PENGARUH KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PADA DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR KABUPATEN PINRANG

Authors

  • Sugeng Wahyudi Program Pascasarjana Magister Manajemen, STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Ahmad Firman Program Pascasarjana Magister Manajemen, STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Didiek Handayani Gusti Program Pascasarjana Magister Manajemen, STIE Nobel Indonesia Makassar

Keywords:

Competence, Work Environment, Morale And Service Quality, Kompetensi, Lingkungan Kerja, Semangat Kerja Dan Kualitas Pelayanan

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine and analyze the influence of competence, work environment and work morale partially and simultaneously on the service quality of employees at the Water Resources Management Office of Pinrang Regency, as well as the most dominant variables affecting the service quality of employees at the Water Resources Management Office of Pinrang Regency. The research approach is a survey approach. The research was conducted at the Water Resources Management Office of Pinrang Regency. The research time was October to November 2019. This study used a survey method. The population in this study were all employees of the Water Resources Management Office of Pinrang Regency, as many as 70 people. Sampling in this study using a saturated sampling technique (census) in which all the population in this study were sampled. The sample used in this study were 70 people. The data analysis used was Multiple Regression Analysis. The results showed that there was a positive and significant influence of competence, work environment and work morale partially and simultaneously on the service quality of employees of the Water Resources Management Office of Pinrang Regency, and the most dominant competency variables had an effect on the service quality of employees at the Water Resources Management Office of Pinrang Regency.

 

Keywords : Competence, Work Environment, Morale And Service Quality.

 

 

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi, lingkungan kerja dan semangat kerja secara parsial dan simultan terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pinrang, serta variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pinrang. Pendekatan penelitian adalah pendekatan survey. Penelitian dilaksanakan pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pinrang. Waktu penelitian adalah bulan Oktober sampai November 2019. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pinrang, sebanyak 70 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) yaitu semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak  70 orang. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi, lingkungan kerja dan semangat kerja secara parsial dan simultan terhadap kualitas pelayanan pegawai Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pinrang, serta variabel kompetensi yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pinrang.

 

Kata kunci : Kompetensi, Lingkungan Kerja, Semangat Kerja Dan Kualitas Pelayanan.

Downloads

Published

2020-11-18

How to Cite

Wahyudi, S., Firman, A., & Gusti, D. H. (2020). PENGARUH KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PADA DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR KABUPATEN PINRANG. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 1(1), 50–61. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/999