PENGARUH KOMPETENSI GURU, MOTIVASI KERJA GURU, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP KECAMATAN PASIMASUNGGU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR
Kata Kunci:
Teacher Competence, Work Motivation and Principal Leadership have a significant effect on teacher performanceAbstrak
This study aims to determine and analyze the partial and simultaneous effect of teacher competence, teacher work motivation, and principal leadership on teacher performance and to identify and analyze the most dominant variables affecting teacher performance in SMP Paimasunggu District, Selayar Islands Regency.
This research approach uses quantitative research. The study was conducted at SMPN Pasimasunggu, Selayar Islands Regency, the population was SMPN Benteng Jampea teachers, 13 people, SMPN Pakkakang, 5 people, SMPN Satap Binanganipa, 6 people, MTs Marege, 2 people and SMPN Satap Pulo Bembe, 7 people. The total population is 33 people. The sample in this study was carried out using the saturated sampling method (Census) of the population as well as the sample. Data collection techniques used questionnaires and data analysis techniques used multiple regression analysis techniques.
The results showed that teacher competence, work motivation and principal's leadership had a significant effect on the performance of junior high school teachers in the Pasimasunggu sub-district, Selayar Islands Regency. Both partial and simultaneously and the most dominant variable affecting the performance of junior high school teachers in the Pasimasunggu sub-district, Selayar Islands Regency. is Teacher Work Motivation.
Referensi
Elqorny, Ahmad. (2008). “The Management Lecture Resume: Motivasi Kerja”. n.p, http://elqorni.wordpress.com/2008/05/03/motivasi-kerja, diakses tanggal 7 April 2010.
Depdiknas. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Tenaga Kependidikan Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas.
Dwinanda, G. (2022). Efek Pendidikan dan Pelatihan Melalui Kompetensi dan Imbasnya Terhadap Kinerja Pada PT Barru Barakah Property. Nobel Management Review, 3(2), 261-273.
Dwinanda, G. (2022). Peran Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Motivasi dan Komitmen Organisasi Dalam Mempengaruhi Capaian Kinerja Pegawai Kontrak Pada PT Tuju Wali-Wali Makassar. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 232-241.
Handayani, Titik., dan Aliyah, A. Rasyid. (2015). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo”: Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan.
Hamzah, B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis bidang Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Hansyah, H. A., Firman, A., & Sjarlis, S. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik, Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Kerja Guru Smp Negeri 6 Kalukku Kabupaten Mamuju. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 1(2), 200-208.
Ibdalsyah, Muhyani., dan Deni, Zaini, Mukhlis. (2019). “Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap Kesadaran Beragama sebagai Akibat dari Pola Asuh Orang Tua dan Peran Guru di Sekolah”: Jurnal Pendidikan Islam.
Jalaluddin. (2003). Teologi Pendidikan. Jakarta. Raja Grapindo Persada.
Manik, Ester., dan Kamal, Bustomi. (2011). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek”: Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung. Rosda Karya.
Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Ondi, Saondi. (2012). Etika Profesi Keguruan. Bandung. PT. Refika Aditama.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007 tentang kualifikasi akademik dan kompetensi guru.
Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Guru. Jakarta.
PP RI No. 19, 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Setiyati, Sri. (2014). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru”: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Syarifuddin. (2015). Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah dan Keterpenuhan sarana prasarana terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi dan Kepuasan kerja guru. UNM Program Pasca Sarjana.
Shinta. (2002). “Tipe-tipe Kepemimpinan”:https://ruangguruku.com/tipe-tipe-kepemimpinan/
Sudarwan, Denim. (1998). Menjadi Kepala Sekolah yang Professional. Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
Tim. (2006). Naskah akademik. Jakarta. Ditjen Dikti.
Umami, Dody, Rijal. (2014). “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Ujian Nasional di SMA Negeri se-Kota Mojokerto”: Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
UU RI No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD).
Uzer, Usman. Moh. (2002). Menjadi Guru yang Profesional. Edisi Kedua. Bandung. Remadja Rosdakarya.
Widayat, Prihartanta. (2015). “Teori-teori Motivasi”: Jurnal Adabiya Vol. 1 No. 83.