PENGARUH HARGA PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN EMOSIONAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI UPTD SENTRA IKM PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN KAB. SINJAI
Keywords:
Harga, Kualitas, Emosional Marketing PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh Harga Produk Terhadap Kepetutusan Pembelian (2) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepeutusan Pembelian (3)Pengaruh Emosional Marketing Terhadap Keputusan Pembelian.
Penelitian ini dilaksanakan di UPTD Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yaitu menganalisis pengaruh variabel bebas (Harga Produk, Kualitas Produk dan Emosional Marketing) terhadap variabel terikat (Keputusan Pembelian). Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 2 (dua) bulan dari semua konsumen yang berjumlah 79 orang sebagai populasinya. Kuesioner digunakan sebagai instrument penelitian dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Teknis kuesioner dalam penelitian ini digunakan sebagai pengumpulan data primer.
Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara Harga Produk, Kualitas Produk dan emosional Marketing terhadap Keputusan Pembelian, dan (2) Secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (3) Variabel Emosional Marketing merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian.
References
Agustina, N. A., Sumowo, S., & Wijayantini, B. (2018). Pengaruh Kualiats Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, 189.
Alfikri, A. M., & Riyanto, K. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Converse Di E-Commerce Shopee. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i3.3990
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-15.
Asmidar. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Emosional Terhadap kepuasan Konsumen Hypertmart Palembang Indah Mall. Manajemen, 07.
Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 05.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 605.
Fahmi, I. (2016). Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Firdaus, D. F., & Nurazizah, D. F. (2021). Pengaruh Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan di PT Bank BJB Syariah. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 10.
Fuadi, S., & Media, L. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Emosional Dan Harga Terhadap. Manajemen Diversifikasi, 152.
Gunawan, F. A., & Wulandari , A. (2018). Pengeruh Expriential Marketig Terhadap Keputusan Pembelian Studi kasus Chingu Korean Fan Cafe Bndun Tahun 2018. e-Proceeding of Applied Science, 1077.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Lavabeta.
Intan Devi, L. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Surabaya: Lenggang Kurnia.
Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Depot Mie Pangsit Jamber. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 04.
Kasakeyan, R. F., Tawas, H. N., & Poluan, J. G. (2021). Pengearuh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk dan Eksperiential Terhaap Kepeutusan Pembelian Produk Street Boba Manado. Jurnal EMBA, 09.
Kusuma, R. W., & Suwito. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasaan Pelanggan. Ilmu dan Riset Manajemen, 016.
Mansyur, M., Asiyah, S., & Millaningtyas, R. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Love, Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap. E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 91.
Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Air Manado. Jurnal EMBA, 58.
Pardede, R. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 58.
Rizani, C. W., Hinggo, H. T., & Zaki , H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga Dan Garansi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, 368.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2015). Keputusan Pembeli. Yogyakarta.
Sangaji , E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta.
Septanto1, A. F., Haryono, A. T., & Harini, D. C. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Terhadap Emotional Response dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management. ISSN : 2502-7689, 12.
Triongko, B., Widodo, U., & Widowati, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Study pada Aki Incoe PT Meka Adi Pratam di Kota Semarang. Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 215.
Wirawan , I. A., Sudibia, K., & Putu Purbadharmaja, I. B. (2015). Pengaruh Bantuan Dana Bergulir, Modal Kerja, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM Sektor Industri di Kota Denpasar. ISSN E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana4.01, 6-7.
Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen. Bandung: CV Pusataka, Setia Bandung.
Yunita, M., & Kontesa, L. (2022). Pengaruh Kedekatan Emosional dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Minimarket Namora Kota Bengkulu. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), e-ISSN 2721-5415, 252-253.
Yuvira, I. A., Siregar, M., & Sabrina, H. (2020). Pengaruh Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fupada Suzuki Sunindo Cabang Amplas Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 2(1), 82.