KINERJA PERPUSTAKAAN DALAM TRANSFORMASI BERBASIS INKLUSI SOSIAL PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN ENREKANG

Authors

  • Sudarmin Sudarmin ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Ahmad Firman
  • Mukhtar Hamzah

Keywords:

strategi, inklusi sosial, perpustakaan umum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dalam Upaya Mewujudkan Masyarakat Literat pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang. Faktor-faktor kendala dalam transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam upaya mewujudkan masyarakat literat pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang, danupaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk mewujudkan masyarakat literat pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang. Penulis melakukan penelitian pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan bahan melalui sumber baik langsung maupun melalui literatur yang telah ada lalu dilakukan analisis secara mendalam menggunakan metode triangulasi. Analisis deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara detail data yang diperoleh dari berbagai sumber untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam upaya mewujudkan masyarakat literet di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang melalui beberapa strategi, yaitu melibatkan peran aktif pustakawan, mengeluarkan regulasi kebijakan dan pembentukan tim sinergi, melakukan Stakeholder Meeting, launcing Ipustaka Enrekang, dan melakukan kegiatan Peer Learning Meeting. Namun Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang juga mengalami beberapa kendala dalam mengembangkan perpustakaan berbasis inklusi sosial. yaitu keterbatasan anggaran dana, dan jaringan internet. Adapun upaya yang dilakukan utuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik dari tingkat provinsi, kabupaten maupun swasta, serta mengoptimalkan anggaran yang ada seoptimal mungkin.

 

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. Rineka Cipta.
Atikah, Syamsi. (2016). Penguatan Literasi Informasi Berbasis Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Akademik Mahasiswa Pgmi Iain Cirebon Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol.2, No. 2.
Basuki, Sulistyo. (2013). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta. Gramedia.
Cholid, Narbuko., Dan Achmadi, Abu. (2014). Metode Penelitian. Jakarta. Bumi Aksara.
Darmayanti, Riska. (2016). Membangun Budaya Literasi Informasi BagiMasyarakat Kampus ( Jurnal Iqra’ Vol 10 No.01).
Dian, Sinaga. (2014). Perpustakaan Umum Di Indonesia Sebagai Agen Perubahan Sosial Jurnal Sosiohumaniora, Vol. 6, No. 1.
Firman, A., Mansyur, M., Latief, F., Nurhaeda, Z., Hidayat, A. R. F., & Baharuddin, I. (2023). MEMBANGUN LITERASI KEWIRAUSAHAAN BAGI GENERASI MUDA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 574-582.
Hartati, Mega, Nur., and Achmad, Kuncoro. (2014). Analisis Strategi Bisnis Pada PT Abadi Samudera Indonesia Undergraduate Thesis, Binus.
Hartono. (2017). Strategi Tranformasi Perpustakaan Digital Dalam Membangun Aksebilitas Informasi Jurnal Perpustakaan Vol.8No.1.
Jaka, Warsihna. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Jurnal Kwangsan, Vol. 4 No. 2, Edisi Desember 2016.
Moleong, Lexy, J. (2016). Metedologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya Libraries For All: Social Inclusion In Public Libraries Policy Guidance For Local Authorities In England October 1999 (Departemen For Culture, Media And Sport, Gov. Uk).
Muhammad, Usman, Noor. (2019). “Aplikasi Layanan Informasi Berbasis Internet Untuk Menumbuhkaninklusi Sosial Di Perpustakaan Daerah”Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Vol. 4 No.1.
Muri, Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.
Purnomo. (2018). Peranan Perpustakaan Umum Dalam Gerakan Literasi Informasi Sebagai Sarana Pembelajaran Sepanjang Hayat.
Rani, Auliawati, Rahman. (2019). Strategi Sukses Transformasi Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial untuk Masyarakat Sejahtera Studi Pada Perpustakaan Desa Gampingan Membaca Malang. (Seminar Nasional MACOM III Universitas Padjajaran).
Riki, Arianto. (2019). Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dan Sdgs.
Sugiono. (2017). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung. Elfabeta.
Suharyanto, Malawa. (2019). Model Dan Konsep Transpormasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Di Era Digital, (Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia).
Thamrin, Husni. (2016). Proses Inklusi Sosial Anak Jalanan Dampingan Kelompok Kerja Sosial Perkotaan Kksp (Repositori Institusi Usu).
Undang-Undang No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
Wahdaniah, Nurul. (2016). Strategi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa di Sma Negeri 13 Makassar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Wiji, Suwarno. (2014). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaa:Sebuah Pendekatan Praktis. Jogjakarta. Ar-RuzzMedia.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Sudarmin, S., Firman, A., & Hamzah, M. (2023). KINERJA PERPUSTAKAAN DALAM TRANSFORMASI BERBASIS INKLUSI SOSIAL PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN ENREKANG. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 4(2), 218–232. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/3726