PENGARUH PROFESIONALISME, TRANSPARANSI DAN KREDIBILITAS PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KOTA PAREPARE

Authors

  • asia amin ITB Nobel Indonesia
  • Ahmad Firman ITB Nobel Indonesia
  • Badaruddin Badaruddin ITB Nobel Indonesia

Keywords:

Professionalism, Transparency, Credibility, Satisfaction, Profesionalisme, Transparansi, Kredibilitas, Kepuasan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara Profesionalisme, Transparansi dan Kredibilitas terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Parepare.

Pendekatan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, denan menggunakan data primer dan data sekunder yangdihasilkan dari penyebaran kuisioner, observasi lapangan dan studi kepustakaan. Alat analisis yang digunakan adalah analisa statistika yaitu analisa regresi linier berganda dengan pembuktian hipotesis melalui uji-T untuk membuktikan pengaruh antara Profesionalisme, transparansi dan kredibilitas terhadap kepuasan masyarakat secara parsial dan uji-F untuk membuktikan pengaruh antara Profesionalisme, transparansi dan kredibilitas terhadap kepuasan masyarakat secara simultan.Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSSversi 25.

Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 112 responden dari 154 populasi yang merupakan masyarakat yang pernah melakukan penyelesaian sengketa pada BPSK Kota Parepare.

Penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Profesionalisme, Transparansi dan Kredibilitas secara sendiri- sendiri (parsial) terhadap kepuasan Masyarakat pada BPSK Kota Parepare. Penelitian ini juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Profesionalisme Transparansi dan Kredibilitas secara bersama- sama (simultan) terhadap Kepuasan Masyarakat pada BPSK Kota Parepare Penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel Profesionalisme merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi Kepuasan Masyarakat pada BPSK Kota Parepare.

 

This study aims to analyze whether there is an influence between Professionalism, Transparency, and Credibility on Public Satisfaction at the Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) of Parepare City.

The research approach used in this study is a quantitative approach, using primary data and secondary data generated from the distribution of questionnaires, field observations and literature studies. The analytical tool used is statistical analysis, namely multiple linear regression analysis by proving the hypothesis through T-test to prove the effect of professionalism, transparency and credibility on public satisfaction partially and F-test to prove the effect of professionalism, transparency and credibility on community satisfaction simultaneously. Data analysis was performed with the help SPSS versi 25.

The study was conducted by taking a sample of 112 respondents of 154 population is a society that never dispute the BPSK Parepare.

This study proves there was a positive and significant correlation between variables Professionalism, Transparency and Credibility in own (partial) on community satisfaction at BPSK Parepare City. This study also proves that there was a positive and significant influence between the variables of Professionalism, Transparency and Credibility simultaneously on Community Satisfaction at BPSK Parepare City.

References

Agung Saputra Tamrin (2017) Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada kantor PT Taspen Cabang Manado. Jurnal Administrasi PublikVol 3 No 046. 2017
Astri Dwi.S, Sri Indarti, Novliza Eka Patrisia (2020) Penerapan Responsibilitas dan Transparansi Layanan Publik Jurnal Profesional FIS INIVED Vol 7 No 1 Juni 2020
Baiq Nurrizkiana, Lilik Handayani, Erni Widiastuty (2017) Determinan Transparansi dan akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Implikasinya Terhadap Kepercayaan Publik. Journal Of Accounting and Investment Vol 18 No 1 Januari 2017
Budi Rajab (2002), Profesionalisme Dalam Peralihan Peradaban. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama
Bambang Irawan, Sonny Subroto, Maheri Laksono (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Publik dan Profesionalisme dan Kinerja Pegawai Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan masyarakat. Revitalisasi : Jurnal Ilmu Manajeen Vol 8 Nomor 1 Juni 2019
Chul Woo Moon (2011) The Influence of Credibility on Satisfaction With Supllier Performance in The International Organizational Relationship. International Business & Economic Research Journal – Septeber 2011 Vol 10 Number 9
Edison Panjaitan (2015) Manajemen Pengelolaan Organisasi Publk. Bahan Ajar Program Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jakarta
Hair, Joseph F. Jr. et al. 2010, Multivariate Data Analysis 7th Edition. Pearson
Education Limited. Harlow. England
Hari Sabarno, Memandu Otonomi Daerah Menjaga Kesatuan Bangsa, Sinar
Grafika, Jakarta, 2008
Hendrayanti. (2017) Manajamen Sumber Daya Manusia. Buku Ajar Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45 Bekasi.
Iwan Hermansyah, Rani Rahman, Maman Suherman (2018) Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Kualitas Layanan Publik. Jurnal Akuntansi Vol 13 No 1 Januari – Juni 2018
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedomana Umum Penyelenggaraan Layanan Publik. Perundang-undangan Republik Indonesia
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Pedomana Umum Penyelenggaraan Layanan Publik. Perundang-undangan Republik Indonesia
Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Jakarta. STIE YKPN.
Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung.
Peraturan Menteri Dalam Negeri No 13 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pegelolaan Keuangan Daerah.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun Tahun 2017 Tentag Pedomana Penyususnan Survey Kepuasan Masyarakat
Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya
Sedarmayanti, 2010, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja , cetakan
kedua, penerbit: Mandar Maju. Bandung.
Siagian. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Tehubijuluw Zacharias (2020) Profesionalisme Responsivitas dan Kredibilitas Pegawai Kecamatan Terhadap Kepuasan masyarakat Fenafafan Kabupaten Buru Selatan. E-Jurnal Universiyas Kristen Indonesia Maluku Vol 3 N0 2 2020
Ulani Yunus, (2017) Pengelolaan Administrasi Perkantoran. Interstudy. Jakarta
Undang-UndangNomor 43 Tahun 1999 Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor8 Tahun 1974 Tetantang Pokok-pokok Kepegawaian.
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih Dari Kolusi Korupsi dan Nepotisme.
Yunus Winoto, (2015). Penerapan Teori Kredibilitas Sumber (Source of
Credibity) Dalam Penelitian-penelitian. 5 no 2(2), 1–14. Retrieved from
https://doi.org/P-ISSN : 2089-6549 E-ISSN : 2582-2182

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

amin, asia, Firman, A., & Badaruddin, B. (2022). PENGARUH PROFESIONALISME, TRANSPARANSI DAN KREDIBILITAS PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KOTA PAREPARE. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 3(2), 296–310. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/2770