ANALISIS PRODUKTIVITAS, KUALITAS LAYANAN, RESPONSIVITAS, RESPONSIBILITAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI HARIAN TIDAK TETAP (PHTT) DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA PAREPARE

Authors

  • Andi Ishwaayudi Sugiarto ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Muhammad Salim
  • Asri Asri

Keywords:

produktivitas, kualitas layanan, Responsivitas dan responsibilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Produktivitas mempengaruhi terhadap kinerja pegawai harian tidak tetap pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayan Kota Parepare, untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas layanan mempengaruhi terhadap kinerja pegawai harian tidak tetap  pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Parepare, untuk mengetahui dan menganalisis Responsivitasme mpengaruhi terhadap kinerja pegawai harian tidak tetap pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Parepare dan untuk mengetahui dan menganalisis Responsibilitas mempengaruh terhadap kinerja pegawai harian tidak tetap pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Parepare.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Indikator Produktivitas,fungsi dan tugas sebagai pegawai harian tidak tetap berjalan dengan baik, namun rasio kerja antara input output sudah berjalan dengan seimbang, Akan tetapi pada absensi pegawai harian tidak tetap masih belum disiplin. Pada Indikator Kualitas layanan belum optimal. Dalam hal ini, pelayanansesuai dengan prosedur namun belum didukung oleh etika pegawai yangramah. Pada Indikator  Responsivitas pemerintah, terkait kemampuan pegawai harian tidak tetap terhadap kebutuhan pelayanan dianggap sudah baik,disebabkan pemeriksaan evaluasi rutin terkait kemampuan dan kinerja, danmengenai ketidakselarasan dalam bekerja dianggap biasa terjadi sehinggapada evaluasi kerja diadakan perbaikan dan pembenaran antara keselarasankerja dan pelayanan. Pegawai harian tidak tetap bersama dengan seluruhstaf Dinas Pendidikan bekerjasama dalam  mewujudkan visi dan misi Dinas Pendidikandan Kebudayaan Kota Parepare. Namun pada Indikator Responsibilitas, kendala pegawai harian tidak tetap yakni kurangnya insentif yang diberikan oleh pemerintah, kemudian sarana dan prasarana yang tidak memadai, pekerjaan yang terlalu banyak serta kurangnya setoran data sekolah yang menghambat kinerja pegawai hariantidak tetap.

References

Aprilya, S. (2019). Responsivitas dan Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa. Ilmu Administrasi Negara.
Azwar. (2017). Manajemen Kualitas Pelayanan Kesehatan. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Dedi, Iskandar., dan Ida, Betanursanti. (2019). “Pengaruh Motivasi Karyawan Terhadap Produktivitas Perusahaan Tekstil PT. UnggulRejo Wasono Di Purworejo”.
Fandy, Tjiptono., & Gregorius, Chandra. (2016). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta. Andi Offset.
Fauzi, Muhammad. (2017). ”Responsivitas Pemerintah Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kantor Pelayanan Wilayah II (Barat-Kota) Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Kelurahan Sungai Jawi Dalam Di Kota Pontianak.
Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of business model for marketing nowadays: Theory and implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.
Hardini. (2020). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep,Dimensi,Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta. Gava Media.
Hilwa, H., Latief, F., & Nurhaeda, Z. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KEDAI KOPI TUNGKU HERBAG MAKASSAR. Nobel Management Review, 3(4), 594-607.

Indrary. (2016). “Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Konsumen “.
Kotler, Philip. (2001). Marketing Manajement. New York. Mc Graw Hill.
Nugroho., dkk. (2018). “Pengaruh Kemampuan Intelektual dan Kemampuan Emosional terhadap Kinerja Auditor”.
Martono, Ricky. Virona. (2019). Analisis Produktivitas dan Efisiensi. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Moenir. (2016). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Pasolong, Harbani. (2011). Teori Administrasi Publik. Alfabeta. Bandung.
Ratminto., dan Atik, Septi, Winarsih. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Ravianto, J. (2017). Produktivitas dan Pengukuran. Jakarta. Binaman Aksara.
Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung. CV. Mandar Maju.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Sugiarto, A. I., Salim, M., & Asri, A. (2023). ANALISIS PRODUKTIVITAS, KUALITAS LAYANAN, RESPONSIVITAS, RESPONSIBILITAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI HARIAN TIDAK TETAP (PHTT) DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA PAREPARE. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 4(2), 233–245. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/3730