PENGARUH KEMAMPUAN, SIKAP DAN PERHATIAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS CAILE KABUPATEN BULUKUMBA
Keywords:
Ability, Attitude, Attention, Service Quality, Kemampuan, Sikap, Perhatian, Kualitas PelayananAbstract
This study aims to analyze (1) to determine the effect of ability, attitude and partial attention to service quality at the Caile Public Health Center, Bulukumba Regency, (2) to determine the effect of ability, attitude and concern simultaneously on the quality of service at the Caile Public Health Center, Bulukumba Regency, (3) ) to find out which variable has the most dominant influence on the quality of service at the Puskesmas Caile, Bulukumba Regency. The population in this study were all patients who received treatment with a total of 2,733 people per month. While the sample was set at 45 people. Data collection techniques through distributing questionnaires and observations.
The results showed that the ability, attitude and attention partially had a significant effect on the quality of service at Puskesmas Caile, Bulukumba Regency. The higher the ability, attitude and attention, the higher the quality of service provided by health workers. The ability, attitude and attention simultaneously have a very significant effect on the quality of service at the Puskesmas Caile, Bulukumba Regency. Variables of ability, attitude, and attention are moved together, it greatly affects the quality of services provided by health workers. The most dominant attitude variable has a very significant effect on service quality at the Caile Puskesmas, Bulukumba Regency. The higher the attention given by health workers, the higher the quality of service provided by health workers.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) untuk mengetahui pengaruh kemampuan, sikap dan perhatian secara parsial terhadap kualitas pelayanan pada Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba, (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan, sikap dan perhatian secara simultan terhadap kualitas pelayanan Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba, (3) untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang melakukan pengobatan dengan jumlah 2.733 orang per bulan. Sedangkan sampel ditetapkan sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan, sikap dan perhatian secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. Semakin tinggi kemampuan, sikap, dan perhatian maka semakin tinggi pula kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan, Kemampuan, sikap dan perhatian secara simultan berpengaruh sangat signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. Varisbel kemampuan, sikap, dan perhatian digerakkan secara bersama-sama maka sangat mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan, Variabel sikap yang paling dominan berpengaruh sangat signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. Semakin tinggi perhatian yang diberikan oleh petugas kesehatan, maka semakin tinggi pula kualitas pelayanan yang diberikan petugas kesehatan.
References
Agustin, Fidya, W. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja pada PT. Hero Sakti Motor Gemilang Malang Jawa Timur. Skripsi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
Anwar, Prabu, Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Bangun Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga, Bandung.
Bestari, Muhammad, P. 2011. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja pada PT. Indosat, Tbk Cabang Malang. Skripsi Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang
Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi
Echdar Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor : Ghalia Indonesia
Gibson. 2004. Penilaian Kinerja. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, Hani T. 2010. Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Cetakan kedelapan belas, Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan. Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan Kesembilan belas, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Jackson, Mathis, Robert L. dan John H. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama Salemba Empat, Jakarta
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Andi.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Mangkunegara, A.A, Anwar Prabu. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung
Mangkunegara A. A. Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Marcahyono. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Internaldan Motivasi KerjaTerhadap Kinerja Karyawan Menggunakan Path Analysis (Studi Kasus Pada PT. PG. Rajawali 1 Unit PG. Krebet Baru Bululawang Malang). Tesis.Universitas Brawijaya Malang.
Moenir, H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Moehariono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Nawawi Hadari. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Nasution, S. 2010. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara
Robbins, Stephen. 2001. Perilaku Organisasi. Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Edisi Kedelapan. Jakarta: Prenhallindo.
Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi, edisi Sepuluh. Terj. B. Molan dan A. Fuzi. Jakarta: PT Indeks Gramedia
Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2009. Perilaku Organisasi, Edisi 12 buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Robbins, P. Stephen & Coutler, Mary. 2016. Human Resources Management, Edisi 16, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.