ANALISIS PENINGKATAN KEPUTUSAN KUNJUNGAN WISATAWAN MELALUI PROMOSI, PRASARANA DAN PELAYANAN

https://doi.org/10.37476/akmen.v18i1.1342

Authors

  • Imaduddin Imaduddin Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Budiandriani Budiandriani Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Faisal Bahari Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia http://orcid.org/0000-0002-2791-1301

Keywords:

Promotion, Infrastructur, Services, Tourist Visit Decisions

Abstract

This study aims to determine the effect of promotion, infrastructure and services on the decision to visit Seruni Beach tourism in Bantaeng Regency. This research approach uses a quantitative approach. With the sample used, amounting to 100 samples with predetermined criteria. And then the data analysis model used is multiple linear regression analysis processed using SPSS. Based on the results of the research conducted, it shows that simultaneously promotion, infrastructure and services together have an effect on tourist visit decisions. Then partially the quality of promotion has an effect on tourist visits, while the quality of infrastructure and services has no effect on tourist visit decisions.

References

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), 68-78.

Bian, A. P. P., Waani, J. O., & Poluan, R. J. (2016). Analisis Ketersediaan Prasarana Dan Sarana Untuk Objek Wisata (Studi Kasus: Kawasan Wisata Pantai Sulamadaha Di Kota Ternate). Spasial, 3(3), 38-46.

Handayani, E., & Dedi, M. (2017). Pengaruh promosi wisata bahari dan kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Pelabuhan Muncar Banyuwangi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 7(2), 151-160.

Jajang, M., Yulisetiarini, D., & Hadi, P. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Berdasarkan Kualitas Pelayanan pada Pengunjung Objek Wisata Pantai Pulau Merah Kabupaten Banyuwangi. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 189-193.

Jordan, A., Herdiana, N., & Satyajaya, W. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Sentulfresh Indonesia. Operations Excellence, 11(1), 1-11.

Kusumawardhani, D., Rostyaningsih, D., & Rengga, A. (2016). Implementasi Kebijakan Promosi Potensi Wisata (Pantai Widuri) Kabupaten Pemalang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(2), 491-501.

Mulyati, Y., & Afrinata, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Destinasi Wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(2), 191-200.

Narendra, W. (2018). Identifikasi Kebutuhan Sarana Dan Prasarana Wisata Berdasarkan Persepsi Pengunjung Di Pantai Sipelot Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).

Pramusita, A., & Sarinastiti, E. N. (2018). Aspek sosial ekonomi masyarakat lokal dalam pengelolaan Desa Wisata Pantai Trisik, Kulonprogo. Jurnal Pariwisata Terapan, 2(1), 14-25.

Ramadhan, F. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata pantai Samudera Baru. Value: Journal of Management and Business, 1(1).

Sofia, L. A., Hidayat, A. S., & Zain, M. A. (2020). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 5(2).

Sumarabawa, I. G. A., Wesnawa, I. G. A., & Astawa, I. B. M. (2015). Ketersediaan Aksesibilitas Serta Sarana dan Prasarana Pendukung Bagi Wisatawan Di Daerah Wisata Pantai Pasir Putih, Desa Prasi, Kecamatan Karangasem. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 3(3).

Taruna, M. S. (2015). Analisis Peningkatan Minat Wisata Melalui Peningkatan Pelayanan Pada Obyek Wisata Pantai Widuri Kabupaten Pemalang. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 22(1).

Published

2021-04-01

How to Cite

Imaduddin, I., Budiandriani, B., & Bahari, A. F. (2021). ANALISIS PENINGKATAN KEPUTUSAN KUNJUNGAN WISATAWAN MELALUI PROMOSI, PRASARANA DAN PELAYANAN. AkMen JURNAL ILMIAH, 18(1), 28–35. https://doi.org/10.37476/akmen.v18i1.1342