ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, BUDAYA KERJA DAN INOVASI TERHADAP KINERJA SAT INTELKAM POLRES PELABUHAN MAKASSAR

Authors

  • Deny Ratmodiharjo ITB Nobel Indonesia
  • Muhammad Hidayat ITB Nobel Indonesia
  • Abdul Rahman Abdi ITB Nobel Indonesia

Keywords:

Service Kuality, Work Culture, Innovation, Performance, Kualitas Pelayanan, Budaya Kerja, Inovasi, Kinerja

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze: whether service quality, work culture and innovation have an influence on the performance of the Makassar Port Police Security Unit.

The approach used in this research is qualitative and quantitative approaches. The research was conducted at the Intel and security unit of the Makassar Port Police, South Sulawesi Province. The research was conducted for 2 months, starting in August and September 2020. The research population was all personnel of the Makassar Port Police Intelligence Unit, totaling 53 personnel. The sample selection in this study was carried out using a saturated sampling technique (census) is a sampling technique when all members of the population are used as a sample of 53 personnel.

The results show that: 1) There is a significant effect of Service Quality on Performance with titung> table (6,185> 1,674) then the consequence is that Ho is rejected and Ha is accepted 2) There is a significant effect of Work Culture on Performance with count> table (4,810> 1,674) then the consequence is that Ho is rejected and Ha is accepted 3) There is a significant influence of innovation on performance with count> table (3,930> 1,674), then the consequence is that Ho is rejected and Ha is accepted 4) There is a significant effect together on the Performance of the Makassar Port Police Intelligence Unit, where titung> table (88,748> 1,674) then the consequence is that Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that if the three variables are jointly increased it will affect the high performance of the Makassar Port Police Security Service Unit.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: apakah kualitas pelayanan, budaya kerja dan inovasi memberikan pengaruh terhadap kinerja Sat Intelkam Polres Pelabuhan Makassar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan disatuan Intel dan keamanan Polres Pelabuhan Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Waktu penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu mulai bulan Agustus dan September 2020. Populasi penelitian adalah seluruh personil Sat Intelkam Polres Pelabuhan Makassar yang berjumlah 53 personil. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 53 personil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja dengan titung>tabel (6.185>1.674) maka konsekuensinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima 2) Terdapat pengaruh signifikan Budaya Kerja terhadap Kinerja dengan titung>tabel (4.810>1.674) maka konsekuensinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima 3) Terdapat pengaruh signifikan Inovasi terhadap Kinerja dengan titung>tabel (3.930>1.674) maka konsekuensinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima 4) Terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Kinerja Sat Intelkam Polres Pelabuhan Makassar, dimana titung>tabel (88.748>1.674) maka konsekuensinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya jika ketiga variabel secara bersama-sama ditingkatkan maka akan mempengaruhi tingginya Kinerja Sat Intelkam Polres Pelabuhan Makassar.

References

Aagaard, Peter. “Drivers and Barriers of Public Innovation in Crime Prevention”. The Innovation Journal : The Public Sector Innovation Journal, Volume 17(1), Article 6 (2012). http://e-resources.perpusnas.go.id (Diunduh 11 Juni 2017).

Dhewanto, Wawan. 2014. Manajemen Inovasi: Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Dwiyanto, Agus. 2014. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Handoko, T. Hani. 2015. Manajemen. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media

Jalonen, Harri. (2016). “Social Networking Sites (SNSs): Smart Platforms for Public Service Innovation”. International Journal of Virtual Communities and Social Networking (IJVCSN), Volume 8, Issue 3 (2016). Diunduh melalui http://e- resources.perpusnas.go.id (Diunduh 11 Juni 2017).

Keban, Yeremias T. 2018. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta : Gava Media

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2013. Kumpulan Praktik-Praktik Baik Inovasi Daerah. Jakarta : Kementerian PAN dan RB.

____________, 2014. Kumpulan Praktik Baik Inovasi Pelayanan Publik Jilid 2. Jakarta : Kementerian PAN dan RB.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2014. Teori Administrasi Publik. Bandung : CV Alfabeta.

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian / Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2017.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rogers, Everett M. 2003. Diffusion of Innovations Fifth Edition. NewYork : The Free Press.

Sinambela, Lijan Poltak. 2010.Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta : Bumi Askara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta : STIA LAN Press.

Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2022-01-08

How to Cite

Ratmodiharjo, D., Hidayat, M., & Abdi, A. R. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, BUDAYA KERJA DAN INOVASI TERHADAP KINERJA SAT INTELKAM POLRES PELABUHAN MAKASSAR. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(5), 677–685. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1292