PENGARUH PERENCANAAN, PENGAWASAN DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SOREANG KOTA PAREPARE
Keywords:
Planning, Supervision, Organizational Communication, Work Effectiveness Employees, Perencanaan, Pengawasan, Komunikasi Organisasi, Efektivitas Kerja PegawaiAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survei. Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Perencanaan, Pengawasan Dan Komunikasi Organisasi Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Soreang Kota Parepare
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini pegawai Kecamatan Soreang Kota Parepare yang berjumlah 40 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Analisa data menggunakan uji regresi berganda.
Hasil Uji t menunjukkan bahwa perencanaan dan pengawasan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai, sedangkan komunikasi organisasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan efektivitas kerja pegawai . Selain itu, hasil uji f menunjukkan bahwa perencanaan, pengawasan dan komunikasi organisasi secara simultan berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai.
This research is a quantitative research using a survey research design. The purpose of the study was to examine and analyze the influence of planning, supervision and organizational communication on Work Effectiveness Employees at the Soreang District Office, Parepare City.
The population used in this study was the population in this study, employees of the Soreang District, Parepare City, amounting to 40 people. Determination of the sample is done by using the total sampling technique. Data analysis using multiple regression test.
Results of the t- test indicate that planning and supervision partially have a significant effect on Work Effectiveness Employees, while organizational communication partially has no significant effect on Work Effectiveness Employees. In addition, the results of the F- test indicate that planning, monitoring and organizational communication simultaneously affect on Work Effectiveness Employees.
References
Daulay, R., Pasaribu, H. K., Putri, L. P., & Astuti, R, 2017. Manajemen. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan AQLI.
Effendi, 2014. Asas Manajemen, cetakan Ke II. Jakarta: Rajawali Pers
Fahmi, 2016. Manajemen, Teori, Kasus dan Solusi. Alfabetha: Bandung.
Ghozali, 2011. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Empat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gibson. 1994. Organisasi Dan Manejemen: Perilaku Struktur Proses, Erlangga, Jakarta
Handoko, 2014. Manajemen Personalia & Sumber daya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Ivancevich, John M., Robert Konopaske, Michael T. Matteson. 2007. Organizational Behavior and Management, Seventh Edition. Diterjemahkan oleh Gina Gania. Jakarta : Erlangga.
Moekijat, 2016. Perencanaan Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.
Mulyana, 2013. Komunikasi Organisasi, Bandung: PT Remaja
Nurlaila, 2017. Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur
Sedarmayanti, 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja, Cetakan Kesatu. Bandung: PT. Refika Aditama
Sugiartik, 2014. Peranan Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan PT. Saicle Jasa Consultant Samarinda. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.
Sugiyono, 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta