Kompensasi, pemberdayaan pegawai dan pelatihan terhadap kepuasan kerja pegawai PT Telkomsel area IV Makassar

Authors

  • Muliati Muliati STIE Tri Dharma Nusantara Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v2i2.1834

Keywords:

Kompensasi, Pemberdayaan Pegawai, Pelatihan, Kepuasan Kerja Pegawai, Compensation, Employee emprowerment, Training, Job Satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) menguji pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja pegawai PT Telkomsel Area IV Makassar, 2) menguji pengaruh pemberdayaan pegawai terhadap kepuasan kerja pegawai PT Telkomsel Area IV Makassar dan 3)  menguji pengaruh pelatihan terhadap kepuasan kerja pegawai PT Telkomsel Area IV Makassar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan saintific untuk menguji pembenaran hipotesis yang diajukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  kuesioner  yang  didistribusikan  secara  langsung kepada pegawai PT Telkomsel Area IV Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai lantai 4 PT Telkomsel Area IV Pamasuka Makassar sebanyak 60 pegawai. Sementara itu, teknik pengambilan   sampel   dalam   penelitian   ini   adalah   sampel jenuh karena semua populasi dijadikan sampel yaitu 60 responden. Analisis data dengan pendekatan regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa : 1) kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai PT Telkomsel Area IV Makassar, 2) pemberdayaan pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai PT Telkomsel Area IV Makassar dan 3)  pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai PT Telkomsel Area IV Makassar

 

 This research aims: 1) testing compensation on job satisfaction of employees of PT Telkomsel Area IV Makassar, 2) testing the effect of employee compensation on job satisfaction of employees of PT Telkomsel Area IV Makassar, 3) testing the effect of training on job satisfaction of employees of PT Telkomsel Area IV Makassar. This research approach uses a scientific approach to test the justification of the proposed hypothesis. Data collection techniques in this study used a questionnaire which was distributed directly to employees PT Telkomsel Area IV Makassar. The population in this study were employees of the fourth floor of PT Telkomsel Area IV Pamuka Makassar as many as 60 employees. Meanwhile, the sampling technique in this study was saturated sample because all the population all the population was sampled, namely 60 respondents. Data analysis with multiple liner regression approach. The results of the study found that : 1) compensation had a positive and significant effect on employee job satisfaction at PT Telkomsel Area IV Makassar, 2) employee emprowerment had a positive and significant effect on employee job satisfaction at PT Telkomsel Area IV Makassar, 3) training had a positive and significant effect on employee job satisfaction at PT Telkomsel Area IV Makassar

References

Adesola, M. A., Oyeniyi, K. O., & Adeyemi, M. A. (2013). Empirical study of the relationship between staff training and job satisfaction among Nigerian banks employees. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 2(6), 108.
Ardianti, F. E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2018). Pengaruh motivasi kerja, kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan (Studi kasus pada PT. Sumber Alam Santoso Pratama Karangsari Banyuwangi). Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1).
Austyn, T., Lindawati, T., & Pradana, D. W. (2018). PENGARUH PEMBERDAYAAN KARYAWAN DAN LINGKUNGAN TEMPAT KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN UMKM DI SURABAYA DAN MADURA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 6(2), 125–132.
Desra, M., Muchtar, B., & Siwi, M. K. (2019). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Pemberdayaan Pegawai Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Badan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ecogen, 1(4), 776–784.
Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 14. Angelica D, penerjemah; Masykur M, editor. Jakarta (ID): Penerbit Salemba Empat. Terjemahan dari. Human Resource Management, 14.
Fauzan, R. (2015). Efektifitas Pelatihan Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Serta Kinerja Karyawan Bank. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 19(2).
Juniari, N. K. E., Riana, I. G., & Subudi, M. (2015). Pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai negeri sipil (pns) di sekolah tinggi pariwisata nusa dua bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4(11), 823–840.
Muliati, M. (2020). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN. AkMen JURNAL ILMIAH, 17(4), 518–528.
Mundakir, M., & Zainuri, M. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 1(1), 26–36.
Nugraha, M. D. Y. H., & Yolanda, A. N. (2017). PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. X JAKARTA PUSAT. Psibernetika, 4(2).
Prassetiawan, A., & Triyani, D. (2019). PENGARUH MOTIVASI, KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA CV ENGGAL JAYA SEMARANG). Solusi, 16(4).
Rahayu, N. M. N., & Riana, I. G. (2017). Pengaruh Kompensasi Tehadap Kepuasan Kerja dan Keinginan Keluar pada Hotel Amaris Legian. Udayana University.
Ratnasari, S. L., SE, M. M., & Hartati, Y. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Penerbit Qiara Media.
Resnadita, N. (2020). Pengaruh Pemberdayaan Karyawan, Kerja Tim, dan Pelatihan terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 813–817.
Robbins, S., & Judge, T. (2011). Organizational behavior.(14th) New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Rustiandi, Y., & Utami, E. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun Kalimantan Timur. Borneo Student Research (BSR), 2(2), 1295–1303.
Santika, L. G. (2019). Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Untuk Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 10(1), 77–92.
Saprudin, S. (2018). PENGARUH PELATIHAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 2(1), 14–19.
Seidy, M., & Roring, F. (2018). PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN KANTOR RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Septerina, S. (2018). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Bagian Produksi Di Pt. Etowa Packaging Indonesia. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 13–19.
Setiawan, I. P. I., & Piartrini, P. S. (2018). Pengaruh pemberdayaan karyawan dan stres kerja terhadap komitmen organisasional karyawan departemen housekeeping pada Villa Ocean Blue. Udayana University.
Siregar, Z. M. E. (2018). Analisis Pelatihan, Disiplin Kerja, Remunerasi, dan Motivasi Berprestasi dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Karyawan. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 95–105.
Srinadi, N. M. E., & Netra, I. (2014). Pengaruh Pemberdayaan, Self Efficacy, dan Pengembangan Karier Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,(Online), 3(7), 1894–1910.
Supatmi, M. E., Nimran, U., & Utami, H. N. (2013). Pengaruh pelatihan, kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan dan kinerja karyawan. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1).
Suryadewi, P. C., Dunia, I. K., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Pemberdayaan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bali Segara Nusantara. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).
Yademawi, D., & Nasrul, H. W. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Pelatihan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. BPR Prima Raga Sejahtera Padang. JURNAL DIMENSI, 8(3), 573–588.
Zumrah, A. R. (2015). Training, job satisfaction, POS and service quality: The case of Malaysia. World, 6(2), 74–91.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Muliati, M. (2021). Kompensasi, pemberdayaan pegawai dan pelatihan terhadap kepuasan kerja pegawai PT Telkomsel area IV Makassar. Nobel Management Review, 2(2), 170–180. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i2.1834