PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMKT SOMBA OPU KABUPATEN GOWA
Keywords:
Motivation, Competence, Work Environment, Teacher PerformanceAbstract
This study aims to determine and analyze the influence of motivation, competence, and work environment on teacher performance at SMKT Somba Opu, Gowa Regency. This research is categorized as survey research. Data collection techniques through questionnaires using a Likert scale. The population in this study amounted to 50 people. The sample of this research is the total sample, namely the entire population of 50 people. The results show that (1) There was a partial positive and significant effect of motivation on teacher performance at the Somba Opu Vocational High School, Gowa Regency (2) There was a positive and significant effect of competence partially on the performance of Somba Opu Vocational High School teachers, Gowa Regency (3) There was no positive and significant influence significant work environment partially on the performance of Somba Opu SMKT teachers, Gowa Regency (4) There is a simultaneous influence of motivation and competence on the performance of Somba Opu SMKT teachers, Gowa Regency, while the work environment has no effect on the performance of Somba Opu SMKT teachers, Gowa Regency.
References
Bahtiar, Kanu. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru, Kompensasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di UPTD SMP Negeri 1 Pare-Pare.
Firman, A. (2021). The Effect of Career Development on Employee Performance at Aswin Hotel and Spa Makassar.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haeruddin. (2021). Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Selayar. Tesis. Makassar: Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.
Ikbal, Muladi, Nasir. (2016). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Indria, Hanggi, Rani., dkk. (2015). Pengaruh Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol 3 No 2.
Janawi. 2012. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung. Alfabeta.
Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.al. Bandung. Alfabeta.
Malayu. Hasibuan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta. Bumi Aksara.
Martinis, Yamin. (2006). Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia dilengkapi UU No. 14Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Cet. I. Jakarta. Gaung Persada Press.
Meirisa, Ekawati. (2018). Pengaruh Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Honorer di SMP Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Muhammad, Ilyas, Ismail. (2013). Guru Sebuah Identitas. Cet. I. Makassar. Alauddin University Press.
Muzahid, M. (2014). Pengaruh tingkat pendidikan, kualitas pelatihan, dan lama pengalaman kerja pegawai terhadap kualitas laporan keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Akuntansi (Media Riset Akuntansi & Keuangan), 2(2), 179–196.
Nuraeni. (2022). Pengaruh Sertifikasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Negeri 45 Tombolo Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Tesis, Makassar: Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.
Ondi, Saondi., & Aris, Suherman. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung. Rafika Aditama.
Owens. (1991). Organizational Bahavior in Education. (4th Ed). USA. Allyn & Bacon.
Ramadhani, Zul, Iskandar. (2018). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru”. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Riski, Amali, Madi., Dkk. (2019). Pengaruh Pemberian Tunjangan Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 4 kendari. Jurnal Bisnis Indonesia Vol 10 No 1.
Robbins., dan Ahyari. (1999). Perilaku Organisasi. Prenhallindo. Jakarta.
Sadirman. (2011). interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta. Rajawali press.
Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sahlan, Lubis. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Tesis. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Sri, Hastuti. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Inpres Ujungkatinting, Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng. Tesis. Makassar: Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XXI. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skipsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Statistikan Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana, Syaodih. (2000). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, Edy. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Khair, A. U., Rosmayanti, V., & Firman, A. (2020). Translanguaging Pedagogy in Promoting Higher Order Thinking Skiil (HOTS) in lndonesian Higher Education.
Undang-undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Uno, Hamzah, B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. Bumi Aksara.
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Edisi III. Jakarta. Rajawali Pers.
Yamin, Martinis., dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta. Persada Pres.