PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA UPT SMP NEGERI SE KECAMATAN BUKI DI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR
Keywords:
Parenting Style, Principal Leadership, Teacher Competence, Learning Achievement, Pola Asuh Orang Tua, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Prestasi BelajarAbstract
This study aims to determine the effect of parenting, principal leadership, and teacher competence on student achievement at UPT SMP Negeri in Buki District, Selayar Islands Regency.
The study approach used was a quantitative and conducted at UPT SMP Negeri in Buki District in Selayar Islands Regency, from December 2020 to January 2021. The sampling technique was a census with a total of 129 students as respondents. The results showed that (1) Parenting Patterns partially had a negative effect on student achievement (2) The leadership of the principal partially had a positive effect on student achievement (3) Teacher competence partially had a negative effect on student achievement.
The implication of this research is that to improve student achievement, parents must use democratic parenting patterns and the principal must be able to understand and properly implement the competency standards of the principal. As well as teachers must be able to understand and actualize well the five teacher competency standards.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua, kepemimpinan kepala sekolah, dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada UPT SMP Negeri se Kecamatan Buki di Kabupaten Kepulauan Selayar.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada UPT SMP Negeri se Kecamatan Buki di Kabupaten Kepulauan Selayar, pada bulan Desember 2020 sampai Januari 2021. Teknik pengambilan sampel ialah sensus dengan jumlah responden 129 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola Asuh Orang Tua secara parsial berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa (2) Kepemimpinan kepala sekolah secara parsial berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa (3) Kompetensi Guru secara parsial berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, orang tua harus menggunakan pola pengasuhan demokratis dan kepala sekolah harus mampu memahami dan melaksanakan dengan baik standar kompetensi kepala sekolah. Serta guru harus mampu memahami dan mengaktualisasikan dengan baik lima standar kompetensi guru.
References
Abdul Rahmat, Syaiful Kadir. 2017. Kepemimpinan Pendidikan dan Budaya Mutu. Zahir Publishing. Yogyakarta
Ahmadi, A. dan Widodo, S. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rhineke Cipta.
Anas, Sudijono. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada. Jakarta
Atmosudirjo, Prajudi. 2014. Dasar-dasar Administrasi Manajemen. Jakarta LAN
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional . Panduan Pelatihan untuk Pengembangan Sekolah. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Edisi 3 . Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Undang-Undang Republik Indsonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan nasional.. Jakarta.
Dunn, N. William. 2010. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi Kedua. Gadjah Mada Univesity Prees. Yogyakarta.
E. Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Fadjar, H. A. Malik, dkk. ( 2011 ) Platform Reformasi Pendidikan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Logos Wacana Ilmu. Jakarta.
George. R. Terry. 2012. Asas-asas Manajemen. Bandung: PT. ALUMNI.
Hasbullah, M. 2016. Kebijakan Pendidikan. RajaGrafindo Persada. Jakarta
Imam Suraji. 2012. Urgensi Kompetensi Guru. STAIN Pekalongan
Kartono, Kartini. 2014. Pemimpin dan Kepemimpinan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Moekijat. 2012. Manajemen Kepegawaian. Alumni. Bandung.
Novianty Djafri. 2017. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Deepublish. Yogyakarta
Nasution, M. N. 2011. Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia . Jakarta.
Natawijaya, R. 2015. Penyusunan Skala Sikap. Bandung. IKIP Bandung.
Ndraha, Taliziduhu. 2014. Pengembangan Sumber Daya Manusia . Rineka Cipta. Jakarta.
Nitisemito, S. Alex. 2014. Manajemen Personalia. Jakarta . Ghalia Indonesia.
Nugroho, D. Riant. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Gramedia. Jakarta.
Peter G. Northouse. 2017. Kepemimpinan. Teori dan Praktek. Indeks. Jakarta
Pusat Pengembangan Tenaga Pendidikan. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah. Jakarta Pusat
Putra, Fadillah. 2013. Paradigma Kritis Dalam Studi Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Poster, Cyril. 2010. Gerakan Menciptakan Sekolah Unggulan. Lembaga Indonesia Adidaya. Jakarta Pusat.
Rasdi Eko Siswoyo. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Semarang
Riyanto, Yatim. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Sic. Surabaya.
Siagian, P. Sondang. 2013. Manajemen Stratejik. Bumi Aksara. Jakarta.
Siagian, P. Sondang. 2012. Pengembangan Sumber Daya Insani. Gunung Agung Jakarta.
Sudjana. 2014. Metode Statistika . Edisi 5 . Tarsito . Bandung.
Sugandha, N. Dann. 2015. Kapita Selekta Adminstrasi Dan Pendapat Para Ahli. Arcan. Jakarta.
Sugiyono. 2013 . Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung
Syaiful Bahri Djamarah, 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta
Thoha, Miftah. 2010. Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Perilaku. Rajkawali Press. Jakarta.
Veithzal, Rivai. Sylviana, Murni. 2012. Education Manajemen. Analisis Teori dan Praktek. RajaGrafindo Persada. Jakarta
Wirawan. 2019. Kepemimpinan. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisis Kebijaksanaan. Edisi Kedua. Bumi Aksara. Jakarta.
Waters, Dan. 2015. Manajemen abad 21. Haris Munandar. Spektrum Jakarta.
Winardi, J. 2013. Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.