STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MELALUI UPPKA (UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA AKSEPTOR) PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN JENEPONTO
Keywords:
Strategi Pengembangan Usaha, Strategi Pemasaran, UPPKAAbstract
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun untuk narasumber dalam penelitian ini adalah keluarga program UPPKA pada Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Jeneponto yang akan dipilih sebanyak 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancari nasumber dengan instrument wawancara yang telah disiapkan. Data yang telah dikumpulkan, diolah, dan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan alat analisis SWOT yang merupakan analisis kualitatif yang dilaksanakan dengan mengkaji faktor-faktor internal dan eksternal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi produk yang dilakukan oleh kelompok usaha masih menggunakan metode yang cukup sederhana. Namun perlu diketahui bahwa mereka telah memanfaatkan internet dalam hal ini media sosial agar produknya dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi. Hal ini dapat diartikan bahwa kelompok usaha memiliki keinginan untuk berkembang. Salah satu yang menjadi kendala bagi kelompok usaha UPPKA adalah tidak adanya pendampingan yang dilakukan oleh pihak Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kepada kelompok usaha. Kelompok usaha hanya melakukan evaluasi internal terkait omset perbulan dan memanfaatkan peluang yang bisa mereka jangkau. Hal ini terjadi karena tidak adanya monitoring dan evaluasi yang dilakukan, sehingga kelompok UPPKA merasa bahwa program UPPKA tidak dijalankan dengan baik.
References
Alam, S. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Melalui Analisis SWOT Pada Jaxs Barbershop Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah KARIMAH STIE AMKOP Makassar, Vol. 2, No. 3, 303 – 312.
Firman, A., Muslimin, I., Zaenal, F. R., Wulandari, T., Maharani, M. D., & Farahni, M. (2025). PKM Kelompok Pokdakan Permata Laut Melalui Pelibatan Perempuan dalam Diversifikasi Olahan dan Strategi Pemasaran Rumput Laut Desa Bontojai Kabupaten Bantaeng. Celebes Journal of Community Services, 4(1), 18-28.
Gujarati, D.N. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C. Buku 2, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.
Hamzah. (2017). Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
Harsuko. (2011). Mendongkrak Motivasi dan Kinerja: Pendekatan Pemberdayaan SDM. Malang: UB Press.
Hasibuan, Malayu. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kadarisman. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Latief, F., Muslimin, I., Askar, H., Hidayat, A. I., Firman, A., Dirwan, D., ... & Multhazam, N. A. T. (2024). Pelatihan CPPOB dan Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) Bagi Pelaku UMKM Rumput Laut di Desa Bonto Jai Kabupaten Bantaeng. Celebes Journal of Community Services, 3(2), 281-288.
Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Rivai, V., Sagala, J. E. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Parktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Rowley, C. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F., Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik, Edisi Kedua. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Yasen, S., Badaruddin. 2024. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).