PENGARUH KEMAMPUAN GURU DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PARE – PARE

Authors

  • Sahriah Amri ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Muhammad Hidayat ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Harlindah Harniati Arfan ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR

Keywords:

Teacher Ability, Mastery Of Technology And Teacher Performance, Kemampuan Guru, Penguasaan Teknologi Dan Kinerja Guru

Abstract

This study aims to determine and analyze: The Effect of Teacher Ability and Mastery of Technology on the Performance of Elementary School Teachers in West Bacukiki District, Pare - Pare City. This research approach uses survey research. The research was conducted at elementary schools in West Bacukiki District, Pare City - Pare. When the research was conducted starting in August 2020. The study population was 311 elementary schools teaching in West Bacukiki District, Pare-Pare City, spread over 26 elementary schools. The sample selection in this study was carried out using the Solvin method at a tolerance level of 10 percent and obtained a sample of 76 teachers. The results showed that: 1) There was a positive and significant influence on the ability of teachers individually (partially) on the performance of elementary school teachers in West Bacukiki District, Pare City, Pare, with tcount = 2,221> t table = 1.99. 2) There is a positive and significant effect of mastery of technology individually (partially) on the performance of elementary school teachers in West Bacukiki District, Pare - Pare City, with tcount = 8,037> t table = 1.99. There is a joint (simultaneous) influence on the ability of teachers and mastery of technology on the performance of elementary school teachers in West Bacukiki District, Pare - Pare City, where Fcount = 114.897> Ftable = 2.73. Based on the research results, the coefficient of determination (R2) was 0.759 or (75.9%). This shows that 75.9% of teacher performance is influenced by teacher ability and mastery of technology. Meanwhile, 24.1% was influenced by other variables not included in this research model.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Kemampuan Guru dan Penguasaan Teknologi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian survey. Penelitian dilakukan pada Sekolah Dasar di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Agustus 2020. Populasi penelitian adalah SD yang mengajar di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare - Pare  sebanyak 311 orang yang tersebar pada 26 SD. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Solvin pada tingkat toleransi 10 persen dan diperoleh sampel sebanyak 76 orang guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan guru secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare, dengan thitung= 2,221 > ttabel = 1,99. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penguasaan teknologi secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare, dengan thitung = 8,037 > ttabel = 1,99. Terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) kemampuan guru dan penguasaan teknologi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare, dimana Fhitung =  114,897 > Ftabel = 2,73. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,759 atau (75,9%). Hal ini menunjukkan bahwa 75,9% kinerja guru dipengaruhi oleh kemampuan guru dan penguasaan teknologi. Sedangkan 24,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

References

Adie E Yusuf dan Suwarno. 2015. Pengembangan SDM, Tanggerang : Universitas Terbuka.

Ahmad Susanto. 2016. Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta : Kencana.

Annita Jannah1, Sentot Iskandar1, Itot Tito Sumitra. 2012. Pengaruh potensi guru dan prasarana terhadap kinerja guru serta implikasinya pada kualitas pelayanan SMP Negeri 7 Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 6, No. 2, Oktober 2012, 77-84

Arini, K.R, dkk. 2015. Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt Perkebunan Nusantara X (Pabrik Gula) Djombang Baru). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 22 No. 1, Mei 2015

Astri Nurhayati dan Endra Murti Sagoro 2017. Pengaruh kompetensi guru dan ketersediaan penguasaan teknologisekolah terhadap kinerja guru Ekonomi Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 6 Tahun 2017.

Baharuddin dan Moh. Makin, 2010. Manajemen Pendidikan Islam, Malang: UIN-Maliki Press

Bafadal, Ibrahim. 2014. Manajeman Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi & Arifin,M. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Dedi Sutansyah. 2018. Pengaruh manajemen penguasaan teknologidan iklim sekolah terhadap kinerja guru sekolah menengah pertama negeri di Kecamatan Jatibang Kabupaten Indramayu. Edum Journal, Vol 1, No 2, September 2018

Depdiknas, 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta:Depdiknas

Fatah, Nanang, 2013, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Gaspersz Vincent, 2001. Total Quality Management, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

George R. Terry dan Leslie W. Rue, 2000. Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh, Bumi Aksara, Jakarta

Hamzah B Uno dan Nana Lamatenggo. 2014. Teori Kinerja dan Pengukurannya, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Ihsan, Hamdani dan Ihsan, Fuad. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia: Bandung. Cet. 3

Joremo S Arcaro,2005. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Lusia Tresnani. 2018 Pengaruh budaya kerja, ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kompetensi professional guru SMK Negeri se Kabupaten Way Kanan. Tesis. Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung

Mohammad Taufiqurrachman Amin. 2016. Pengaruh profesionalitas dan kedisiplinan guru terhadap prestasi kinerja guru SMA Negeri 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Jurnal: Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 10 No 1 (2016) 119-131 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana, Universitas Kanjuruhan Malang

Mujamil Qomar. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.

Mulyasa. 2013. Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nanang Fatah, 2009. Landasan Manajemen Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung,

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Penilaian Nasional

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Pupuh Fatuhrohmah dan Aa Suryana. 2012. Guru Profesional. Bandung: PT Radika Aditama

Rivai, Veithzel. 2008. Edwation Management. Jakarta: CV. Grafindo Persada.

Rohiat, 2008, Manajemen Sekolah; Teori Dasar dan Praktik, Bandung, Refika Aditama

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sudiyono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta. Ed. 1, Cet. 5

Sudjada, Nana, 2012, Penilai Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sujana, Djudju, 2008, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya

Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : PT Rineka Cipta

Sarwan1, La Taena, dan Edy Karno. 2019. Hubungan kompetensi guru dan iklim kerja dengan kinerja guru SD Negeri. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS Volume 3 Nomor 2-Agustus 2019, e-ISSN: 2502-325X

Suryosubroto, 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

.

Supardi. 2013. Kinerja guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.

Taniredja,Tukiran, Pudjo Sumedi, dan Muhammad Abduh. 2016. Guru yang Profesional. Bandung: Alfabeta.

Tutik Rachmawati dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya, Yogyakarta : Gava Media

Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar profesionalisme guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yuda Koswana, 2011. Hubungan Kelengkapan Penguasaan teknologidan Kompetensi Guru dengan Mutu Pendidikan (Studi Analisis pada SMP Negeri 2 Bantarujeg Kabupaten Majalengka). Tesis. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Amri, S., Hidayat, M., & Arfan, H. H. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN GURU DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PARE – PARE. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(4), 549–558. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1365