Tingkat Pemahaman Gen Z Mengenai Bank Digital
Keywords:
Pemahaman, Bank Digital, Gen ZAbstract
Generasi Z disebut juga sebagai i-Generation yang umum dikenal dengan istilah Gen Z merupakan generasi yang tumbuh dengan teknologi digital sejak dini. Seiring dengan perkembangan bank digital saat ini maka Gen Z cenderung memanfaatkan transaksi keuangan berbasis digital yang praktis dan fleksibel. Namun belum diketahui secara pasti sejauh mana pemahaman Gen Z mengenai bank digital tersebut. Sehingga tujuan penelitiana dalah untuk mengetahui tingkat pemahaman Gen Z mengenai bank digital.
Penelitian menggunakan data primer melalui kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang ditetapkan berdasarkan proportionate stratified random sampling. Selanjutnya responden dipilih dengan incidental sampling. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan rumus nilai indeks selanjutnya penetapan tingkat pemahaman responden diukur dengan rentang nilai three box method.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, maka diperoleh kesimpulan bahwa tingkat pemahaman Gen Z mengenai Bank Digital termasuk kedalam tingkat pemahaman tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 95,75.
References
Aguayo Torrez, M. V. (2021). pemahaman nasabah dalam mengakses layanan BSI. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Ana Sriekaningsih, Slamet Riyanto, & Andre Prakasa. (2022). Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Di Kota Tarakan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 92–101. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i3.112
Bayti, T. ., & Ariani, D. (2020). Gagasan millenial & generasi Z untuk indonesia emas 2045. Atambua Barat : Fianosa Publishing.
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). pelaksanaan perlindungan hukum terhadap nasabah dalam transaksi melalui aplikasi Bank Digital (studi bank neo commerce surabaya). NBER Working Papers, 11, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Djali. (2011). psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 77.
Fahlevi, M. (2022). Skripsi analisis pemahaman siswa/siswi tentang sistem dan produk perbankan syariah. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.
Gazali, H. (2019). Islam untuk gen z : mengajarkan islam & mendidik muslim generasi z; panduan bagi guru PAI. Jakarta : Wahid Foundation.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariabel dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gilang, A., & Zuliana. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Ie, R., Linggadjaya, T., Sitio, B., Situmorang, P., & Harapan, U. P. (2022). Transformasi Digital Pt Bank Jago Tbk Dari Bank. International Journal of Digital Entrepeneurship and Business, 3(1), 11–26.
Iqbal, M. (2019). analisis tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk pembiayaan murabahah. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 1–62.
Johnson, P. (2020). What is a Digital Bank? - veriff. Digital Banking.
Kamisa. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 384.
Melina, F., & Zulfa, M. (2022). Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah Bank Syariah Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 338–351.
Munawarah, H., & Yusuf, M. (2022). Bank Digital Syariah Analisis Cyber Security Menurut Hukum Positif Di Indonesia Dan Hukum Ekonomi Syariah. Banjarmasin : Borneo Development Project, 8(2), 28–29.
Muthya, A. (2017). Analisis Pemahaman Mayarakat Kecamatan Medan Johor Terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Sumatera Utara.
Pradina, M. A. (2022). Persepsi Masyarakat Kota Pekanbaru Terhadap Pelayanan Digital Perbankan Syariah. Tesis, 1, 1–165.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, Y. . (2016). Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Among Makarti, 9(18), 123–134.
Rosanti, N., & Afifah, A. N. (2023). Analisis Persepsi Nasabah mengenai pembiayaan Usaha Rakyat pada Bank Syariah di Kota Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(2), 222-228.
Ruwaidah, H. (2019). Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Anwar. Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi, 4(1).
Sitanggang, A. K., & Pratomo, W. A. (2015). Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Keuangan Di Deli Serdang. Jurnal Ekonomin Dan Keuangan, 2(7), 412–424.
Sudaryono. (2011). Theory And Application Of IT Research : Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta, 50.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Susilo, E. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mayarakat Desa terhadap Produk Perbankan Syariah (Studi di Desa Sumber Jaya Jati Agung Lampung Selatan ). Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 90.
Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Medi.
Yusuf, M., Sumarno, & Komarudin, P. (2022). Bank Digital Syariah Di Indonesia : Telaah Regulasi Dan Perlindungan Nasabah. Jurnal Ekonomi Islam, 13(2), 2579–6453.
Yusuf Sukman, J. (2017). pengaruh sosialisasi dan tingkat pemahaman masyarakat terhadap minat pembuatan akta kematian. Skripsi Universitas Lampung, 4, 9–15.
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 12/PJOK.03/2021 tentang Bank Umum.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Nobel Management Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.