Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Melalui Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Takalar
Keywords:
Competence, work culture, service quality, and productivityAbstract
This research is a quantitative research that uses a survey method with a questionnaire data collection tool. This study aims to determine the effect of competence and work culture on employee productivity through service quality at the Department of Public Works, Spatial Planning, Housing and Settlement Areas of Takalar Regency.
The population in this study were employees of the Department of Public Works, Spatial Planning, Housing and Settlement Areas of Takalar Regency, amounting to 79, while the sampling technique was based on the saturated sample method so that the sample obtained was 79 respondents. Data analysis used is path analysis using SmartPls 3.0 software.
The results of the study indicate that (1) Competence and work culture have a direct influence on service quality. (2) Competence, work culture, and service quality have a direct influence on employee productivity. (3) Competence and work culture have an indirect influence on employee productivity by being mediated by service quality
References
Bahri, S. (2016). Pengaruh Pengembangan karier dan Kompetensi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja dan Implikasinya Terhadap Kinerja Pegawai Dinas PU Bina Marga Wilayah Sumatera Selatan. 1(2), 51–62.
Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenadamedia.
Dahar, V., Pangkey, M. S., & Laloma, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan(Studi Kasus Di Puskesmas Kecamatan Tahuna Barat Kabupaten Kepulauan Sangihe). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sam Ratulangi, 2(1).
Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 14). Salemba Empat.
Erwansyah, M., Sulastini, H., & Hereyanto. (2018). Pengaruh Kompetensi , Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Survey Pada PT . Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Muara Teweh Kabupaten Barito Utara ). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 7(1), 32–40.
Fahmi, I. (2018). Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Alfabeta. CV.
Indahingwati, A., & Nugroho, N. E. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). PT Scopindo Media Pustaka.
Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT Rajagrafindo Persada.
Lubis, Y., Hermanto, B., & Edison, E. (2018). Manajemen dan Riset Sumber Daya Manusia (Cetakan Ke). Alfabeta. CV.
Mambang, & Harmini. (2015). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah.
Mindarti, L. I. (2016). Manajemen Pelayanan Publik: Menuju Tata Kelola Yang Baik (1 ed.). UB Press.
Narimawati, U., Sarwono, J., Affandy, A., & Priadana, H. M. S. (2020). Ragam Analisis dalam metode Penelitian (Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, & Disertasi) (Edisi 1). Andi Offset.
Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah (Edisi Pert). Kencana.
Nurhadijah. (2017). Studi Tentang Budaya Kerja Pegawai Sekolah. 5(Nomor 1), 5476–5489.
Pangarso, A., & Susanti, P. I. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Biro Pelayanan Sosial Dasar Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Journal of Theory and Applied Management, 2, 145–160. http://e-journal.unair.ac.id/index.php/JMTT/article/view/3019
Priansa, D. J. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Alfabeta. CV.
Risparyanto, A. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Terhadap Kualitas Layanan Pustakawan. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(1), 1. https://doi.org/10.22146/bip.26202
Safitri, D. N., & Rustiana, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kantor, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 120–130.
Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Deepublish.
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Refika Aditama.
Sedarmayanti. (2018). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja) (Cetakan Ke). Refika Aditama.
Semil, N. (2018). Pelayanan Prima Instansi Pemerintah: Kajian Kritis pada Sistem Pelayanan Publik di Indonesia (1 ed.). Prenadamedia.
Sinambela, L. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja (Cetakan Ke). Bumi Aksara.
Siregar, R. T., Sahir, H. S., Sisca, Chandra, V., Wijaya, A., Masrul, Sianturi, E., Simarmata, H. M., Revida, E., & Purba, S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi (Cetakan Pe). Yayasan Kita Menulis.
Sobari, R. A. R. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bogor. 7(2).
Sudarman, E. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Di Dinas Pariwisata. Study & Management Research, XV(1), 71–84. www.stiestembi.ac.id
Sujiati, Ma’arif, M. S., & Najib, M. (2017). The Effect of Motivation and Competency Factor on Employee Performance in Satellite Technology Center – National Institute of Aeronautics and Space. Jurnal Of Applied Management, 21, 229–237.
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Perr). Kencana.
Suwatno, & Priansa, D. J. (2018). Manajemen SDM: Dalam Organisasi Publik dan Bisnis (Cetakan Ke). Alfabeta. CV.
Taufiqurokhman, & Satispi, E. (2018). Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Umj Press 2018, 266.
Tilaar, N. R., Sendow, G. M., & Jorie, R. J. (2017). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara. Manajemen Sumber Daya Manusia, 5(2), 2070–2078. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16494
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Pertama). Kencana.
Zainal, V. R., Ramly, M., Mutis, T., & Arafah, W. (2015). Praktik, Manajemen sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Rajawali Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.