ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN BATULAPPA KABUPATEN PINRANG
Keywords:
Apparatur Capability, Service Procedures, Infrastructure Facilities And Effectiveness Of Public Services, Kemampuan Aparat, Prosedur Pelayanan, Sarana Prasarana Dan Efektivitas Pelayanan PublikAbstract
This study aims to determine and analyze (1) the effect of Public Service Effectiveness Factors, namely Apparatus Ability, Service Procedures, and Infrastructure simultaneously and partially (2) the most dominant variable affecting the Batulappa District Government of Pinrang Regency. This study was conducted at the Batulappa District Government of Pinrang Regency. The research period is February to March 2021.
Starting from the problems and research objectives to be achieved, this type of research is a combination of qualitative and quantitative, because this study uses a survey method with a population correlational analysis technique. In the survey research covered almost all employees in the Batulappa District Government ranks totaling 52 people. Sampling of this study was conducted using a saturated sampling technique (census), so that the sample used in this study were 52 employees in the Batulappa District Government. The data analysis used was multiple linear regression analysis (Multiple Regression Analysis).
The results show that (1) Apparatus Ability, Service Procedures and Infrastructure have an effect Partially and simultaneously (2) service procedure is the most dominant variable affects the Effectiveness of Public Services in Batulappa District Government, Pinrang Regency.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa (1) pengaruh Faktor-faktor Efektivitas Pelayanan Publik yaitu Kemampuan Aparat, Prosedur Pelayanan, dan Sarana Prasarana secara simultan dan parsial (2) variabel yang paling dominan berpengaruh pada Pemerintahan Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini dilaksanakan pada Pemerintahan Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Waktu penelitian bulan Februari sampai dengan Maret 2021.
Bertolak dari permasalahan dan tujuan penelitian yang ingin dicapai, jenis penelitian adalah gabungan kualitatif dan kuantitatif, karena penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis korelasional Populasi. Dalam penelitian survei meliputi hampir seluruh pegawai dalam Jajaran Pemerintahan Kecamatan Batulappa berjumlah 52 orang. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 orang pegawai pada Pemerintahan Kecamatan Batulappa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda (Multiple Regression Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan Aparat, Prosedur Pelayanan dan Sarana Prasarana secara parsial dan simultan (2) prosedur pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap Efektivitas Pelayanan Publik pada Pemerintahan Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang.
References
Alfian (2013), Pengantar Teori Organisasi, Jakarta Bali Pustaka
Assauri, Sofyan, (2014), Menejemen Produksi Atmosudirjo, Yogyakarta, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada
Batinggi, H.A. (2011), Pelayanan Umum, Ujung Pandang, UNHAS
Catheryne Devrye, (2011), Good service, Good Business, Jakarta, Gramadia
Dessler Gary, (2011), Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT Prenhallindo
Endang Lestari Gurnitowati, (2013), Prinsip-Prinsip Pelayanan Prima, Jakarta, Haji Masangung
Handoko, Hani (2014), Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Balai Pustaka
Hasibuan, Malayu, S.P, (2011), Pengantar Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Haji Masagung
Hochberg, (2002) Delivering Quality Service: Customer Perceptions and Expectation, The Free Press, New york.
Ibrahim, Buddy, (2011), Total Quality Manajeman, Jakarta, Balai Pustaka
Indriyo Gitosudarmo, (2014), Perilaku Keorganisasian, Yogyakarta, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadja Mada
Lembaga Administrasi Negara, (2011) Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta. LAN RI
Manullang, (2014), Administarasi Kepegawaian, Jakarta, Haji Masagung
Moenir, (2014), Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta, Haji Masagung
Mitrani, Alain, (2013), manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Kompetensi, Jakarta, Balai Pustaka
Musanef, (2014), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta, Balai Pustaka
Nyoman I. Sudita, (2011), Teori Organisasi Manajemen, Jakarta, Pustaka Jaya