ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN BATULAPPA KABUPATEN PINRANG

Authors

  • Muhammad Syukur ITB Nobel Indonesia
  • Mashur Razak STIMIK HANDAYANI MAKASSAR
  • Mukhtar Hamzah ITB Nobel Indonesia

Keywords:

Apparatur Capability, Service Procedures, Infrastructure Facilities And Effectiveness Of Public Services, Kemampuan Aparat, Prosedur Pelayanan, Sarana Prasarana Dan Efektivitas Pelayanan Publik

Abstract

This study aims to determine and analyze (1) the effect of Public Service Effectiveness Factors, namely Apparatus Ability, Service Procedures, and Infrastructure simultaneously and partially (2) the most dominant variable affecting the Batulappa District Government of Pinrang Regency. This study was conducted at the Batulappa District Government of Pinrang Regency. The research period is February to March 2021.

Starting from the problems and research objectives to be achieved, this type of research is a combination of qualitative and quantitative, because this study uses a survey method with a population correlational analysis technique. In the survey research covered almost all employees in the Batulappa District Government ranks totaling 52 people. Sampling of this study was conducted using a saturated sampling technique (census), so that the sample used in this study were 52 employees in the Batulappa District Government. The data analysis used was multiple linear regression analysis (Multiple Regression Analysis).

The results show that (1) Apparatus Ability, Service Procedures and Infrastructure have an effect Partially and simultaneously (2) service procedure is the most dominant variable affects the Effectiveness of Public Services in Batulappa District Government, Pinrang Regency.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa (1) pengaruh Faktor-faktor Efektivitas Pelayanan Publik yaitu Kemampuan Aparat, Prosedur Pelayanan, dan Sarana Prasarana secara simultan dan parsial (2) variabel yang paling dominan berpengaruh pada Pemerintahan Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini dilaksanakan pada Pemerintahan Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Waktu penelitian bulan Februari sampai dengan Maret 2021.

Bertolak dari permasalahan dan tujuan penelitian yang ingin dicapai, jenis penelitian adalah gabungan kualitatif dan kuantitatif, karena penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis korelasional Populasi. Dalam penelitian survei meliputi hampir seluruh pegawai dalam Jajaran Pemerintahan Kecamatan Batulappa berjumlah 52 orang. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 orang pegawai pada Pemerintahan Kecamatan Batulappa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda (Multiple Regression Analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan Aparat, Prosedur Pelayanan dan Sarana Prasarana secara parsial dan simultan (2) prosedur pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap Efektivitas Pelayanan Publik pada Pemerintahan Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang.

References

Alfian (2013), Pengantar Teori Organisasi, Jakarta Bali Pustaka

Assauri, Sofyan, (2014), Menejemen Produksi Atmosudirjo, Yogyakarta, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada

Batinggi, H.A. (2011), Pelayanan Umum, Ujung Pandang, UNHAS

Catheryne Devrye, (2011), Good service, Good Business, Jakarta, Gramadia

Dessler Gary, (2011), Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT Prenhallindo

Endang Lestari Gurnitowati, (2013), Prinsip-Prinsip Pelayanan Prima, Jakarta, Haji Masangung

Handoko, Hani (2014), Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Balai Pustaka

Hasibuan, Malayu, S.P, (2011), Pengantar Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Haji Masagung

Hochberg, (2002) Delivering Quality Service: Customer Perceptions and Expectation, The Free Press, New york.

Ibrahim, Buddy, (2011), Total Quality Manajeman, Jakarta, Balai Pustaka

Indriyo Gitosudarmo, (2014), Perilaku Keorganisasian, Yogyakarta, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadja Mada

Lembaga Administrasi Negara, (2011) Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta. LAN RI

Manullang, (2014), Administarasi Kepegawaian, Jakarta, Haji Masagung

Moenir, (2014), Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta, Haji Masagung

Mitrani, Alain, (2013), manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Kompetensi, Jakarta, Balai Pustaka

Musanef, (2014), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta, Balai Pustaka

Nyoman I. Sudita, (2011), Teori Organisasi Manajemen, Jakarta, Pustaka Jaya

Downloads

Published

2022-01-11

How to Cite

Syukur, M., Razak, M., & Hamzah, M. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN BATULAPPA KABUPATEN PINRANG. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(6), 958–969. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1584