PENGARUH PELATIHAN, KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BACUKIKI KOTA PAREPARE

Authors

  • Mansyur Mansyur Program Pascasarjana Magister manajemen, STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Saban Echdar Program Pascasarjana Magister manajemen, STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Maryadi Maryadi Program Pascasarjana Magister manajemen, STIE Nobel Indonesia Makassar

Keywords:

Training, Compensation, Motivation, Performance, Pelatihan, Kompensasi, Motivasi, Kinerja

Abstract

ABSTRACT

This study was intended to determine the effect of training, compensation and motivation on the performance of teachers of State Elementary Schools in Bacukiki District, Parepare City. The population in this study were all teachers of Group 17 Elementary Schools in Bacukiki Subdistrict, Parepare City as many as 10 schools and a total of 97 teachers. The sample is determined by random sampling technique (random). The results of this study prove that partially, training and motivation have no effect on teacher performance while compensation has a partial and significant effect on teacher performance. From the research also obtained the answer that among training, compensation and motivation, compensation (X2) is the most dominant factor influencing teacher performance. This study also proved that simultaneous training, compensation and motivation have an effect on teacher performance with a coefficient of determination of 72.6% which shows that this research model can explain that training, compensation and motivation are influenced by 72.6% of the variables of this study and 27 , 4% is influenced by other variables not examined in this study.

 

Keywords: Training, Compensation, Motivation, Performance.

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, kompensasi dan motivasi  terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 17 di Kecamatan Bacukiki Kota Parepare sebanyak 10 sekolah dan total guru 97 orang. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling (acak). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial, pelatihan dan motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja guru sedangkan kompensasi berpengaruh secara parsial dan signifkan terhadap kinerja guru. Dari penelitian juga diperoleh jawaban bahwa diantara pelatihan, kompensasi dan motivasi, maka kompensasi (X2) merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini juga membuktikan secara simultan pelatihan, kompensasi dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien determinasi sebesar 72,6% yang menunjukkan bahwa model penelitian ini dapat menjelaskan bahwa pelatihan, kompensasi dan motivasi dipengaruhi sebesar 72,6% variabel penelitian ini dan sebesar 27,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini .

 

Kata kunci : Pelatihan, Kompensasi, Motivasi, Kinerja.

Downloads

Published

2020-11-18

How to Cite

Mansyur, M., Echdar, S., & Maryadi, M. (2020). PENGARUH PELATIHAN, KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BACUKIKI KOTA PAREPARE. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 1(1), 121–129. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1018