PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, PERENCANAAN, DAN KETERSEDIAAN ANGGARAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN DINAS PERDAGANGAN KOTA PAREPARE
Keywords:
Organizational Commitment, Planning, Budget Availability, PerformanceAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi, perencanaan dan ketersediaan anggaran terhadap peningkatan kinerja pelayanan Dinas Perdagangan Kota Parepare. Tulisan ini merupakan sebuah studi pustaka dengan desain penelitian yang digunakan ialah asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 45 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh, alat pengumpulan data menggunakan kuisioner, analisa data menggunakan uji regresi linear berganda.
Hasil analisis penelitian ini menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa variable komitmen organisasi mempunyai nilai koefisien korelasi sebesar 0,052 atau sebesar 0,52% dengan nilai t-hitung < t-tabel, ini berarti komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan. Variabel perencanaan mempunyai nilai koefisien korelasi sebesar 0,381 atau sebesar 38,1% dengan nilai t-hitung > t-tabel, ini berarti perencanaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan. Variabel ketersediaan anggaran mempunyai nilai koefisien korelasi sebesar 0,314 atau sebesar 31,4% dengan nilai t-hitung < t tabel, ini berarti ketersediaan anggaran tidak berpengaruh terhadap kinerja pelayanan. Variabel komitmen organisasi, perencanaan dan ketersediaan anggaran mempunyai nilai F hitung sebesar 9.402 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil daripada α sebesar 0,05, ini berarti komitmen organisasi, perencanaan dan ketersediaan anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelayanan.
Kesimpulan secara parsial variabel yang mempunyai pengaruh terhadapa kinerja pelayanan hanya variabel perencanaan, sedangkan variabel komitmen organisasi dan ketersediaan anggaran tidak berpengaruh terhadap kinerja pelayanan. Secara simultan ketiga variabel diatas mempunyai pengaruh terhadap kinerja pelayanan. Saran pada penelitian ini Dinas Perdagangan Kota Pare-Pare sebaiknya lebih meningkatkan komitmen organisasi dan ketersediaan anggaran para pegawainya, salah satu caranya adalah dengan memberikan semangat kerja yang lebih, seperti pemberian bonus untuk pegawai yang mampu menunjukkan kinerja terbaiknya dan yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik, dan menyediakan anggaran yang sesuai dengan program yang akan dijalankan.
The purpose of this study was to analyze the effect of organizational commitment, planning, and budget availability on improving the service performance of the Parepare City Trade Office. This research is a literature study with the research design used a causal associative using a quantitative approach. The number of samples as many as 45 respondents with the sampling technique is saturated sampling, data collection tools using questionnaires, and data analysis using multiple linear regression analysis.
The results of this research analysis using multiple linear regression indicate that the organizational commitment variable has a correlation coefficient value of 0.052 or 0.52% with a t-count < t-table, this means that organizational commitment has no significant effect on service performance. The planning variable has a correlation coefficient of 0.381 or 38.1% with a t-count
> t-table, this means that planning has a significant effect on service performance. The budget availability variable has a correlation coefficient value of 0.314 or 31.4% with a t-count value < t table, this means that budget availability has no effect on service performance. The variable organizational commitment, planning and budget availability have a calculated F value of 9.402 with a significance of 0.000 which is smaller than of 0.05, this means that organizational commitment, planning, and budget availability have a positive and significant effect on service performance.
The conclusion is that partially the variables that have an influence on service performance are planning variables only, while organizational commitment variables and budget availability have no effect on service performance. Simultaneously the three variables above have an influence on service performance. Suggestions in this study are the Pare-Pare City Trade Office should further increase organizational commitment and the availability of budgets for its employees, one way is to provide more morale, such as giving benefit to employees who are able to show their best performance and who are able to complete tasks well, and provide a budget in accordance with the program to be running on.
References
Amiruddin, I & Konadi, W. 2012. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Ketersediaan Anggaran Terhadap Kinerja Pelayanan Aparatur SKPD Dan Implikasinya Pada Kualitas Pelayanan Publik Di Provinsi Aceh. Jurnal Kebangsaan, Vol.1 No.1
Augusty, F. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen.
Anwar, S. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Bahrul, K. 2015. Mengukur Kinerja Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen, Pustaka Reka Cipta, Bandung, hlm 3
Bakara F.S. 2000. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Pembangunan Pemda DKI Jakarta. Tesis. Universitas Indonesia.
Carlos. J, dkk. 2013. The role of corporate culture, market orientation and organization commitment in organizational performance. Vol.33. no. 4 DOI 10.1108/JMD-03-2013-0036
Cho, Y. J., & Lee, J. W. 2012. Performance Management and Trust in Supervisors. Review of Public Personnel Administration. http://doi.org/10.1177/0734371 X11421496
Colquitt, J. A., Lapine, J. A., & Wesson M.J., 2015. Organizational Behavior Improving Performance and Commitment In the Workplace 4th. USA: Mc Graw Hill Education
Fuad, M. 2014. Survei Diagnosis Organisasional. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Garrison, Noreen, and Brewer, 2007. Managerial Accounting, Akuntansi Manajerial, edisi 11, diterjemahankan oleh Nuri Hinduan dan Edwart tanujaya, penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, I. 2014. Manajemen Operasi. Yogyakarta. BPFEYogyakarta
Greenberg, J. 2011. Behavior in Organization 10th. Prentice Hall: Pearson Education.
Hadian, 2017. The Relationship Organizational Culture and Organizational Commitment on Public Service Quality; Perspective Local Government in Bandung, Indonesia.
Hakim, A. 2015. Effect of Organizational Culture, Organizational Commitment to Performance: Study In Hospital Of District South Konawe Of Southeast Sulawesi. Vol. 4. ISSN (e): 2319 – 1813 ISSN (p): 2319 – 1805
Handoko, T. H. 2016. Manajemen. Yogyakarta : BPFE UGM Yogyakarta.
Kaswan. 2015. Sikap Kerja. Bandung : Alfabeta
Lovelock, C dan Wirtz, J. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif Edisi 7. Penerbit erlangga. Jakarta.
Manullang. 2016. Dasar-dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press. PO BOX 14. Bulaksumur. Yogyakarta.
Mangkunegara A.P. 2009. Evaluasi Kinerja Sumberdaya Manusia. Refika Aditama. Bandung.
Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Moenir. 2006 Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Nafarin, M. 2012. Penganggaran Perusahaan. Edisi Ketiga. Jakarta:Salemba Empat
Naveed. A, Nadee. I, Naqvi J.K, and Hamad. 2014. Impact of Organizational Commitment and Employee Performance on the Employee Satisfaction. Internatiional Journal of Learning, Teaching and Educational Research. Vol. 1. No. 1, January 2014, pp. 84-92
Pardiman, dkk. 2017. The Mediating Role of Social Capital in Islamic Work Ethic, Organizational Commitment, and Lecturer’s Performance. Vol. 7. Issue. 5. ISSN: 2146-4405
Prawirosuntono, S. kebijakan kinerja pegawai , BPFE, Yogyakarta, 2008
Sri Gustina, P dan Fatmawati. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pertanahan Nasional Kota Medan. Vol. 2. No. 3. ISSN: 2339-0506
Tolentino, R.G. 2015. Organzational Commitment and Job Performance of The Academic and Administrative Personel. International Journal of Information Tecnology and Business Management (JITBM), 15 (1).
Yani, A. 2013. Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.