PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TANRALILI KABUPATEN MAROS

  • SUHRAH SUHRAH SUHRAH ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
  • Mashur Razak STIMIK HANDAYANI MAKASSAR
  • Anshar Daud ITB NOBEL INDONESIA MAKASSAR
Keywords: Princip's democratic leadership, Work motivation, Teacher Discipline and Teacher Performance, Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Disiplin Guru Dan Kinerja Guru

Abstract

This study aims to determine and analyze: The Effect of Principal's Democratic Leadership, Work Motivation and Teacher Discipline on the Performance of Public Elementary School Teachers in Tanralili District, Maros Regency. This research approach uses survey research. The research was conducted at the State Elementary School in Tanranlili District, Maros Regency. When the research was conducted starting in August 2020. The study population was 161 SDN teachers teaching in the Tanralili District, Maros Regency, spread over 20 SDN. The sample selection in this study was carried out using the sampling method, namely using probability sampling with the Stratified Solvin technique and obtained a sample of 65 teachers.The results showed that: 1) There was a positive and significant influence of the principal's democratic leadership individually (partially) on the performance of Public Elementary School teachers in Tanralili District, Maros Regency. 2) There is a positive and significant effect of work motivation independently (partially) on the performance of Public Elementary School teachers in Tanralili District, Maros Regency. 3) There is a positive and significant influence of teacher discipline individually (partially) on the performance of Public Elementary School teachers in Tanralili District, Maros Regency. 4) There is a joint (simultaneous) influence of the principal's democratic leadership, work motivation and teacher discipline on the performance of Public Elementary School teachers in Tanralili District, Maros Regency. Based on the research results, the coefficient of determination (R2) was 0.834 or (67,8%). This shows that 67,8% of teacher performance is influenced by the democratic leadership of the principal, work motivation and teacher discipline. Meanwhile, 32,2% is influenced by other variables which are not included in this research model.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian survey. Penelitian dilakukan pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tanranlili Kabupaten Maros. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Agustus 2020. Populasi penelitian adalah guru SDN yang mengajar di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros sebanyak 161 orang yang tersebar pada 20 SDN. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampling yakni menggunakan probability sampling dengan teknik Stratified Solvin dan diperoleh sampel sebanyak 65 orang guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan demokratis kepala sekolah secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin guru secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. 4) Terdapat pengaruh secara bersama-sama (simultan) kepemimpinan demokratis kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,678 atau (67,8%). Hal ini menunjukkan bahwa 67,8% kinerja guru dipengaruhi oleh kepemimpinan demokratis kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin guru. Sedangkan 32,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

References

Abd.Kadim Masaong dan Arfan A. Tilome.2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelegence. Bandung: Alfabeta

Abdullah M. Ma ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo

Alfhan, Muhammad. 2013. Pengantar Filsafat Nilai. Bandung: Pustaka Nilai

Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jas. Bandung: Alfabeta

Aritonang, Keke. T. 2008.Minat dan Motivasi dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal. Jakarta.

Armstrong, M. 2010. Armstrong's Essential Human Resource Management Practice:A Guide to People Management. Kogan Page Publishers.

Bahrodin, Moch. 2007. Pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja pegawai pengadilan negeri Purworejo. Program Pascasarjana Universitas Jenderal Sudirman

Barnawi dan Arifin. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Chen, et.al. 2012. Bring Character Education into Classroom. Uropean Journal of Educational Research.Vol.1 No. 2. Pg. 163-170

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ester Manik dan Kamal Bustomi. 2011. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vo.5 No.2 Oktober 2011. 97-107

Ferdinand, A. 2019. Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian untuk Skrisi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen). Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, I. 2018, Aplikasi Multivariate, Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. BP. UNDIP.

Hadari Nawawi dan Martini Hadari. 2014. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Hair, J.F, Black, W.,C, Babin, B,J & Anderson, R,E. 2014. Exploratory Factor Analysis.Pearson New International Edition.British Library Cataloguing – in – publication data.

Hasibuan, M. SP. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. BumiAksara

Hasibuan, M.S. 2013. Teori Memotivasi dan Aplikasinya: Jakarta: Rineka Cipta.

Kartini Kartono. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kemendiknas. 2011. Buku Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2010. Evaluasi Kinerja SDM, Bandung : Refika Cipta

Mangkunegara, A. P., & Waris, A. 2015.Effect of training, competence and discipline on employee performance in company (case study in PT. Asuransi Bangun Askrida).Procedia-Social and Behavioral Sciences, 211, 1240-1251.

Mathis dan Jackson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat

Miao, et.al. 2010. Perceived Organizational Support, Job Satisfaction and Employee Performance: An Chinese Empirical Study. Journal of Service Science and Management, 3(2) pp:257-264

Moeheriono, 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Moenir. 2012. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa, E. 2017. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2011. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

--------. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nitisemito. 2012. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghaha

Ngalim Purwanto. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Permadi, Dadi. 2010. The Smiling Teacher (Perubahan Motivasi dan Sikap dalam Mengajar. Cetakan Pertama. Bandung: CV. Nuasa Aulia

Prijodarminto, Sugeng. 2014. Disiplin: Kiat menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Pramita

Robbins, Stephen. 2015. Organizatioal Behavior. 9th. Edition. New Jersey Precentice Hall International Inc

Saefullah. 2012.Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia

Sagala, Syaiful. 2011. Supervisi Pembelajaran dalam profesi pendidikan.Bandung. Alfabeta

Saud, Udin.S. 2010. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Siagian, S. P. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.Jakarta:Bumi Aksara.

Setyawan, J. D., 2017. Gaya Kepemimpinan Otokratif Manajemen Sekolah dalam Mendukung Kinerja Guru SMK Pancasila di Kota Purwodadi.Educational Management, 6(2), 189–195.

Soekarto Indrafachrudi. 2006. Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor:Ghalia Indonesia.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi Offset

Sudarwan Danim. 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjada, Nana, 2012, Penilai Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bnadung: Alfabeta Bandung

Supeno, Imam Suseno dan Ira Miranti. 2017. Pengaruh motivasi, disiplin kerja, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru bahasa Inggris SMP di DKI Jakarta. Jurnal Deiksis.9(01).90-99

Susanto, H. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal Pendidikan Vokasi, 197-212.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Uno, H. B. 2014. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H.B. 2013.Teori Motivasi dan Pengukurannya: Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. 2012.Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta:

Bumi Aksara.

Usman, E. 2011.Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung: Mutiara Ilmu

Usman, H. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah/Madrasah di Abad Ke-21.Universitas Negeri Yogyakarta.Jurnal Tenaga Kependidikan VOL.5 NO.2 AGUSTUS 2010, 5(2).

Wahjosumidjo.2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wardana.2008. Interrelasi Terintegrasi antara Kepemimpinan Transformasi dan Hasil Perilaku. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Wardoyo, D. T.W. 2015.The Influence of the Discipline and Compensation against Work Productivity (Study on the Security Services Company, PT. Garuda Milky Artha Surabaya.International Journal of Business and Management , 11 (1), 64- 71.

Wayan I Ardana dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wibowo, A., & Saptono, A. 2017. Kepemimpinan Intrapreneurship, Budaya Sekolah dan Kinerja Inovasi Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(2), 168–177. https://doi.org/10.21009/JPEB.005.2.5.

Winardi, J. 2013. Motivasi Pemotivasian. Jakarta: Rajawali Press.

Yamin, Martinis dan Maisah.2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada

Yusuf, A.M., 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Cetakan Ke 5. Jakarta. Prenadamedia Group

Zainun, Bukhori. 2007. Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2021-09-15
How to Cite
SUHRAH, S., Razak, M., & Daud, A. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TANRALILI KABUPATEN MAROS. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(4), 583-595. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1370