PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DISIPLIN KERJA DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Ince Abdul Fattah ITB Nobel Indonesia
  • Badaruddin Badaruddin ITB Nobel Indonesia
  • Haeranah Alwany ITB Nobel Indonesia

Keywords:

Service Quality, Work Discipline And Work Facilities, Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja

Abstract

This study aims to: 1) identify and analyze the effect of service quality, work discipline and work facilities partially on employee performance; 2) know and analyze the effect of service quality, work discipline and work facilities simultaneously on employee performance; 3) identify and analyze which variables most dominantly affect employee performance.

This research approach uses quantitative research. The research was conducted at the Pangkajene District Office, Kepulauan Regency. When the research was conducted from January to February 2021. The study population was all employees of the Pangkajene Subdistrict Office, Kepulauan Regency, amounting to 60 people. The sample selection in this study was carried out using a saturated sampling method (census) by determining all populations as a total sample of 60 employees.

The results of this study indicate that: 1) there is an effect of service quality, work discipline and work facilities partially on employee performance; 2) there is an effect of service quality, work discipline and work facilities simultaneously on employee performance; 3) work facilities are the most dominant variable affecting employee performance.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, disiplin kerja dan fasilitas kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai; 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, disiplin kerja dan fasilitas kerja secara simultan terhadap kinerja pegawai; 3) mengetahui dan menganalisis variabel apakah yang paling dominan mempengaruhi kinerja pegawai.

Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di Kantor Kecamatan Pangkajene Kabupaten Kepulauan. Waktu penelitian telah dilakukan mulai bulan Januari-Februari 2021. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai  Kantor Kecamatan Pangkajene Kabupaten Kepulauan yang berjumlah 60 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh (sensus) yakni dengan menentukan semua populasi sebagai sampel total sebanyak 60 orang pegawai.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kualitas pelayanan, disiplin kerja dan fasilitas kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai; 2) terdapat pengaruh kualitas pelayanan, disiplin kerja dan fasilitas kerja secara simultan terhadap kinerja pegawai; 3) fasilitas kerja merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja pegawai.

References

Apri, Dahlius. 2016. Pengaruh Fasilitas Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Bank Riaukepri Cabang Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam JOM FISIP, Volume 3, No. 2 Hal 1-13 Riau: Universitas Riau.

Echdar, Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia

Nelizulfa, Aulia. 2018. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Taufiqurokhman, dan Satispi. 2018. Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. UMJ Press.

William. 2019. Pengaruh Kemmapuan dan Fasilitas Kerja terhadap Kinerja ASN pada Biro Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Setda Papua. Jurnal Human Resource Management, Vol. 1, No.1, Hal: 25-33.

Downloads

Published

2022-01-11

How to Cite

Fattah, I. A., Badaruddin, B., & Alwany, H. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DISIPLIN KERJA DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(6), 917–924. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1555