PENGARUH PENGGUNAAN ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE (OPAC) TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BULUKUMBA
Keywords:
Content, Accuracy, Display Format, Ease Of Use, Timeliness, Visitor Satisfaction, Konten, Keakuratan, Format Tampilan, Kemudahan Pengguna, Ketepatan Waktu, Kepuasan PemustakaAbstract
The purpose of this study was to determine and explain the effect of the use of the Online Public Access Catalog (OPAC) on visitor satisfaction at the Bulukumba Regency Library and Archives Service.
This type of research uses quantitative research. The population consisted of library visitors consisting of students (SD, SMP, and SMA) students and the general public. The sample was determined based on the total visitor population of 50 people. The technique of collecting data using a questionnaire. The data analysis technique uses descriptive and inferential statistics in the form of multiple regression with the SPSS version 25 application.
The results showed that the content (content), accuracy, display format, user convenience, and timeliness had a significant effect on user satisfaction. And the determination (R2) illustrates that the magnitude of the influence or contribution of the effect simultaneously variable Content, Accuracy, Format of Appearance, Ease of User, and Timeliness of Customer Satisfaction is 0.850 or 85%, where the variance in Y can be explained by the variable (X1). (X2), (X3), (X4), (X5) against (Y).
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh penggunaan Online Public Access Catalogue (OPAC) terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bulukumba.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi pengunjung perpustakaan terdiri dari Siswa (SD,SMP,dan SMA) mahasiswa dan Umum. Sampel ditetapkan berdasarkan jumlah populasi pengunjung sebesar 50 orang. Teknik pengumpulan data penggunakan kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial berupa regresi berganda dengan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi (konten), keakuratan, format tanpilan, kemudahan pengguna, dan ketepatan waktu berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pemustaka. Dan secara determinasi (R2) menggambarkan bahwa besar pengaruh atau kontribusi pengaruh secara simultan variabel Konten, Keakuratan, Format tanpilan, Kemudahan Pengguna, dan Ketepatan Waktu terhadap Kepuasan Pemustaka sebesar 0.850 atau 85%, dimana variance pada Y dapat dijelaskan oleh variabel (X1). (X2),(X3),(X4), (X5) terhadap (Y).
References
Arifah Nur Fatimah,dkk, 2014, Evaluasi Kepuasan Pelayanan Penggunaan Aplikasi OPAC Perpustakaan STMIK Amikom Yogyakarta, Citec Jurnal, Vol. 1, No.1
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Cetakan 13. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Dalimunthe.N dan Cici Ismiati, Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Online Public Acces Catalogue (OPAC) Dengan Metode EUCS (Studi Kasus:Perpustakaan UIN SUSKA Riau), Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi,Vol.2, No. 1
Departemen Pendidikan Pusat Bahasa Nasional.Kamus Besar BahasaIndonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi.Jakarta: Perpustakaan Nasional, 2004
Eliyana, 2018, Penggunaan Teknologi Informasi Pada Layanan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Fauzi.A, 2015, Pemanfaatan Katalog Online (OPAC) SIP MARC Oleh Pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta
Fitri, Nadia. 2019. Pengaruh Penggunaan OPAC terhadap Tingkat Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Skripsi. Riau: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim.
Hermanto, B., 2010, Manfaat Katalog Online. http://bambanguns.com/2010//05/manfaatkatalog-online.html?m=1, diakses tanggal 12 Agustus 2020.
Hutami, Rr. Rieka F. 2016.Analisis Kepuasan PadaPengguna Sistem TCS Menggunakan Metode End UserComputing Satisfaction. Bandung: Studi Kasus: PT. TLK, Jurnal Manajemen Indonesia, ISSN: -, Vol. 16 - No.1
Ibrahim Bafadal. 2011. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah .Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, Phillips. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Lasa, HS. Dan Uminurida. 2017. Kamus Pustakawan Indonesia. Jakarta: Calpulis.
Mandal 2005. Penekanan Deming dalam perbaikan kualitas, Jakarta
Marguna Andi Milu, 2014, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin, Jupiter, vol.XIII, No.1
Muliawan, R. N..Z. Sindhu, R. G. Manurung, E. Kurniawan. 2011. Pelaksanaan Quality Management System di Industri. Jurnal dan Bulletin Manajemen Mutu dan Industri Pangan Nomor 15 Volume 1.
Riduwan. 2007. Skala Pengukran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Riduwan dan Engkos A.K. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Tjiptono F dan G. Chandra. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Indeks
Undang-Undang No 43 tahun 2007 tentang perpustakaan
Wiji Suwarno. 2019. Organisasi Informasi Perpustakaan (pendekatan teori dan praktik). Jakarta: Rajawali Press
Yuliana, Hanik. 2018. Layanan Perpustakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Zulkarnain Zen dan Sutarno NS. 2006. Manajemen perpustakaan sutu pendekatan praktik. Jakarta: Sagung seto
Zulkarnain Zen. 2014. Pustakawan Dan Kode Etiknya. Jurnal Ikatan pustakawan Indonesia.