PENGARUH KOMPETENSI, SUPERVISI DAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XV WILAYAH III DI KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PARE – PARE

  • Mildawati Mildawati Mildawati ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Sylvia Sjarlis ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Abdul Rahman Abdi ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
Keywords: Principal Competence, Principal Supervision, Principal Motivation And Teacher Performance, Kompetensi Kepala Sekolah, Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru

Abstract

This study aims to determine and analyze: the influence of competence, supervision and motivation of principals on the performance of teachers at SD Negeri Gugus XV region III in West Bacukiki District, Parepare City. This research approach uses survey research. The study population was all teachers at SD Negeri Gugus XV region III in West Bacukiki District, Parepare City, totaling 50 people.

The sample selection in this study was carried out using a saturated sampling method (census) by determining all populations as a total sample of 50 teachers. The results showed that: 1) There was no positive and significant effect of the principal's competence individually (partially) on the performance of teachers in the Cluster XV Region III Public Elementary Schools in West Bacukiki District, Pare City - Pare. 2) There is a positive and significant effect of supervision of the principal individually (partially) on the performance of teachers in Public Elementary Schools of Cluster XV Region III in West Bacukiki District, Pare City - Pare. 3) There is a positive and significant influence on the principal's motivation independently (partially) on the performance of teachers in the Cluster XV Region III Public Elementary Schools in West Bacukiki District, Pare City - Pare. 4). There is a simultaneous (simultaneous) influence on the competence of the principal, the supervision of the principal and the motivation of the principal on the performance of teachers in the Cluster XV Region III Public Elementary Schools in West Bacukiki District, Pare City - Pare. Based on the research results, the coefficient of determination (R2) was 0.934 or (93.4%). This shows that 93.4% of teacher performance in Cluster XV Region III Public Elementary Schools in West Bacukiki Subdistrict, Pare - Pare City is influenced by the competence of the principal, the supervision of the principal and the motivation of the principal. Meanwhile, 6.6% was influenced by other variables not included in this research model.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: pengaruh kompetensi, supervisi dan motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri Gugus XV wilayah III di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian survey. Populasi penelitian adalah semua guru yang ada pada SD Negeri Gugus XV wilayah III di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare yang berjumlah 50 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh (sensus) yakni dengan menentukan semua populasi sebagai sampel total sebanyak 50 orang guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kepala sekolah secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus XV Wilayah III di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi kepala sekolah secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus XV Wilayah III di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kepala sekolah secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus XV Wilayah III di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare. 4). Terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) kompetensi kepala sekolah, supervisi kepala sekolah dan motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus XV Wilayah III di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,934 atau (93,4%). Hal ini menunjukkan bahwa 93,4% kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus XV Wilayah III di Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare – Pare dipengaruhi oleh kompetensi kepala sekolah, supervisi kepala sekolah dan motivasi kepala sekolah. Sedangkan 6,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

References

Afdhal Jihad, Murniati, AR.,Yusrizal. 2019. Hubungan motivasi kerja dan supervise kepala sekolah dengan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Babahrot Aceh Barat Daya. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Volume 7, No. 1, Februari 2019 .ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Bafadal, Ibrahim. 2005. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak. Jakarta: Bumi Aksara.

Edi Rismawan. 2015. Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015.

Eulogius Junaidy Rahun. 2016. Hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru pada SMK Negeri Putussibau Kapuas Hulu. Tesis. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia, 2016 Jakarta 13630, Indonesia

Hijriah, R. 2011. Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bantul, (Online) diakses 3 Mei 2020.

Indrafachrudi, Soekarto. 2006. Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor : Ghalia Indonesia.

Isjoni. 2007. Saatnya Pendidikan Kita Bangkit. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jamal Ma’mur Asmani. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press

Komariah, Aan & Triatna, Cepi. 2006. Visonary Leadership Menuju Sekolah Efektif.. Jakarta: Bumi Aksara.

Lasut, Gustaaf S. 1989. Pengaruh Penerapan Analisis Interaksi terhadap Orientasi dan Perilaku Supervisi Penilik Sekolah Dasar. (Disertasi). Malang: FPS IKIP Malang.

Luky Arum Lawuningtyas, 2018. Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pasca sarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan : Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang : Elang Mas.

Maryono. 2011. Dasar-dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Arruz Media.

Manullang. 2005. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: UGM University Press.

Masaong, Abd. Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Jakarta: Alfabeta.

Mulyasa, H.E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Neagly, Ross L. dan Evans, N. Dean. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall Inc.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools. Second Edition. New York: Longman Inc.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Pidarta, Made. 1992. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Perkasa.

Rastina. R. 2017. Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD di Gugus 1 Kec. Palu Barat Kota Palu. Tesis. Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Susilo, M.Joko. 2007. Pembodohan Siswa Tersistematis. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Senduk, A.G. 1985. Teori Perkembangan Intelektual Jean Piaget. Bandung. FPS IKIP Bandung.

Sergiovani, Thomas J. 1987. The Principalship, A Reflective Practice Perspective. Boston, London, Sydney, Toronto: Ally and Bacon, Inc

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.

Suparjo. 2018. Hubungan supervisi akademik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Banyumas. Tesis. PascasarjanaInstitut Agama Islam Negeri Purwokerto

Yesrizal. 2012. Kontribusi Supervisi oleh Pengawas Sekolah dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Padang: Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Published
2021-09-15
How to Cite
Mildawati, M., Sjarlis, S., & Abdi, A. (2021). PENGARUH KOMPETENSI, SUPERVISI DAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XV WILAYAH III DI KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PARE – PARE. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(4), 572-582. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1367