Efek Lokasi, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Faizal Rizal Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/nmar.v3i2.2934

Keywords:

Lokasi, Promosi, Harga, Kepuasan konsumen, location, promotion, price, consumer satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan konsumen Alfamart Dg. Tata di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian survei mengambil  sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok (Singarimbun, 2012). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang datang ke Alfamart Dg. Tata di Makassar rata-rata populasi atau konsumen yang datang untuk berbelanja menurut pihak manajemen dalam sehari sebanyak 500 orang. Mengingat jumlah populasi yang cukup banyak yakni 500 orang, maka penulis menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel. Maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 orang. Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik sampel aksidental (accidental sampling). Alat analisis yang digunakan ini adalah regresi linier berganda. hasil uji simultan (f) menemukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel lokasi, promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsemen Alfamart Dg.Tata Kota Makassar. Sementara Hasil uji (t) parsial menemukan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsemen Alfamart Dg.Tata Kota Makassar; variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Kepuasan Konsemen Alfamart Dg.Tata Kota Makassar, serta variabel harga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Kepuasan Konsemen Alfamart Dg.Tata Kota Makassar.

This study aims to examine the effect of location, promotion and price on consumer satisfaction of Alfamart Dg. Management in Makassar City. This study uses research taking samples from one population and using a questionnaire as the main data collection tool (Singarimbun, 2012). The population in this study were all consumers who came to Alfamart Dg. Tata in Makassar the average population or consumers who come to shop according to the management in a day as many as 500 people. Considering that the population is quite large, namely 500 people, the author uses the Slovin formula to determine the number of samples. So the sample in this study were 83 people. The sampling technique used was accidental sampling. The analytical tool used is multiple linear regression. Simultaneous test results (f) found that there was a positive and significant effect between location, promotion and price variables and a positive and significant effect on consumer satisfaction the Alfamart Dg. Tata Makassar City. While the results of the partial (t) test found that there was a positive and significant effect on the location variable, which had a positive and significant effect on consumer satisfaction the Alfamart Dg. Tata Makassar City ; the variable promotion has a positive and significant effect on consumer satisfaction the Alfamart Consensus Dg. Tata Kota Makassar, and the price variable has a positive and significant effect on consumer satisfaction Alfamart Dg. Tata Makassar City

References

Amilia, S., & Novianti, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 459–468.
Andhika, A., Hasanah, A. U., Rahmawati, I., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus Cafe Inspirasi Corner). Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 1(2).
Arif, M. (2018). Supply Chain Management. Deepublish.
Barus, Y. Y., Sinaga, R. V., & Sagala, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (studi kasus pada Milala Service Station Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 141–150.
Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian HP Merek Oppo di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 5(1), 61–75.
Dirwan, D., Themba, O. S., & Latief, F. (2021). Aspect Purchasing Decisions at Consumers Lazada: Trust, Price, Tagline. JURNAL ECONOMIC RESOURCE, 3(2), 86–93.
Halim, F., Kurniullah, A. Z., Butarbutar, M., Efendi, E., Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Sisca, S., Simarmata, H. M. P., & Permadi, L. A. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.
Hamdani, N. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(2), 90–96.
Hamdun, E. K., & Romadhani, D. A. (2019). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Roti Fatimah Bakery di Situbondo. GROWTH, 14(2), 31–48.
Kurniawan, M., & Hildayanti, S. K. (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 86–102.
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30.
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan pt. sucofindo batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243.
Melati, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Simpatik Cabang Unaaha Kabupaten Konawe. Jurnal GeoEkonomi, 12(1), 1–16.
Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Yuta di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1).
Pradini, G., & Alya, D. (2022). Analisis Harga, Promosi, Produk Pariwisata Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2732–2744.
Pramayanti, D. I. (2019). Studi Bauran Pemasaran 4P Dalam Keputusan Pembelian Unit Link Pada Pt Bhinneka Life Indonesia Kantor Cabang Cikampek, Karawang. Media Mahardhika, 17(2), 193–202.
Putribasutami, C. A., & Paramita, R. A. S. (2018). Pengaruh Pelayanan Lokasi, Pengetahuan, dan Sosial Terhadap Keputusan Menabung di Ponorogo. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(3), 157–172.
Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6).
Siregar, M. K. S. (2020). Pengaruh Citra Merk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 1(2), 111–118.
Sondak, C., Tumbel, A. L., & Lintong, D. C. A. (2022). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Indogrosir Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 754–764.
Wirapraja, A., Sudarso, A., Mardia, M., Tojiri, M. Y., Simarmata, H. M. P., Sulasih, S., Permadi, L. A., Purba, B., Tjiptadi, D. D., & Lie, D. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Yayasan Kita Menulis.
Yanti, N. W. E., & Puja, I. M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Percetakan UD. Wipra Print Karangasem. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(3), 943–953.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Rizal, F. (2022). Efek Lokasi, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Nobel Management Review, 3(2), 227–235. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i2.2934