PENGARUH PERAN SERTA ORANG TUA,MOTIVASI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KECAMATAN PA’JUKAKANG KABUPATEN BANTAENG

Authors

  • Sahriany Sahriany SD Inpres Ujung katinting
  • Sylvia Sjarlis Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Asri Asri Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Peran orang tua, Motivasi dan lingkungan terhadap minat belajar.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Kecamatan  Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun secara simultan peran serta orang tua, motivasi dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar peserta didik di Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng. Data penelitian di.peroleh melalui survey pada semua guru yang berada di Kecamatan  Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng, yaitu berjumlah 41 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 26.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa hanya peran serta orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik di Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng (2) Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan menunjukkan bahwa variabel peran serta orang tua, motivasi dan ligkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik di Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng (3) Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik (Y) yaitu peran serta orang tua. Penulis mengharapkan orang tua harus berperan aktif merangsang atau menumbuhkan rasa motivasi dan karakter dari  dalam diri anak; memberikan motivasi-motivasi yang kuat dan tinggi dalam pembelajaran yang akan memberi dampak positif terhadap minat belajar; dan lingkungan sekolah merupakan sebuah lembaga yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan siswa, karena sekolah merupakan tempat kedua selain keluarga dalam pembentukan karakter dan pribadi anak. Sehingga perlu lebih diperhatikan.

References

A.Muri Yusuf. 2005. Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah). Padang UNP Press.
Ahmadi. 2004. Prestas iBelajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Astuti, Dwiningrum, Siti, Irene, 2011,Desentralisasi Dan Partisipasi Masyrakat Dalam Pendidikan, Perpustakaan Pelajaran, Yogyakarta
Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal. 2004. Psikologi Pendidikan Modul Orientasi Pembekalan Calon PNS. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Crow and Crow. 1975. An Outline of General Psykology. New York: Lithe Fred Adam and Co.
Dalyono, 2012, Psikologi Pendidikan, Bandung : Rineka Cipta
Elizabeth Hurlock (2000: 114). Psikologi perkembangan suatu pendekataan sepanjang rentang kehidupan Jakarta Erlangga.
Endang Sri Astuti, (2010). Pengertian motivasi belajar. Bandung: Nusa Media
Esti, Sri Wuryani Djiwandono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo, 2006 2005
Gunawan, Ary. 2002. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali, Imam, 2002. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas DiponegorO
Hamalik (2005: 105) Kurikulum dan pembelajaran Jakarta Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarka Pendekatan Sistem.Jakarta: Bumi Askara, cet.4
Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak; Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Idris, Zahara, Dasar-Dasar Pendidikan, Padang: Angkasa Raya, 1987
Ihsan Fuad , Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
John Killis. (1988). Hubungan Minat Kerja, Motivasi Ekstrinsik dan Bimbingan dalam Pelajaran dengan Kecakapan Kerja Teknik Listrik Lulusan STM pada Industri-industri DIY. Tesis. Jakarta: Fakultas Pasca Sarsana IKIP Jakarta.
Kartawidjaja (1987) Pengukuran dan hasil evaluasi belajar Bandung Sinar Baru
Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Makmun Khairani. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Muhibbin Syah. 2010.Psikologi Pendidikan.PT Remaja Posdakarya Offset: Bandung
Muhibbin Syah. 2010.Psikologi Pendidikan.PT Remaja Posdakarya Offset: Bandung
Nasution. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nini Subini. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 Tentang Penyelenggara Kegiatan Pendidikan Informal.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rini. 2012. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Siswa dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012.
Ronaldi. 2013. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Padang.
Sabri (1995) psikologi pendidikan Jakarta Pedoman Ilmu Jaya
Shalahuddin, Mahfud. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya : Bina Ilmu
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soedarsono. (1978). Pengantar Pengertian Tari. Yogyakarta: ASTI
Sri Esti Wuryani Djiwandono. (2006). Psikologi Pendidikan. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sriyanti, Ida. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Konsep Interaktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Pelembamg: Universitas Sriwijaya
Sriyanti, Lilik. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Ombak.
Sudarsono dkk, 1988. Ekonomi Sumber Daya Manusia, Krunia Jakarta, Universitas Terbuka Jakarta.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Supriatna dan Mulyadi. (2009). Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo
Usman, Tambat. 2009. Hubungan Motivasi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMU Yayasan Pendidikan Budaya Bandar Lampung.
Vembriarto. 1993. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia
Wagiran. 2013. Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibatan Orang Tua, Aktualisasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Siswa Kelas XII pada Mata Pelajaran Teori Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri Se-Kabupaten Gunungkidul.
Yetti, Rivda. 2009. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan.
Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdaka.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Sahriany, S., Sjarlis, S., & Asri, A. (2023). PENGARUH PERAN SERTA ORANG TUA,MOTIVASI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KECAMATAN PA’JUKAKANG KABUPATEN BANTAENG. The Manusagre Journal, 1(3), 404–414. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3772