PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN GURU DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMKN 6 MAKASSAR

  • Syahriwati Syahriwati ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Syamsul Alam ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Muh Said ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
Keywords: Discipline, Teacher Ability, Leadership, Teacher Performance, Disiplin, Kemampuan Guru, Kepemimpinan, Kinerja Guru

Abstract

This study aims to (1) examine and analyze the effect of principal leadership on teacher performance at SMKN 6 Makassar (2) To study and analyze the effect of teacher ability on teacher performance at SMKN 6 Makassar (3) to examine and analyze the effect of teacher discipline on teacher performance at SMKN 6 Makassar (4) to examine and analyze the influence of principal leadership, teacher ability, and teacher discipline. together on the performance of teachers at SMKN 6 Makassar (5) studied and analyzed the variables of principal leadership, teacher ability, and teacher discipline that had the most influence on student-teacher performance at SMKN 6 Makassar. This study was conducted at SMK Negeri 6 Makassar with a sample of 80 people. The data collection methods used were (1) observation and data collection techniques by giving a set of questions or written statements to respondents to be answered related to leadership, teacher ability, and discipline (2) questionnaire with the measurement scale used was the Likert scale 1-5 then managed and presented descriptively to be able to describe the research results. The results of this study are (1) leadership has a positive but not significant effect on teacher performance at SMK Negeri 6 Makassar (2) teacher ability has a significant positive effect on teacher performance at SMK Negeri 6 (3) discipline has a significant positive effect on teacher performance at SMK Negeri 6 Makassar (3) leadership, teacher ability and discipline have a positive and simultaneous effect on teacher performance at SMK Negeri 6 Makassar (4) teacher ability is the most dominant variable on teacher performance at SMK Negeri 6 Makassar.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar. (2) Untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kemampuan guru terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar. (3) Untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kedisipinan guru terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar.  (4) Untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan guru dan kedisiplinan guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar. (5) Untuk mengkaji dan menganalisis variabel kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan guru dan kedisiplinan guru yang paling berpengaruh terhadap kinerja guru siswa di SMKN 6 Makassar.   Penelitian ini dilksanakan di SMK Negeri 6 Makassar dengan sampel berjumlah 80 orang. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah (1) Observasi, teknik pengumpulan data dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya yang berkaitan dengan Kepemimpinan, Kemampuan Guru dan Kedisiplinan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kepemimpinan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar (2) Kemampuan guru berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja guru di SMKN 6 (3) Kedisiplinan berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja guru di SMKN 6 Makassar (3) Kepemimpinan, Kemampuan Guru dan Kedisiplinan berpengaruh positif serta simultan terhadap kinerja guru SMKN 6 Makassar. (5) Kemampuan guru merupakan variable yang paling dominan terhadap Kinerja guru di SMKN 6 Makassar.

 

References

Abdul Wahid Syafar. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 7 Palu, Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 12, Desember 2015

Abu Ahmadi, Widodo Supriyono. 2014. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Andika Tri Pamungkas. 2017. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Mi Dab Sdi Se-Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jurnal Satya Widya, Vol. 32, No.2. Desember 2016: 127-132

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 5. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Supervisi. Jakarta: Rineka cipta

Cece Wijaya. 2009. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung:Remaja Rosdakarya

Chaplin, J.P. 2012. Kamus Lengkap Psikologi. Cetakan Keenam. Penerjemah Kartiko.K. Jakarta: PT. Raja Grafinka Persada

Choirul Anwar. 2017. Pengaruh Kedisiplinan guru dan Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung.Tesis. Pascasajana IAIN Tulungagung.

Davis Keith. 2010. Terjemahan Agus Dharma. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta : Erlangga.

Dewi Rezki H, Hasmin, dan Mustari. 2016. Pengaruh kedisiplinan, kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan, dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMA 1 Sungguminasa. Jurnal Mirai Management, Vol.12-13 Maret 2016

Diasty Widar Hapsari, dan Arif Partono Prasetio. 2017. Pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Bawang. e-Proceeding of Management : Vol.4, No.1 April 2017 | Page 269

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Edi Arif Fahrudin. 2015. Pengaruh manajemen kepala skeolah dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs Negeri Sumberlawang Kabupaten Sragen. Program Pascasarajana Institut AgamaIslama Negeri Surakarta

Endah Listyasari. 2012. Pengaruh kepemimpinan kepala skeolah dan kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri se Kota Tasikmalaya 1 Nomor 1, Februari-Mei 2016 10.No.4.2012.

Eti Hadiati. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Mts Se- Kota Bandar Lampung. : Jurnal Kependidikan Islam Viii (I) 2018

Fajriani Nurdin. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Honorer Di Sd Negeri 33/5 Mattoangin Kabupaten Pangkep. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Fenny Dwi Oktavia. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Skripsi Niversitas Bengkulu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen

Gary K. Hines. 2013. Kepemimpinan. Terjemahan Susanto Budidharmo. Jakarta: PT. Gramedia.

Gary Yukl. 2014. Leadership in Organization. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall,

Hadari Nawawi, Martini Hadari. 2015. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hamdani. 2011. Dasar- dasar Kependidikan. CV Pustaka Setia. Bandung.

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Harlie. M. 2010. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap KinerjaPegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol.

Hoetomo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: PT. Mitra Pelajar, 2015

Kartini Kartono dan Dali Dula. 2018. Kamus Psikologi Pendidikan, Bandung: CV. Pionerjaya

Khatib Pahlawan Kayo. 2015. Kepemimpinan Islam dan Dakwah. Cet. I. Jakarta: Amzah

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Kunandar. 2017. Guru Professional, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2011. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan ke enam, Bandung: Refika Cipta

Miftah Toha. 2010. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mitchell, Et All . 2010. Pengelolaan Sumberdaya Dan Lingkungan . Gmup. Yogyakarta.

Mugi Muryadi Harna. 2011. Profesionalitas Kepala Sekolah. http://www.gbep.org/en/img/wenjian/htm

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Eenco. 2011. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Murniati AR. 2018. Manajemen Stratejik (Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan). Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Murniati, AR dan Nasir Usman. 2019. Implementasi Manajemen Stratejik (Dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan). Bandung: Cipustaka Perintis.

Nana Sudjana, 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Nasrul HS, 2012. Profesi & Etika Keguruan, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Oemar Hamalik. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Priansa dan Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV. Alfabeta

Rachmawati, S. 2008. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Terhadap Audit Delay Dan Timeliness. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol.10, No. 1, Mei: 1-10.

Rineka Cipta

Rudaimah. 2017. Pengaruh kedisiplinan dan kompetensi padegogik guru terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa di SD Negeri 2 Margoyoso Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus. Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Lampung

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman A.M, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers,

Sastrohadiwiyo, Siswanto. 2013. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Saud, Udin Syaefudin. 2019. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Siti Maruya. 2016. Pengaruh kedisiplinan guru mengajar terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa daklam pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN 1 Bengkulu. Jurnal al-Bahtsu: Vol. 1, No. 2, Desember 2016

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. 4. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:

Soekarto Indra Fachrudi, dkk. 2010. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Cetakan 4 Surabaya:Usana Offset Printing

Soekarto Indrafachrudi, dkk. 2013. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usana Offset Printing

Sri Lestari. 2016. Pengaruh kepemimpinan kepala skeolah dan kinerja guru terhadap prestasi siswa. Jurnal Satya Widya, Vol. 32, No.2. Desember 2016: 127-132

Sudarwan Danim. 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bnadung: Alfabeta Bandung

Supayan, Manajemen Personalia, Edisi 1, Bpfe Yogyakarta, 2017, Hal 63)

Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rako Press

Suryosubroto. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Edisi 5. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryosubroto. 2017. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suyanto, Bagong Dan Sutinah. 2011. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif. Pendekatan Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Terry, George R.2013.Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Terry, George R.2019.Prinsip-Prinsip Manajemen. Cetakan ke 10. Jakarta: Bumi Aksara

Tohirin. 2016. Psikologi Pembelajaran pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wahjosumidjo. 2012. Kepemimpinan KepalaSekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.Jakarta: Rajawali Press

Wasiatur Rif’ah. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Di Mts Sultan Fatah Gaji Kecamatan Guntur Kabupaten Demak, Skripsi Fakultas Ilmutarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Wijaya. 2012. Audit Mutu. Jakarta: Rineka Cipta

Winardi. 2010. Manajemen Supervisi. Bandung: CV. Mandar Maju

Zainal Arifin, 2011. Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya

Published
2021-09-15
How to Cite
Syahriwati, S., Alam, S., & Said, M. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN GURU DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMKN 6 MAKASSAR. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(4), 528-540. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1315