PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, KECERDASAN EMOSIONAL DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU UPTD SD NEGERI GUGUS XII KELURAHAN CAPPAGALUNG KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PARE-PARE

  • Evi Sirajuddin Sirajuddin ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Sylvia Sjarlis ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Abdul Rahman Abdi ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
Keywords: Teacher Professional Competence, Emotional Intelligence, Infrastructure, Teacher Performance, Kompetensi Profesional Guru, Kecerdasan Emosional, Sarana Prasarana, Kinerja Guru

Abstract

This study aims to determine and analyze: the effect of teacher professional competence, emotional intelligence, and infrastructure on the performance of UPTD teachers at SD Negeri Gugus XII, Cappagalung Village, West Bacukiki District, Parepare City. This research approach uses survey research. The study population was all teachers in the UPTD SD Negeri Gugus XII, Cappagalung Village, West Bacukiki District, Parepare City, totaling 50 people. The sample selection in this study was carried out using a saturated sampling method (census) by determining all populations as a total sample of 50 teachers. The results showed that: (1) There was a positive and significant influence on the professional competence of teachers individually (partially) on the performance of teachers at the UPTD SD Negeri Gugus XII, Cappagalung Village, West Bacukiki District, Parepare City. (2) There is a positive and significant effect of emotional intelligence individually (partially) on teacher performance at the UPTD SD Negeri Gugus XII Kelurahan Cappagalung, West Bacukiki District, Parepare City. (3) There is no positive and significant effect of infrastructure individually (partially) on teacher performance at the UPTD SD Negeri Gugus XII, Cappagalung Village, West Bacukiki District, Parepare City. (4) There is a positive and significant effect of teacher professional competence, emotional intelligence and infrastructure together (simultaneously) on teacher performance at UPTD SD Negeri Gugus XII, Cappagalung Village, West Bacukiki District, Parepare City. Based on the research results, the coefficient of determination (R2) was 0.433 or (43.5%). This shows that 43.5% of teacher performance is influenced by teacher professional competence, emotional intelligence and infrastructure. Meanwhile, 56.5% is influenced by other variables which are not included in this research model.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: pengaruh kompetensi profesional guru, kecerdasan emosional, dan sarana prasarana terhadap kinerja guru UPTD SD Negeri Gugus XII Kelurahan Cappagalung Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian survey. Populasi penelitian adalah semua guru yang ada pada UPTD SD Negeri Gugus XII Kelurahan Cappagalung Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare yang berjumlah 50 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh (sensus) yakni dengan menentukan semua populasi sebagai sampel total sebanyak 50 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi professional guru secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru pada UPTD SD Negeri Gugus XII Kelurahan Cappagalung Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru pada UPTD SD Negeri Gugus XII Kelurahan Cappagalung Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. (3) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana prasarana secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru pada UPTD SD Negeri Gugus XII Kelurahan Cappagalung Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi professional guru, kecerdasan emosional dan sarana prasarana secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja guru pada UPTD SD Negeri Gugus XII Kelurahan Cappagalung Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,433 atau (43,5%). Hal ini menunjukkan bahwa 43,5% kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi professional guru, kecerdasan emosional dan sarana prasarana. Sedangkan 56,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

References

Ahmad Susanto, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2016),

Agus Pitoyo, Riana Sitawat (2017). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Minta Belajar sebagai variabel Intervening. (Studi Kasus AMIK JTC Semarang Angkatan 2012 - 2014)INFOKAM Nomor I Th. XIII/MARET/2017

Al-Uqshari, Y. (2005). Menjadi Pribadi yang Berpengaruh.Jakarta: Gema Insani.

Atika Sriwahyuni, Jolianis, dan Nora Susanti (2017). Pengaruh kompensasi, motivasi kerja, sarana prasarana dan iklim sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 3 Lubuk Basung.

Chairul Anam (2018). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1, Juni 2018, Hal. 40-56. ISSN (Online): 2550-1038, ISSN (Print): 2503-3506. Website: journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/index. Dikelola oleh Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang Indonesia.

Chandra Wijaya, Perilaku Organisasi, (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesi, 2017), hal. 33-36.

Danim, Sudarwan dan Khairil. 2011. Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik IndonesiaNomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: DepartemenPendidikan Nasional.

Dwi Sampurno dan Agus Wibowo (2015): Kepemimpinan kepala skeolah, lingkungan kerja, motivasi kerja dan kinerja guru di SMK Negeri 4 Pandeglang.

Dwi Nurjanati, Trisno Martono, Hery Sawiji. (2018) Pengaruh kompetensi padegogik, professional, social dan kepribadian terhadap profesionalisme guru SMA Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret SurakartaJurnal Ilmu Manajemen, Volume 15, Nomor 1,

Fatimah, Siti. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan KompetensiProfesional Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smpn 4Banjarbaru.Jieb: Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Jilid 4 Nomor, Hal014-028. Diakses pada 20/09/2018 pukul 10.05 WIB di:Http://Ejurnal.Stiepancasetia.Ac.Id/Index.Php/Jieb

Goelman, Daniel. 2015. Working with emotional intelligence terjemahan.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goelman, Daniel. 2016. emotional intelligence. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Haryati, Hadi Sunaryo, M. Khoirul ABS (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan spiritual dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang.e – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi dan bisnis Unisma website: www.fe.unisma.ac.id (email: e.jrm

Hidayat, M., Musa, C. I., Haerani, S., & Sudirman, I. (2015). The Design of Curriculum Development Based on Entrepreneurship through Balanced Scorecard Approach. International Education Studies, 8(11), 123-138.

Jeine K. Turangan (2017). Pengaruh kopetensi, disiplin kerja dan profesionalisme terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Manado.Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 1402 –1411Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan ManajemenUniversitas Sam Ratulangi Manado

Lilik Kurniasih (2018). Pengaruh kompetensi guru, iklim organisasi dan supervise akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah dasar Negeri se Kecamatan Sukoharjo. Tesis.

Nanda Iswahyudi (2018) Faktor-faktor Kecerdasan Emosional yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD Pendidikan Jasmani dan Olahraga.Universitas Kahuripan Kedirinandobareshi@yahoo.com. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan KahuripanVolume 1, Nomor 2, September 2018; p-ISSN: 2620-6277, e-ISSN: 2620-6285

Nieke H. Widaningrum, Agung Praptapa, Permata Ulfah (2010) Pengaruh Ketersediaan Sarana Pendidikan dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman IFRS dengan Minat sebagai Variabel Moderating di Fakultas Ekonomi UNSOED. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Priansa, Juni Donni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.2015. Manajemen Peserta Didik dan Model pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Puluhulawa, Citro W. 2013. Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan SpiritualMeningkatkan Kompetensi Sosial Guru. Makara Seri Sosial Humaniora,2013, vol, 17(2)

Poniman (2017).Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri di Kota Bandar Lampung.Tesis.Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Prastyawan.(2016). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan.Jurnal Studi Keislaman Volum 6, nomor 1, Maret 2016.

Pramono, H. (2012). Pengaruh sistem pembinaan, sarana prasarana dan pendidikan latihan terhadap kompetensi kinerja guru pendidikan jasmani sekolah dasar di kota semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 29 Nomor 1 tahun 2012

Pujiyanti dan Handayani.(2012). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru dengan kepemimpinan kepala sekolah dan pemberdayaan guru sebagai variabel moderasi pada SD Negeri UPTD Dikpora kecamatan sayung demak.Jurnal.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto.(2013). Penilaian kinerja profesi mutu dan angka kreditnya. Gava Media: Yogyakarta

Rahardian, Zakka Ryan, dan Endang Sri Indrawati. 2018. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Disiplin Kerja Pada Guru SMP Negeri 6 dan 8 Kabupaten Pemalang. Jurnal Empati, Januari 2018, Volume 7 (Nomor 1), Halaman 345-301. Diakses pada 19/09/2018 pukul 15.37 WIB di : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/viewFile/20247/19099

Rahmasari, Lisda. 2012. Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Jurnal ilmiah informatika. Vol 3.no 1. Diakses pada 04/09/2018 pukul 05.38 WIB di:unaki.ac.id.

Rahmasari, Lisda. 2012. Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Jurnal ilmiah informatika. Vol 3.no 1Sunar, P. D. 2010. Edisi lengkap tes IQ, SQ & SQ. Hash Books. Jogyakarta

Ratika Sari Dewi , Taufani C. Kurniaitun , Abubakar (2018) Kemampuan professional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXV No.1 April 2018 Universitas Pendidikan Indonesia

Ratika Sari Dewi, Taufani C. Kurniaitun, Abubakar (2018). Kemampuan professional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar.

Sahertien, P. A. (2010). Konsep dasar dan teknik supervisi pendidikan dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama

Siregar, S. (2015) Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyawati, N, dkk. (2016). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Lingkungan Kerja sebagai Variabel Moderasi (Studi pada SMP Negeri se-Kecamatan Boja Kabupaten Kendal). Dharma Ekonomi, 23 (43), 44-52. Diakses dari https : // ejurnal. stiedharmaputra-smg.ac.id / indeks.php / DE / article / download / 315 / 295

Suharsimi Arikunto, Manajeman Pengajaran secara Manusiawi, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014)

Suparman. 2017. Pengaruh pemberian tunjangan dan organizational citizenshipbehavior (OCB) terhadap kinerja guru (Studi pada sekolah dasar negeridi Kecamatan Poasia). Tesis. Program Pascasarjana Program Studi Ilmu Manajemen, Universitas Halu Oleo Kendari.

Sudja, I. N. 2013. Pengaruh kompetensi, kepemimpinan diri, sistem penghargaan, lingkungan kerja, terhadap komitmen pada profesi dan profesionalisme guru SMA Negeri di Bali. DIE, 9(2).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitati.dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman. 2017. Pengaruh pemberian tunjangan dan organizational citizenshipbehavior (OCB) terhadap kinerja guru (Studi pada sekolah dasar negeridi Kecamatan Poasia). Tesis. Program Pascasarjana Program Studi IlmuManajemen, Universitas Halu Oleo Kendari

Sahlan dan Y. Sutomo (2016).Budaya Organisasi Memoderasi Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru MTs Se Kecamatan Winong Bupaten Pati. Pascasarjana, Universitas Stikubank Semarang Asyaharipong@yahoo.co.id

Syahrum, Syahruddin Usman, Nur Yamin (2019). Pengaruh profesionalisme guru dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 2 Bulukumba.Jurnal. Jurnal Manajemen Pendidikan - Vol. 14, No. 1, Juli 2019: 38-44 .Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ujiarto, Toto, Rusdarti, Rifai & Tri Joko Raharjo. 2017. Effect of the SchoolPrincipal’s Management, Academic Supervision, Organizational Culture, and Work Motivation to the Teacher’s Professionalism. TheJournal of Educational Development.JED 5 (3) 414- 424.

Uno, H.B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Cet. XIV ; Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah. B. 2011. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Usman, M.U. (2011). Menjadi Guru Profesional.Cet. XXV; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wardiana, U. (2004). Psikologi Umum. Jakarta: Bina Ilmu

Wiji Lestari (2018). Pengaruh motivasi, disiplin kerja, sarana prasarana terhadap kinerja guru PNS di SMP Negeri 2 Ambal.Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa Kebumen.

Published
2021-09-15
How to Cite
Sirajuddin, E., Sjarlis, S., & Abdi, A. (2021). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, KECERDASAN EMOSIONAL DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU UPTD SD NEGERI GUGUS XII KELURAHAN CAPPAGALUNG KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PARE-PARE. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(4), 559-571. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1366