PENGARUH KEMAMPUAN, MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PADA KANTOR KECAMATAN POLONG BANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR
Keywords:
Ability, Motivation, Leadership, Performance, Kemampuan, Motivasi, Kepemimpinan, KinerjaAbstract
This study aims to determine and analyze the effect of ability, motivation and leadership individually (partially) on the performance of ASN in the sub-district office of Polongbangkeng Selatan, Takalar district. To analyze the influence of ability, motivation and leadership together on the performance of ASN at the Polongbangkeng Selatan Subdistrict Office, Takalar Regency. To analyze the influence of what variables most dominantly influence the performance of ASN at the Polong Bangkeng Selatan Subdistrict office, Takalar Regency. This research was conducted at the office at the PolongBangkeng Selatan subdistrict office, Takalar Regency. Sampling in this study using simple random sampling technique (random) with sampling using the Slovin formula. The analytical method used is descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis.
The results showed that the statistical F value of 64.008 with a significance value of 0.000 is less than 0.05, that simultaneously has a significant effect on employee placement, career development and motivation on employee performance in the PolongBangkeng Selatan District Office, Takalar Regency. Partially the influence of ability on employee performance obtained a significance value of 0.049 <0.05, meaning that ability has a positive effect on employee performance, motivation on employee performance at the Polong Bangkeng Selatan Subdistrict Office, Takalar Regency, obtained a significance value of 0.024 <0.05, meaning that motivation has an effect. negative on employee performance, leadership on employee performance obtained a significance value of 0.000 <0.05, meaning that leadership has a positive effect on employee performance at the Polong Bangkeng Selatan District Office, Takalar Regency, and leadership variables have a dominant effect on employee performance at the PolongBangkeng Selatan District Office, Takalar Regency .
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan, motivasi dan kepemimpinan secara sendiri-sendiri (Parsial) terhaap kinerja ASN pada kantor kecamatan polongbangkeng selatan kabupaten Takalar. Untuk menganalisis pengaruh a kemampuan, motivasi dan kepemimpinan secara bersama-sama terhadap kinerja ASN pada Kantor Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Untuk menganalisis pengaruh variabel apa yang paling dominan mempengaruhi kinerja ASN pada kantor Kecamatan Polong Bangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini dilakukan pada Pada Kantor pada kantor Kecamatan PolongBangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling (acak) dengan penarikan sampel menggunakan rumus Slovin. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian didapatkan nilai F statistik sebesar 64,008 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, bahwa secara simultan berpengaruh signifikan antara penempatan pegawai, pengembangan karir dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Polong Bangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Secara parsial Pengaruh kemampuan terhadap kinerja pegawai diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,049< 0,05, artinya kemampuan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, motivasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Polong Bangkeng Selatan Kabupaten Takalar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,024< 0,05, artinya motivasi berpengaruh negatif terhadap kinerja pegawai, kepemimpinan terhadap kinerja pegawai diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, artinya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Polong Bangkeng Selatan Kabupaten Takalar, dan variabel kepemimpinan berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan PolongBangkeng Selatan Kabupaten Takalar.
References
Arif, Djaenar, 2012. Efektifitas Organisasi Kerja. Penerbit : Rajawali Press, Jakarta.
Bastian Indra, 2012, Akuntansi Sektor Publik di Indonesia, edisi I, BPFE UGM, Yogyakarta.
Brooke, Russel, Price, 2013, “Discriminant Validation Of Measures Of Job Satisfaction, Job Involvement and Organizational Commitment”, Journal of Applied Psychology.
Byars, Lloyd L and Rue, W. Leslie, 2012, Human Resource Management, Fifth Edition, Irwin Mc. Graw-Hill, USA.
Devito, Joseph. 2012. Komunikasi Antar Manusia. Karisma Publishing Group. Tangerang.
Edi Sofiantho, 2010. Pengaruh Motivasi dan Prestasi Kerja Individu Terhadap Kepuasan Karyawan pada Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi Makassar.Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar.Tesis. Tidak Dipublikasikan.
Edy Sudiro. 2012. Analisis Pengaruh Faktor Motivasi dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Hutama Karya di kota makassar. Tesis. Program Pascasarjana Unhas. Makassar. Tidak Dipublikan.
Etzioni, Amitai, 2010, A Comparative Analysis Of Complex Organization, The Fress Press, New York.
Etzioni, Amitai, 2013. A Comparative Analysis Of Complex Organization, The Fress Press, New York.
Gaspersz, Vincent. 2012. Manajemen Kualitas, Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Gibson, Ivancevich, Donelly, 2010, “Organizational : Behavior, Structure, Processes”, Sixth Edition, Terjemahan : Djarkasih, Organisasi : Perilaku, Struktur dan Proses, Jilid I, II, Erlangga, Jakarta.
Handoko, T. H., 2012, Manajemen, BPFE-UGM, Yogyakarta.
Latif Abdul, 2012, Membangun Sumber Daya Manusia yang Mandiri dan Profesional,PT. Penakencana Nusadwipa. Jakarta.
Lovelock, Christoper H. 2013.Managing Service: Marketing, Operations and Human Resource.Prentice Hall.Englewood Cliffs. New Jersey.
Moekijat, 2014.Manajemen Sumberdaya Manusia. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Nisjar, Sadiq, 2012. Kualitas Pelayanan dan Dimensi Kualitas Kepuasan Pelanggan. Penerbit Andika Purnama, Surabaya.
Salusu, S.S., 2010. Birokrasi Administrasi. Penerbit Cahaya, Jakarta.
Sarwoto, 2013. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen.Ghalia Indonesia. Jakarta.
Setiawan, Sumartono, 2013. Birokrasi Pemerintahan. Penerbit Tarsito, Bandung.
Siagian P. Sondang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.
Sinungan Muchdarsyah, 2012, Produktivitas Apa dan Bagaimana, Edisi Kedua, Cetakan Kedua, Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.
Supriadi, Dedi. 2010. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Adicita Karya Nusa. Yogyakarta.
The Liang Gie. 2013. Administrasi Perkantoran. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Wahab, Solichin Abdul, 2010, Analisis Kebijaksanaan: dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Sinar Grafika, Jakarta.
Westra, Pariata; Satarto; dan Ibnu Syamsi, 2010.Ensiklopedia Administrasi. Gunung Agung. Jakarta.
Zethaml, Valerie A. Parasuraman A. dan Leonard L. Berry. 2010. Delivering Quality Service, Balancing Customer Perceptions and Expectations. The Free Press. New York.
Moeheriono, 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Bogor ; Ghalia Indonesia