Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Mamuju

Authors

  • Ardalina Azis SMA Negeri 3 Mamuju
  • Ahmad Firman STIE NOBEL INDONESIA
  • Asri Asri STIE NOBEL INDONESIA

Keywords:

Leadership, Teacher Competence, Learning Media, Learning Outcomes, Kepemimpinan, Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

This study aims to analyze the influence of the principal's leadership, teacher competence and learning media simultaneously and to partially analyze the influence of the principal's leadership, teacher competence and learning media, as well as to analyze the most dominant variables affecting the learning outcomes of SMA Negeri 3 Mamuju. This research approach uses survey research. The research was conducted at Senior High School 3 Mamuju. When the research was conducted starting in July 2020. The study population was all teachers at SMAN 3 Mamuju, totaling 47 people. The sample selection in this study was carried out using a saturated sampling method (census) by determining all populations as a total sample of 47 people. The results showed that: 1) Principal leadership and teacher competence had a positive and significant effect individually (partially) while the learning media had no effect and were not significant individually (partially) on the learning outcomes of students of SMA Negeri 3 Mamuju, with variables Principal leadership with tcount 3,683 > t table 2,015, and teacher competency variable tcount 3,084 > ttable 2,015 and learning media variables with tcount -1,331 < ttable 2,015. 2) Principal leadership, teacher competence and learning media simultaneously affect the learning outcomes of SMA Negeri 3 Mamuju and the research shows a significant category, with the value of Fcount = 10,882 being greater than Ftable = 2,82 or it can be said that Ho is rejected and Ha is accepted . 3) The principal leadership variable which most dominantly affects the learning outcomes of students of SMA Negeri 3 Mamuju is seen from the value of determination which is the biggest, namely 0,449.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan media pembelajaran secara simultan dan  menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan media pembelajaran secara parsial, serta menganalisis variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Mamuju. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian survey. Penelitian dilakukan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mamuju. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Juli 2020. Populasi penelitian adalah semua guru pada SMAN Negeri 3 Mamuju yang berjumlah 47 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh (sensus) yakni dengan menentukan semua populasi sebagai sampel total sebanyak 47 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru  berpengaruh positif dan signifikan secara sendiri-sendiri (parsial) sedangkan media pembelajaran tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Mamuju, dengan variabel kepemimpinan kepala sekolah nilai thitung 3,683 > t tabel 2,015, dan variabel kompetensi guru nilai thitung 3,084 > t tabel 2,015 serta variabel media pembelajaran dengan nilai thitung -1,331 < t tabel 2,015. 2) Kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan media pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Mamuju dan penelitian menunjukkan kategori signifikan, dengan nilai Fhitung = 10,882 lebih besar dari F tabel = 2,82 atau bisa dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Variabel kepemimpinan kepala sekolah yang paling dominan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Mamuju dilihat dari nilai determinasi yang paling besar yaitu 0,449.

References

Ahmadi, A. dan Widodo, S. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Rhineke Cipta.

Andriayni Yulisa. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang. Skripsi, IAIN Metro, Kota Metro.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Basri, Hasan. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. CV. Pustaka Setia. Bandung

Carudin,(2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal UPI Edu. Edisi Khusus (2) : 229-245

Chalijah Hasan. (1994). Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya. Al-Ikhlas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2011). Undang-Undang Republik Indsonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan nasional.. Jakarta.

Dunn, N. William. (2010). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi Kedua. Gadjah Mada Univesity Prees. Yogyakarta.

Echdar Saban. (2017). Pedoman Teknis Penyusunan dan Penulisan Tesis dan Artikel Ilmiah. Edisi Kedua. Program Pascasarjana STIE Nobel Indonesia. Makassar.

Fadjar, H. A. Malik, dkk. (2011). Platform Reformasi Pendidikan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Logos Wacana Ilmu. Jakarta.

Febriana, Rina. (2019) Kompetensi Guru. Bumi Aksara. Jakarta.

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hari Sudrajat. (2004). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Bandung; Cipta Cekas Grafik.

Hidayat, M., & Yunus, U. (2019). The entrepreneurship learning in industrial 4.0 era (case study in indonesian college). Journal of Entrepreneurship Education, 22(5), 1-15.

Kartono, Kartini. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: GHALIA INDONESIA

La Baso. (2012). Pengaruh Penggunan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendari. Skripsi. Tidak diterbitkan. Kendari: Jurusan Tarbiyah. STAIN Sultan Qaimuddin..

Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan. Medan. Perdana Publishing.

Marsaoly Indriyati. (2012). Korelasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peran Serta Orang Tua dan Etos Kerja Guru dengan Peningkatan Prestasi Siswa Pada SD Negeri di Kecamatan Lowokwaru Malang.Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana UM.

Miftah Thoha, (1999). Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Prilaku, PT. Grafindo Persada. Jakarta

Muhibbin Syah, (2011). Psikologi Belajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Mulyasa. (2012). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

M. Ngalim Purwanto, (2002) Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Moekijat. (2012). Manajemen Kepegawaian. Alumni. Bandung.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, (2001). Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru.

Nasution, M. N. (2011). Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia . Jakarta.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nitisemito, S. Alex. (2014). Manajemen Personalia. Jakarta . Ghalia Indonesia.

Nurwidiyanti Dewi dan Mukminan (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS. 5 (2) : 105-114.

Ndraha, Taliziduhu. (2014). Pengembangan Sumber Daya Manusia . Rineka Cipta. Jakarta.

Putra, Fadillah. (2013). Paradigma Kritis Dalam Studi Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Riyanto, Yatim. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Sic. Surabaya.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok. PT. Rajagrafindo Persada.

Sadiman, Arief S, dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santosa Fadhil. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri RengasDengklok Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani. Vol 1 (1).

Santoso Singgih. (2017). Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Siagian, P. Sondang. (2015). Teori & Praktek Kepemimpinan. Rineka Cipta. Jakarta.

Suci Widya. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Al-Islam Di SMA Muhammadiyah I Gisitng Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2018/2019 . Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. IAIN.

Sugandha, N. Dann. (2015). Kapita Selekta Adminstrasi Dan Pendapat Para Ahli. Arcan. Jakarta.

Sugiyono. (2013) . Statistika untuk Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sumadi Surya Subrata, (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Thoha, Miftah. (2010). Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Perilaku. Rajawali Press. Jakarta.

Wahab, Solichin Abdul. (2012). Analisis Kebijaksanaan. Edisi Kedua. Bumi Aksara. Jakarta.

Wahyu, Dkk. 2014. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas X Dan Xi Di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 4 (7),

Wahyudi. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.

Winardi, J. 2013. Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Zubaidah RA. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Serta Implikasinya Pada Kinerja Guru di SMP Negeri Kota Palembang. Jurnal Ecoment Global. Volume 1 (2).

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Azis, A., Firman, A., & Asri, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Mamuju. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(2), 281–293. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1153