hubungan dengan Penerimaan Retribusi Pasar Pada UPTD Pasar Kota Pareparesebesar 37,9%, dan sisanya 62,1% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model.

References

Boediono. (2010). Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPFE.
Badan Pusat Statistik Kota Parepare. [https://pareparekota.bps.go.id/]
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, Abdul. (2013). Teori, Konsep dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik. Jakarta : Salemba Empat.
Malthus. (2011). An Essay on The Principle of Population. London: Electronic Scholarly Publishing Projec.
Mangkoesoebroto, Guritno. 2008. Ekonomi Publik Edisi Ketiga. Yogyakarta : BPFE.
Mankiw, Gregory N., (2017). Makro Ekonomi. Jakarta : Erlangga.
Mardiasmo. (2011). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Andi Offset.
Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian (Cetakan 3). CV Pustaka Setia.
Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah (Edisi Pertama). Jakarta : Kencana.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.
Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2001 tentang Retribusi Daerah.
Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Keuangan Daerah.
Permana, Ardana Indra. (2014) Analisis Penerimaan Retribusi Pasar Di Kota Semarang. Thesis. Semarang : Universitas Diponegoro.
Richardson, Harry W., (2012). Dasar-dasar Ilmu Ekonomi Regional, Terjemahan Paul Sitohang. Jakarta : LPFE-UI.
Siahaan, Marihot Pahala. (2013). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Cetakan 3. Jakarta : Rajawali Per.
Solow, Robert. (2014). A Contribution to The Theory of Economic Growth. Quarterly Journal of Economics 70. 64-94.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Rosdakarya.
Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Sarijan, S., Sjarlis, S., & Kitta, S. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGAWASAN DAN KESADARAN WAJIB RETRIBUSI TERHADAP PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR PADA UPTD PASAR KOTA PAREPARE. The Manusagre Journal, 1(1), 148–160. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3266