PENGARUH PELAYANAN, FASILITAS BELAJAR, DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TEKNOLOGI (SMKT) SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Penulis

  • Avan Marta Styawan ITB Nobel
  • Rustan DM Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mukhtar Hamzah Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Pelayanan, Fasilitas Belajar, Biaya Pendidikan, Kepuasan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan, fasilitas belajar dan biaya pendidikan terhadap kepuasan peserta didik pada SMKT Somba Opu kabupaten Gowa, sebagai sampel total sebanyak 82 orang peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara parsial variabel pelayanan, fasilitas belajar dan biaya pendidikan berpengaruh positif dan signifikan pelayanan terhadap kepuasan peserta didik pada SMKT Somba Opu kabupaten Gowa. Terdapat pengaruh secara simultan pelayanan, fasilitas belajar, biaya pendidikan terhadap kepuasan peserta didik pada SMKT Somba Opu kabupaten Gowa.  Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap terhadap kepuasan peserta didik pada SMKT Somba Opu kabupaten Gowa adalah variabel fasilitas belajar.

Referensi

Atika., & Darminto. (2013). Pengaruh Beberapa Rasio Keuangan Terhadap Prediksi Kondisi Financial Distress. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 23 (edisi 8). Cetakan VIII. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Karza, A., Hidayat, M., & Firman, A. (2024). Efektifitas Kualitas Pelayanan, After-Sales Services Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus PT. Toyota Hadji Kalla). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i2.4844

Lupiyoadi, A., Hamdani. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Pakpahan, A. B., & Adhitya, W. R. (2023). Pengaruh Biaya Pendidikan, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMK Pab 2 Helvetia. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i2.791

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Bab 1 Pasal 1.

Shaylide, I. S. (2014). Pengaruh Mutu Layanan Akademik Dan Biaya Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 21(2), 1–11.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. CV.

Suhardi, Y., Burda, A., Darmawan, A., Zulkarnaini, Z., & Fidayanti, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di Lembaga Bimbingan Belajar Sukses Jakarta). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 5(1), 9–21. https://doi.org/10.31334/abiwara.v5i1.3483

Tamam, T., & Sanusi, U. (2022). Pengaruh Fasilitas, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Kalianda. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1369–1376. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.858

Wati, U. I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Siswa Memilih SMA Barunawati Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(7), 01–19.

Diterbitkan

2024-12-31