PENGARUH MOTIVASI, KEMAMPUAN DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP PELAYANAN ASPIRASI MASYARAKAT PADA DPRD KABUPATEN BULUKUMBA

Authors

  • ar ni da STIE NOBEL INDONESIA
  • Anwar Rauf STIE NOBEL INDONESIA
  • Haeranah Haeranah STIE NOBEL INDONESIA

Keywords:

Motivation, Ability, Responsibility, Aspiration Service, Motivasi, Kemampuan, Tanggung Jawab, Pelayanan Aspirasi

Abstract

The purpose of this study was to determine and explain the influence of motivation, ability, and responsibility on service to the aspirations of the community to members of the Bulukumba Regency DPRD. The type of research used is quantitative explanatory. The population consists of members of the Bulukumba Regency DPRD and the community as constituents who are each assigned as many as 40 people. The sample was determined based on the number of members of the Bulukumba Regency DPRD, adjusted to the number of constituents. The technique of collecting data using a questionnaire. The data analysis technique used descriptive and inferential statistics in the form of multiple regression with the SPSS version 25 application. The results showed that motivation had a positive and insignificant effect on the aspirations services of the members of the Bulukumba DPRD. Meanwhile, the ability and responsibility have a positive and significant effect on the aspirations services of the members of the Bulukumba DPRD in absorbing the aspirations of the community. That is, ability and responsibility have a direct effect on Community Aspiration Services for members of the Bulukumba Regency DPRD

 

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh motivasi, kemampuan, dan Tanggung Jawab terhadap Pelayanan aspirasi masyarakat pada anggota DPRD Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat explanatory, Populasi terdiri dari anggota DPRD Kabupaten Bulukumba dan masyarakat sebagai konstituen yang ditetapkan masing-masing sebanyak 40 orang. Sampel ditetapkan berdasarkan jumlah anggota anggota DPRD Kabupaten Bulukumba yang disesuaikan dengan jumlah konstituen. Teknik pengumpulan data penggunakan kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial berupa regresi berganda dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pelayanan aspirasi Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba. Sedangkan Kemampuan, Tanggung Jawab berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pelayanan aspirasi Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba dalam menyerap aspirasi masyarakat. Artinya, Kemampuan dan tanggung jawab berpengaruh langsung terhadap Pelayanan Aspirasi Masyarakat pada anggota DPRD Kabupaten Bulukumba

References

Agung, Kurniawan 2005.Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Akib. 2017. Pengaruh Tanggung Jawab Moral dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume II Oktober 2017.

Albertus dan Yoestini. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Volume 1, Nomor 1, Halaman 1-9.

Ancok, Djamaludin. 2008. “Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian”. Dalam Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi (ed.). Metode Penelitian Survei. Edisi Revisi. Cetakan ke-19. Jakarta: Pustaka LP3ES (hal. 122- 146).

Basrim. 2020. Pengaruh motivasi terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari: Jurnal. Sulawesi Tenggara.

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Denhardt, Janet V. and Denhardt, Robert B. 2003.The New Public Service :Serving, not Steering. M.E. Sharpe, Inc.New York.

Djohan, Djohemansyah dan Milwan. 2007. Etika Pemerintahan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan.Penerbit Erlangga. Jakarta.

Hasibuan, Malayu Sp. 2012. Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Ibrahim. 2011. Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan. Kemandirian Santri Madrasah Tsanawiyah. Jurnal. Universitas Negeri Padang

Kasmi.2017. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pringsewu, Jurnal Aktual STIE Trisna Negara.

Kotler, Philip. & Lee, N. 2005. Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey: John Wiley & Son, Inc.

Lukman, Sampara. 2003. Manajemen Kualitas Pelayanan (cetakan kedua). Jakarta: STIA-LAN Press.

Mathis L. and Jhon H.Jackson, 2001, Manajemen Sumberdaya Manusia (Human Resource Management), Jakarta, PT. Salemba Emban Patria.

Marwati, Lilis. 2008. ‘Studi tentang Peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Papua Dalam Menyikapi Aspirasi Masyarakat’. Skripsi. Universitas Yapis Papua, Papua.

Miftah Toha. (2007). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Milman Yusdi. 2010. Pengertian Kemampuan. Blogspot.com/pengertian kemampuan.html (14 maret 2013)

M.Sinaga Anggiat dan Sri Hadiati, 2001. “Pemberdayaan Sumber Daya Manusia” Jakarta: Lembaga AdministarsiNegara Republik Indonesia.

Mulyasa, E. 2003.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustafa. 2016. Tanggung jawab dan responsivitas birokrasi pemerintahan dalam pelayanan publik di kota makassar, Jurnal:UPRI Makassar

Muttaqin. 2016. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Terhadap Word Of Mouth yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Pelanggan. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nasution.2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Novigasa. 2016. Pengaruh Kemampuan Kerja Aparatur Pemerintah Daerah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik, Jurnal: Universitas Riau.

Pallo. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja Aparat Pemerintah Terhadap Kualitas Pelayanan E-KTP di Kantor Camat Lembah Bawang Kabupaten Bengkayang, Jurnal S-1 Ilmu Pemerintahan Volume 4 Nomor 3 Edisi September 2015.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung.

Rahma. 2017. Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Kabupaten Soppeng. STIE AMKOP.

Robbins dan Judge, 2011, Perilaku Organisasi, Edisi 12, Salemba Empat

Salman, Muhammad. 2009. ‘Analisis Penyerapan Aspirasi Masyarakat Dalam Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2008’. Tesis. Universitas Sumatera Utara, MedanSirajuddin, dkk. 2006. Membangun Konstituen Meeting: Mempertemukan Kepentingan Daerah dengan Keterbatasan Wewenang DPD. Jakarta: YAPPIKA dan MCW.

Sari. 2015. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Semarang, Jurnal:Universitas Diponegoro

Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Siagian, Sondang P, 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan.PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sofyandi dan Garniwa. 2007. Perilaku Organisasional. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subardi. 2018. Pengaruh Tanggungjawab Aparat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah Pada Kecamatan Tugumulyo Musirawas. STIE Rahmaniyah Sekayu.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Talle. 2015.Pengaruh Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Mamuju Utara, Jurnal : Pascasarjana Universitas Tadulako

Tiro dan Sukarna, 2012.Dasar-dasar Statistika, Edisi keempat. Makassar: Andira Publisher.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.Jakarta: Menpan

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.Jakarta: Menpan.

Undang-Undang Pelayanan Publik. 2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009. Bandung: Fokusmedia.

Utomo. 2011. Pengaruh Komitmen Organisasi, Aprtisipasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Lippo Cabang Kudus, Analisis Manajemen Vol. 5 No. 2 Desember 2011.

Wicaksono. 2013. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dan Tanggung Jawab Dengan Kepuasan Pelanggan Fakultas Ilmu Sosial, Jurnal:UNJ

Yudiarso. 2015. Analisis Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Perawat Pada RSM Ahmad Dahlan :Kediri.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

da, ar ni, Rauf, A., & Haeranah, H. (2021). PENGARUH MOTIVASI, KEMAMPUAN DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP PELAYANAN ASPIRASI MASYARAKAT PADA DPRD KABUPATEN BULUKUMBA. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(1), 67–76. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1144