PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KUALITAS TERHADAP MINAT BELI PRODUK PRIVATE LABEL

Authors

  • Fitratul Aeni -
  • Muhammad Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriany Fitriany Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Motivasi Konsumen, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, dan Minat Beli

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Konsumen di Supermarket Transmart Carrefour Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh Motivasi Konsumen terhadap minat beli Produk Private Label pada Supermarket Transmart Carrefour kota Makassar. (2) Untuk menganalisis pengaruh Persepsi Harga terhadap minat beli Produk Private Label pada Supermarket Transmart Carrefour kota Makassar, (3) Untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas terhadap Minat beli Produk Private Label pada Supermarket Transmart Carrefour kota Makassar, (4) Untuk Menganalisi Motivasi Konsumen, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas secara simultan berpengaruh terhadap minat beli Produk Private Label pada Supermarket Transmart Carrefour kota Makassar.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di Transmart Carrefour dikota Makassar. Data penelitian diperoleh melalui survey pada semua konsumen yang berbelanja produk private label di Supermarket Transmart Carrefour kota Makassar dimana responden berjumlah 110 orang yang memenuhi syarat untuk mengisi kouesioner. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepeda responden penelitan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 21.

Penelitian ini memperoleh hasil bahwa Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas berpengaruh positif secara simultan terhadap Minat Beli sedangkan persepsi harga tidak memiliki pengaruh positif secara simultan terhadap minat beli konsumen dan Motivasi konsumen, persepsi harga, persepsi kualitas berpengaruh positif secara parsial terhadap Minat Beli Konsumen Konsumen yang berbelanja produk private label di Supermarket Transmart Carrefour Kota Makassar.

References

A’yun dkk, Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Citra Merk, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Private Label Giant ( Studi Kasus Pada Konsumen Giant Sawojajar Malang ), Jurnal riset Manajemen, Di Malang, 2017
Abdurachman Ujianto, Analsis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecerungan Minat Beli Konsumen Sarung, Jurnal Ekonomi Manajemen, Surabaya, 2004.

Augusty, Ferdinand, Metode penelitian manajemen: Pedomane penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro,2006.

Awaluddin, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Cet 1, Makassar: Alauddin University Perss, 2013.

Burhan Bungin, Metode Penelitian Kuantitatif, Ed 2, Cet I, Jakarta: Prenamedia Group, 2005.
Damiati, Masdarini Luh, Suriani Made, Perilaku Konsumen, Cet 1, Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2017.
Danang Sunyoto, Praktik Riset Perilaku Konsumen Teori, Kuesioner, Alat, dan Analisis Data, Cet I, Yogyakarta: CAPS, 2014.
David dan Forest, Manajemen Strategik, Cet II, Jakarta: Salemba Empat, 2017.
Dirwan, D. (2022). Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking dari Sisi Kemudahan, Manfaat dan Kenyamanan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 323-332.
Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of business model for marketing nowadays: Theory and implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.
Firman, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1549-1562.
Fure Hendra, Lokasi. Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca, Jurnal Emba Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, manado, 2013.
Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, (Semarang: Badan Penerbitan Universitas Dipanegoro, 2013
Gunawan Steffi, The Impact of Motivation, Perception and Attitude toward Consumer Purchasing Decision: A Study Case of Surabaya and Jakarta Society on Carl’s Junio, di Surabaya,2015.
Junaedi Shellyana, Pengaruh Kesadaran Lingkungan pada Niat Beli Produk Hijau studi perilaku konsumen berwawasan lingkungan, Jurnal Benefit, Yogyakarta, 2005.
KONTAN “Tentang Private label”, diakses dari https://industri.kontan.co.id/news/konstribusi-private-label-mencapai-20% Pada tanggal 31 April 2021 Pukul 09:23
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. Jakarta. Prinsip-Prinsip Pemasaran: Edisi kedelapan Jilid 2. Erlangga, 2008.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16-30.
Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 391-400.
Lendo Rizkha, The Influence Of Motivation And Consumer Attitude On Online Shop Purchase Decision,di Manado, 2013.
Mediastima, Pengelolaan Retail (Studi kasus Carrefour Indonesia Jakarta), Jakarta,2015.
Najib Mukhammad dan Santoso Dharmawan, Pengaruh Price Consciousness dan Value Consciousness, Quality Variation, Trust dan Private Label Attitude terhadap Purchase Intention Pada Produk Pangan Dengan Private Label, Jurnal Ilmiah Manajemen, Bogor, 2016..
Purwanti Endang, Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen pada Department Store/Supermarket di Salatiga, Jurnal Among Makarti, Salatiga, 2011.
Rahayu Minarti, Ananda Sabil Hussein, Rian Aryanti, Analisis Pengaruh Citra Toko, Citra Merek Produk Private Label dan Nilai yang Persepsikan terhadap Loyalitas Pelanggan Studi pada Pelanggan Giant di Kota Malang ,Jurnal Ekonomi Bisnis Islam, malang, 2016.
Rahmadiane, Pengaruh Value Consciousness, Integrity dan Perceived Ease To Get Product terhadap Sikap dan Niat Beli Barang Palsu di Kota Tegal, Jurnal Akutansi, Tegal.
Rahmanita dan Jekky Gunawan, Analisis Pengaruh Value Consciousness dan Price Quality Association terhadap Private Label Brand Purchase Intention Dengan Attitude sebagai Variabel Intervening, Jurnal of Accounting & Management Innovation, Universitas Internasional Batam, Batam, 2017.
Rofiq Abdul,dkk, Pengaruh Penerapan AIDA (Attention,Interest,Desire,Action) terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli Kartu Perdana IM3 di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2012) Brawijaya,Jurnal of Ilmu Administrasi,2012.
Rangkuti Freddy, Riset Pemasaran, Cet I, Jakarta: Gramedia Building, 1997.
Saharsaputra Umar, Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan Tindakan, bandung:PT.Refika Aditama. 2012.
Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. Perilaku Konsumen. Jakarta. PT Indeks. Jakarta, 2008.
Suarjana dan Suprapti, Pengaruh Persepsi Harga, Pengetahuan Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merek Indihome, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 4, di Bali,2018.
Sudirjo Frans,Social Media, Consumer Motivation, And Consumer Purchase Decision For Fashion Consumers In Semarang District,Jurnal Manajemen,di Semarang,2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: CVAlfabets, 2015.
_______, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: CVAlfabets, 2002.
_______, Metode Penelitian Manajemen, Cet 4, Yogyakarta: Alfabeta, 2013.
Sumarwan Ujang. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Edisi Kedua,Bogor: Penerbit Ghalia Indonesi, 2011
Supermarket Giant, diakses dari https://supermarketgiant.weebly.com/about-giant-supermarket.html, pada tanggal 31-April-2021 pukul 19.26.
Supranto, J. Statistik Edisi ketujuh, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2009.
Suryani dan Hendryadi, Metode Riset Kuantitatif, Ed 1, Cet I, Jakarta: Prenamedia Group, 2015.
Suyanto. M. Strategic Management (Global Most Admired Companies). Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2007
Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif, Ed 1, Cet I, Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.
Tjandrasa Benny, Potensi Keuntungan Private Label serta Proses Pemilihan Produk dan Pemasoknya pada Bisnis Ritel, Jurnal Manajemen, bandung, 2006.
Umar Husein, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Ed. 2, Cet XIII, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Wibisono Bahaduri dan Paramita Lidia Erstia, Persepsi Konsumen terhadap Produk Private Label Indomaret Studi pada Indomaret di Salatiga, Jurnal Ekonomi, salatiga, 2012.
Wowor dan Lunarjanto Andy, Pengaruh Brand Equity Dan Pricing terhadap Purchase Intention Maskapai Low Cost Carrier di Jakarta, Jurnal Of Business Strategy And Execution, Jakarta, 2012.
Yovina dan Saputri, Pengaruh Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Keterlibatan, Loyalitas, Familiaritas Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Produk Private Label Pada Konsumen Carrefour Kiaracondong Bandung, Proceeding of Management, di Bandung,2016

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Aeni, F., Hidayat, M., & Fitriany, F. (2023). PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KUALITAS TERHADAP MINAT BELI PRODUK PRIVATE LABEL. The Manusagre Journal, 1(2), 216–230. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3533