PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL, AKTIVITAS BELAJAR, MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • A. Sukawati P TK Negeri 3 Bontomanai
  • Mashur Razak ITB Nobel Indonesia
  • Andi Ririn Oktaviani ITB Nobel Indonesia

Keywords:

Kompetensi Profesional, Aktivitas Belajar, Media Pembelajaran, Kualitas Proses Pembelajaran., Profesional Competence, Learning Activities, Learning Media, Quality of Learning Process.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi profesional, aktivitas belajar dan media pembelajaran terhadap kualitas proses pembelajaran Taman Kanak-Kanak di Gugus 1 Wilayah 2 Kabupaten Kepulauan Selayar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2021 terhadap guru-guru Taman Kanak-kanak di Gugus 1 Wilayah 2 Kabupaten Kepulauan Selayar dengan jumlah populasi sekaligus sampel sebanyak 46 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional, aktivitas belajar, dan media pembelajaran secara parsial terhadap kualitas proses pembelajaran Taman Kanak-kanak di Gugus 1 Wilayah 2 Kabupaten Kepulauan Selayar, dengan thitung 3,193 (X1), 2,916 (X2), 2,503 (X3) > ttabel  2,018. Tolak H0, Terima H1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional, aktivitas belajar, dan media pembelajaran secara simultan terhadap kualitas proses pembelajaran Taman Kanak-kanak di Gugus 1 Wilayah 2 Kabupaten Kepulauan Selayar, dimana Fhitung = 9,502> Ftabel = 2,83. Tolak H0, Terima H1. Variabel kompetensi profesional yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas proses pembelajaran dilihat dari nilai determinasi yang paling besar yaitu 0,269.

 

This study aims to determine and analyze the effect of profesional  competence, learning activities and learning media on the quality of the Kindergarten learning process in Cluster 1 Region 2, Selayar Islands Regency. The method used in this research is quantitative research methods with descriptive research type. This research was conducted from April to May 2021 with Kindergarten teachers in Cluster 1 Region 2, Selayar Islands Regency, with a total population as well as a sample of 46 people. The results showed that: There was a positive and significant effect of profesional  competence, learning activities, and learning media partially on the quality of the Kindergarten learning process in Cluster 1 Region 2, Selayar Islands Regency, with tcount 3,193(X1), 2,916(X2), 2,503(X3)>ttable 2,018. Reject H0, Accept H1. There is a positive and significant influence of profesional  competence, learning activities, and learning media simultaneously on the quality of the Kindergarten learning process in Cluster 1 Region 2, Selayar Islands Regency, where Fcount = 9,502>Ftable = 2.83. Reject H0, Accept H1. The most dominant variable of profesional  competence has an effect on the quality of the kindergarten learning process seen from the value of determination, which is 0.269.

References

Amri, Sofyan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
A.M, Sardiman 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo
Arsyad,Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Chang, Kim, 2014. College Students Perception Toward Instructional Media for Enhancing Their Learning Improven. International Information Institute Tokyo; pg. 3105
Daryanto, 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, Cet. 1.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Handika, KD 2017. Pentingnya media dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di sekolah dasar. https://www.researchgate.net/publication/315111340_PENTINGNYA_MEDIA_DALAM_MENINGKATKAN_KUALITAS_PEMBELAJARAN_SISWA_DI_SEKOLAH_DASAR (diakses pada 28 Mei 2021)
Haryati, Titik dan Noor Rochman. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Civis. Vol. 2, No.2. Tahun 2012
Imam Wahyudi. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Indriana, Dina.2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA. Press. Lenterahati
Kompri. 2017. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.
Mahnun.Nunu.2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langka Pemilihan Media dan Implementasinya dalamPembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1: 27.
Musfah. Jejen, 2015. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group
Notoatmodjo . 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Permendikbud RI nomor 16 tahun 2007 tentang kualifikasi akademik dan kompetensi guru.
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prasetyo, Hendrawan. 2013. Pengaruh Tingkat Kepuasan Siswa Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktek Dan Teori Pada Mata Diklat Body And Painting Di Smk Piri 1 Yogyakarta Tahun 2011/2012 Journal .http://eprints.uny.ac.id/10040/ diakses pada 22 April 2021.
Priansa, Donni Juni, 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran :Mengembangkan Profesionalisme Guru,. Bandung : CV. Alfabeta.
Sagala, S, 2013. KemampuanProfesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, cv.
Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Silberman, Melvin L. 2012. Active Learning 101 cara belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprihatiningsih. 2016. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program. Keterampilan. Yogyakarta: Deepublish.
Tagala, M. 2018. Psikologi Industri dan Organisasi. Depok: Rajawali Pers.
Trianto, 2011. Model PembelajaranTerpaduKonsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.
Undang-UndangNomor 14 tahun 2005, tentang Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, Hamzah. B, 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wahyudi, I, 2012. Pengembangan Pendidikan, Strategi Inovatif & Kreatif Dalam Mengelola Pendidikan Secara Konprehensif. Jakarta: PT. Prestasi.
Wibowo. 2013. Manajemen kinerja. Edisi ketiga. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

P, A. S., Razak, M., & Oktaviani, A. R. (2022). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL, AKTIVITAS BELAJAR, MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 3(1), 119–131. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1724