PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, BUDAYA KERJA DAN PRASARANA KERJA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR SAMSAT KOTA MAKASSAR

Authors

  • Asrul Alam Ramadhan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Syamsul Alam Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Azlan Azhari Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Sumber daya manusia, budaya kerja, prasarana kerja, kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis kompotensi sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan, untuk mengetahui dan mengalisis budaya kerja terhadap kualitas pelayanan, untuk mengetahui dan mengalisis prasarana kerja terhadap kualitas pelayanan, dan untuk mengetahui dan mengalisis kompetensi sumber daya manusia, budaya kerja, dan prasarana kerja secara simultan terhadap kualitas pelayanan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tentang gambaran yang berlaku dalam kaitannya dengan pengaruh kompetensi sumber daya manusia, budaya kerja, dan prasarana kerja terhadap kualitas pelayanan. Untuk keperluan penelitian ini, penulis melakukan penelitian di Kantor SAMSAT Kota Makassar. Waktu yang akan digunakan dalam penelitian ini kurang lebih 2 (dua) bulan dimulai pada bulan Juni sampai bulan Agustus 2024. Sampel penelitian ini ialah sampel jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi dijadikan anggota sampel maka yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 100 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia berpengaruh postif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, budaya kerja berpengaruh postif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, dan prasarana kerja berpengaruh postif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, serta sumber daya manusia, budaya kerja, dan prasarana kerja secara simultan berpengaruh positif dan singnifikan terhadap kualitas pelayanan.

References

Aneta, A. M. A. K. H. D. (2017). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT Kota Gorontalo. Program Studi Ilmu Administrasi Universitas Negeri Gorontalo.

Basri, A., Firman, A., & Badaruddin, B. (2024). The Effect of Workload, Work Stress and Work Environment on the Performance of Employees of the Makassar Shipping Science Polytechnic Simulator Unit. Proceeding of Research and Civil Society Desemination, 2(1), 36-47.

Cahyani, A. D. (2019). Kualitas Pelayanan Sein Militan (Jam Pimpinan, Sosialisasi dan Cangkrukan) di Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Studi KelurahanAsemrowo Kecamatan Asemrowo). Jurnal Publika Unesa. Vol 7 No 9.

Dwiyanto, A. (2015). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli,Inklusif dan Kolaboratif” Edisi Kedua. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Anggota IKAPI.

Idul, I., Razak, M., & Alam, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Budaya Kerja Dan Komitmen Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Pinrang. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(4), Article 4. https://doi.org/10.37476/jbk.v10i4.3165

Kulla, T., Rumapea, P., & Tampongangoy, D. L. (2018). Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Tinggilbet Distrilk Beoga Kabupaten Puncak Provinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik, 4(58), 3. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/19784/19383

Muhammad, H., & Setiawan, D. (2017). Efektifitas budaya organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2), 80–85.

Nawangsari, E. (2012). Model Pelayanan Kesehatan Berbasis Pelanggan (Studi Evaluasi di Bagian Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo Jawa Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(3), 606–618.

Samuel Frangky M. Silitonga, S. S. (2020). Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Siempat Rube Kabupaten PakPak Bharat. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, Edisi 7 Januari-Juni 2020.

Supromin, C., & Choonhakhlai, S. (2019). The provision of public services in municipalities in Thailand to improve the quality of life of elderly people. Kasetsart Journal of Social Sciences, 40(3), 619–627. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.12.011

Yuniarti, Y., Malik, I., & Mustari, N. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Surat Tanda Nomor Kendaraan Di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Soppeng. Jurnal UNISMUH, 2(2), 547–559.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Ramadhan, A. A., Alam, S., & Azhari, A. (2024). PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, BUDAYA KERJA DAN PRASARANA KERJA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR SAMSAT KOTA MAKASSAR. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 5(3), 329–343. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/4973