ANALISIS ARBITRAGE PRICING THEORY (APT) PADA SUB SEKTOR KOSMETIK YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Pemy Christiaan Universitas Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v2i1.1643

Keywords:

Kinerja keuangan, Metode Arbitrage Pricing Theory, Financial performance, Arbitrage Pricing Theory Method

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Arbitrage Pricing Theory pada sub sektor kosmetik yang go public di Bursa efek Indonesia. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data harga saham dari tahun 2016-2019 sebagai data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelima perusahaan yang ada pada sub sektor kosmetik memiliki nilai Ri < 1 yang artinya bahwa bila keputuan investasi pada kelima perusahaan tersebut akan mendatangkan tingkat keuntungan saham lebih kecil dibandingkan dengan tingkat keuntungan keseluruhan saham di pasar

 

This study aims to analyze Arbitrage Pricing Theory in the cosmetics sub-sector that go public on the Indonesia Stock Exchange. Using a quantitative descriptive method using stock price data from 2016-2019 as research data. The results showed that the five companies in the cosmetics subsector have a value of Ri <1, which means that if the investment decision in the three companies will bring a lower level of return on shares compared to the profit rate of the entire share in the market.

References

Agus R. Sartono, 2012.Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat.Yogyakarta : BPFE.

Ekananda, Mahyus. 2014. Analisis Data Time Series.Jakarta.Mitra Wacana Media.

Fahmi & Hadi. 2011.Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi 2. Bandung:Alfabeta.

Fahmi Irham .2015. Pengantar Pasar Modal . Bandung : Alfabeta

Hanafi, Mahduh dan Abdul Halim, 2012, Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: (UPP) STIM YKPN.

Husnan, Suad. 2015. Dasar-dasar Teorti Portofolio dan Analisis Sekuritas.

Edisi 5. Yogyakarta, UPPN STIM YKPN.

Kasmir dan Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan ke Delapan. Jakarta: Kencana

Sukirno, Sadono.2015. Makroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi.Yogykarta : Ekonisia.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta : Bandung.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Edisi 1. Kanisius. Yogyakarta

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Christiaan, P. (2021). ANALISIS ARBITRAGE PRICING THEORY (APT) PADA SUB SEKTOR KOSMETIK YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. Nobel Management Review, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i1.1643