Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Siswa di Bimbingan Belajar Jilc Makassar Cabang Balla Lompoa
Keywords:
Persepsi Harga , Kualitas Pelayanan , Kepuasan Siswa., Price Perception , Service Quality , Student Satisfaction.Abstract
Saat ini begitu banyak bimbingan belajar yang saling bersaing dalam persaingan dengan menciptakan keunggulan masing-masing agar mereka dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Salah satu faktor agar mereka dapat bertahan dan memenangkan persaingan adalah menetapkan persepsi harga yang baik dan kualitas pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan seberapa besar pengaruh faktor persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan atau siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda. Uji instrumen menggunakan Uji Validitas dan Realibilitas. Dan pengujian Hipotesis menggunakan Uji T, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2). Alat yang digunakan pada untuk menguji penelitian ini adalah aplikasi SPPS for Windows. Data-data yang telah memenuhi uji validitas dan realibilitas diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 4,445 + 0,453(X1) + 0,323(X2). Pengujian hipotesis menggunakan uji T menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen kepuasan siswa. Angka Adjust R Square sebesar 0,575 atau sama dengan 57,5%. Artinya kepuasan pelanggan dijelaskan dengan menggunakan variabel persepsi harga dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 42,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Currently, there are so many tutors that compete with each other in the competition by creating their respective advantages so that they can survive and win the competition. One of the factors so that they can survive and win the competition is to set a good price perception and quality service. This study aims to determine how much influence the price perception factor and service quality have on customer or student satisfaction. The sampling technique used was purposive sampling. The data analysis technique in this study used Multiple Linear Regression. Test the instrument using the Validity and Reliability Test. And hypothesis testing using T test, F test, and the coefficient of determination (R2). The tool used to test this research is the SPPS for Windows application. The data that has met the validity and reliability tests are processed to produce the following regression equation: Y = 4.445 + 0.453(X1) + 0.323(X2). Hypothesis testing using the T test showed that the two independent variables studied were proven to have a significant partial effect on the dependent variable of customer satisfaction. Then through the F test, it can be seen that the two independent variables studied simultaneously affect the dependent variable of student satisfaction. The Adjust R Square figure is 0.575 or equal to 57.5%. This means that customer satisfaction is explained by using the variables of price perception and service quality. While the remaining 42.5% is explained by other factors outside the variables used in this study