PENGARUH KEMAMPUAN INDIVIDU, MOTIVASI DAN ETOS KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN PINRANG

  • Dachdy Dachdy STIE NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Saban Echdar STIE NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Maryadi Maryadi STIE NOBEL INDONESIA MAKASSAR
Keywords: Individual Ability, Motivation, Work Ethic, Dprd Pinrang, Kemampuan Individu, Motivasi, Etos Kerja, DPRD Pinrang

Abstract

This study aims to analyze the effect of individual ability, motivation and work ethic on the service quality of state civil servants at the DPRD Secretariat of Pinrang Regency. This research uses a quantitative approach with a survey method. This type of research is associative explanative. The research was conducted in Pinrang Regency. The population is all State Civil Apparatus at the DPRD Secretariat of Pinrang Regency. The sample was obtained by using the census technique, namely taking the entire population of 50 employees. Data were analyzed using descriptive analysis techniques and regression analysis to determine the description and influence between variables. This study uses three independent variables, namely Individual Ability (X1), Work Motivation (X2), and Work Ethic (X3), while the dependent variable is ASN Service Quality (Y).

The results showed the influence of Individual Ability, Work Motivation, and Work Ethic on the Quality of ASN Services at the Pinrang Regency DPRD Secretariat. The results of the regression analysis showed that there was a significant influence between the independent variables, namely: Individual Ability (X1), Motivation (X2), and Work Ethic (X3) with the dependent variable, namely: ASN Service Quality (Y). The biggest influence occurred in the Work Ethic variable (X3), namely 36%, followed by the Individual Ability variable (X1) at 32%, and the smallest was the Work Motivation variable (X2) at 29.7%. Simultaneously, there is a significant and positive influence between Individual Ability, Motivation, and Work Ethic on ASN Service Quality at the DPRD Secretariat of Pinrang Regency by 71.9% while the remaining 28.1% is influenced by other factors which are not the object of research.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menganalisis Pengaruh Kemampuan Individu, Motivasi dan Etos Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Aparatur Sipil Negara di Sekretariat DPRD Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jenis penelitian bersifat eksplanatif asosiatif. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Pinrang. Populasi adalah seluruh Aparatur Sipil Negara Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Pinrang. Sampel diperoleh dengan teknik sensus yaitu mengambil keseluruhan populasi yang berjumlah 50 orang pegawai. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi untuk mengetahui deskripsi dan pengaruh antar variabel. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu Kemampuan Individu (X1), Motivasi Kerja (X2), serta Etos Kerja (X3) sedangkan variabel terikat yaitu Kualitas Pelayanan ASN (Y).

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh Kemampuan Individu, Motivasi Kerja, serta Etos Kerja terhadap Kualitas Pelayanan ASN pada Sekretariat DPRD Kabupaten Pinrang. Hasil analisis regresi memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu: Kemampuan Individu (X1), Motivasi (X2), serta Etos Kerja (X3) dengan variabel terikat yaitu: Kualitas Pelayanan ASN (Y). Pengaruh terbesar terjadi pada variabel  Etos Kerja (X3) yaitu 36%, disusul variabel Kemampuan Individu (X1) sebesar 32%, dan yang terkecil yaitu variabel Motivasi Kerja (X2) sebesar 29,7%. Secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Kemampuan Individu, Motivasi, serta Etos Kerja terhadap Kualitas Pelayanan ASN pada Sekretariat DPRD Kabupaten Pinrang sebesar 71,9% sedangkan sisanya sebesar 28,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi objek penelitian.

References

Mattalatta, M. R., 2017. Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management, 2(2), pp.283-294.

Handoko, Hani (2014), Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Balai Pustaka

Hasibuan, 2014, Organisasi dan Motivasi, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, A.A, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesebelas, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Zauhar (2015), Birokrasi, Birokratisasi dan Post Bureaucracy. Malang: Unibraw

Snell, S. and Dean, J., 2014. Integrated manufacturing and human resources management : A Human capital perspective, Academy of Management Journal. 35 : 467-504.

Robbins & Judge. 2015. Perilaku Organisasi, Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.

Sinamo, Jansen. (2011). 8 Etos Kerja Profesional. Jakarta: Institut Dharma Mahardika.

Singarimbun, Masri, dan Sofian Effendi, 2013. Metode Penelitian Survei, Pustaka. LP3ES Indonesia, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Ekonometrika Teori Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2021-07-14
How to Cite
Dachdy, D., Echdar, S., & Maryadi, M. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN INDIVIDU, MOTIVASI DAN ETOS KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN PINRANG. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(3), 429-438. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1253