PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA PELABUHAN PASCA PENGGABUNGAN PT PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) PADA REGIONAL 4 CABANG MAKASSAR
Keywords:
Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari, yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Pada Regional 4 Cabang Makassar sebanyak 30 perusahaan. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh, maka jumlah sampel penelitian ini yaitu sebanyak 30 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, sedangkan sumber data menggunakan data primer. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dimensi Kualitas Pelayanan yang terdiri dari variabel Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati memiliki pengaruh positif dan Signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pelabuhan Pasca Penggabungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Pada Regional 4 Cabang Makassar. Variabel Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati memiliki hubungan dengan Kepuasan Pelanggan Jasa Pelabuhan Pasca Penggabungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Pada Regional 4 Cabang Makassar sebesar 85,2%, dan sisanya 14,8% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model.
References
Abi, Y. I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Master Piece Karaoke Di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 50-58.
Aditiya, V., Ibhar, M. Z., & Nasution, N. A. (2022). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Agung Automall Cabang Dumai. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5728-5728.
Dewi, K. I. L., Yulianthini, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS Kesehatan Di Kota Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(2), 82-92.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Irawan, H. (2014). Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta: Alex Media Komputindo
Kana, T. (2017). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Bongkar Muat Petikemas Pada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Merauke. Proceeding TEAM, 2(1), 672-682.
Muin, N. (2023). Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pengguna di Perpustakaan. AKUNTABEL, 20(2), 219-227.
Novitawati, R. A. D., & Prihatminingtyas, B. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 8(4), 175-180.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan 23. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service Quality & Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wiyanto, W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tinggi dan Rendah Nasabah di Bank Syari’ah Mandiri Cabang Salatiga. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2), 117-135.