PENGARUH KEMAMPUAN PROFESIONALISME, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS XI WILAYAH I KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PAREPARE
Keywords:
Emotional Intelligence, Teacher Performance, Compensation, Professionalism, Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru, Kompensasi, ProfesionalismeAbstract
This study aims to (1) identify and analyze the effect of professionalism has a positive effect on the performance of elementary school teachers in cluster XI region I, West Bacukiki District, Parepare City (2) identify and analyze the effect of emotional intelligence on the performance of elementary school teachers in cluster XI region I district. West Bacukiki, Parepare City (3) knows and analyzes the effect of compensation affects the performance of elementary school teachers in cluster XI region I, West Bacukiki District, Parepare City (4) knows and analyzes professionalism, emotional intelligence, compensation has a simultaneous effect on the performance of elementary school teachers in the cluster. XI region I, West Bacukiki District, Parepare City (5) knows and analyzes which variable between professionalism, emotional intelligence and compensation is the most dominant on the performance of elementary school teachers in cluster XI region I, West Bacukiki District, Parepare City.
This study was conducted in elementary schools in cluster XI region I, West Bacukiki District, Parepare City with a sample of 40 people spread over the 4 elementary schools. The research data collection technique used a questionnaire instrument in the form of statements and questions using a Likert scale. Data collection techniques are carried out by giving a set of questions or written statements to respondents to answer.
The results of this study are (1) Professionalism has a positive and significant effect on the performance of elementary school teachers in cluster XI region I, West Bacukiki District, Parepare City (2) Emotional intelligence has a positive and significant effect on the performance of elementary school teachers in cluster XI region I, West Bacukiki District. Kota Parepare (3) Compensation has a positive and significant effect on the performance of elementary school teachers in cluster XI region I, West Bacukiki District, Parepare City (4) Professionalism, emotional intelligence and compensation have a simultaneous effect on teacher performance in elementary schools in cluster XI region 1, West Bacukiki sub-district Kota Parepare (5) Compensation is the most dominant variable on the performance of elementary school teachers in cluster XI region I, West Bacukiki District, Parepare City.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profesionalisme berpengaruh positif terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi berpengaruh terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare (4) Untuk mengetahui dan menganalisis profesionalisme, kecerdasan emosional, kompensasi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare (5) Untuk mengetahui dan mengalisis variable manakah diantara profesionalisme, kecerdasan emosional dan kompensasi yang paling dominan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare dengan sampel sebanyak 40 orang yang tersebar pada 4 buah sekolah dasar tersebut. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen kuesioner dalam bentuk pernyataan dan pertanyaan dengan memakai skala Likert. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare (2) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. (3) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare (4) Profesionalisme, Kecerdasan emosional dan kompensasi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru pada SD di gugus XI wilayah 1 kecamatan bacukiki barat kota Parepare (5) Kompensasi merupakan variable yang paling dominan terhadap Kinerja guru Sekolah Dasar di gugus XI wilayah I Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare.
References
Akadum. 2019. Potret Guru Memasuki Milenium Ketiga. Suara Pembaharuan. (Online).(http://www.suarapembaharuan.com/News/1999/01/220199/OpEd) diakses 7 Juni 2012).
Aksara Indriyo Gitosudarmo. 2010. Prinsip Dasar Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.
Balai Pustaka. 2017. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Balai Pustaka
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2007. Pedoman Penilaian Kinerja Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Ditjen PMPTK. 2008. Kepala Sekolah di Indonesia todak Kompeten (http://pendidikan.kompas.com/read/2008/08/11/1654270/direktori.html) di akses 8 juni 2012.
Djamarah, Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Cet. III;
Jakarta: PT. Rineka Cipta
Endang Kusmiati. 2010. Hubungan Keterampilan Manajer Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Suko Manunggal Kota Surabaya.Tesis.PPs UNY.
E. Mulyasa. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remana Handoko, T. Hani. 1995. Manajemen. Yogyakarta: BPFE
Hadari Nawawi. 2016. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Hartati Sukirman, dkk. 2007. Administrasi dan Supervisi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Hasibuan, Malayu S. P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Husaini Usman. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rodyakarya.
Kemendiknas. 2011. Buku Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidik
Lamatenggo. 2011. Kinerja Guru: Korelasi antara Persepsi Guru terhadap Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gorontalo. Tesis.Universitas Negeri Jakarta.
Lies Ariana. 2014. Pengaruh kecerdasan emsosional guru dan efektivitas supervise kunjungan kelas kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI SD Negeri Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islama Negeri Surakarta.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2015. Evaluasi Kinerja Sekolah Dasar. Jakarta : Refika Aditama.
Martinis Yamin. 2018. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.
Martoyo. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan.Yogyakarta: BPFE.
M. Shiddiq Al- Jawi. 2016. Pendidikan di Indonesia Masalah dan Solusinya. http://khilafah1924.org. Diakses pada tanggal 30 Januari 2012.
Muhaimin. 2011. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta
Ngalim Purwanto. 2013. Administrasi dan Supervisi Pendidikan.Bandung: Remaja
Namsa, M. Yunus. 2006. Kiprah Baru Profesi Guru Indonsia Wawasan Metodologi PengajaranAgama Islam, Cet. 1. Jakarta: Pustaka Mapan
Nanda Iswahyudi. 2018. Faktor-faktor kecerdasaran emosional yang memengaruhi kinerja guru SD Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan Volume 1, Nomor 2, September 2018; p-ISSN: 2620-6277,e-ISSN: 2620-6285
Nurkolis. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Permendiknas No 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta: Balai Pustaka
Purwanto. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosdakarya. 2014. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosekolah dasar Karya.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru Cet. III. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Sagala, Syaiful. 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Cet.IV. Bandung: Alfabeta
Saifuddin Azwar. 2006. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Shofi Shofuroh, Bambang S. Arifin & Irfan Fahmi. 2012. Hubungan antara kecerdasan emosi dengan kinerja guru MTs Attaqwa Kota Tangerang. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi 2012, Vol. V, No.1: 500 – 510
Siagian. 2012. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Singgih Santoso. 2012. Mengolah Data Statistik Secara Profesional.Jakarta: Elex Media Komputindo.
Siswanto. 2015. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Soebagio Atmodiwirio. 2012. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Ardadizya Jaya
Sudarwan Danim. 2014. Motivasi, Kepemimpinan, dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2016. Guru Fowerful: Guru Masa Depan. Cet. I. Bandung: Kalbu
Susanto. 2018. Implementasi MPMBS di Sekolah Dasar Trucuk Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul.Tesis.PPs-UNY
Suyadi Prawirosentono. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan.Yogyakarta: BPFE.
Sriyanti. 2014. Hubungan antara motivasi kerja dan kecerdasan emosi dengan kinerja guru MI di Kecamatan Jaten Kabuoaten Karanganyar. Tesis. Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Tiara Anggia Dewi. 2015. Pengaruh profesionalisme guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekomoni SMA se Kota Malang. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro ISSN: 2442-9449 Vol.3.No.1 (2015) 24-35
Tulus Winarsunu. 2012. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.
Udin, Syaefudin Saud. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Cet.VI. Bandung: Alfabeta. Usman, Uzer. 1990. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Karya
Yamin, Martinis, 2017. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Cet. 2. Jakarta: Gaung Persada Press
Wahjosumidjo. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.