PENGARUH BEBAN KERJA, INSENTIF DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN PADA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS HASANUDDIN
Kata Kunci:
Beban Kerja, Insentif, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Tenaga KependidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja, insentif, dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja tenaga kependidikan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan studi literatur. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, berlangsung selama kurang lebih dua bulan yakni bulan Januari 2024 sampai Februari 2024. Populasi penelitian adalah semua pegawai tenaga kependidikan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang berjumlah 47 pegawai. Menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yakni 47 pegawai.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa (1) Secara parsial beban kerja, insentif, dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. (2) Secara simultan beban kerja, insentif dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. (3) Variabel beban kerja merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja tenaga kependidikan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.
Referensi
Adelia, P., & Gunawan, A. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Displin Kerja pada Pekerja Generasi Milenial. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5571–5581.
Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47–62.
Adiyasa, N. I. W., & Windayanti, W. (2019). Pengaruh motivasi, kepuasan kerja, dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. XYZ. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 23–30.
Akhmad, F. A. P., & Azzam, F. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. Parameter, 7(1), 26–40.
Argadinata, A. G. (2018). Implementasi teori motivasi pada Toyota Motor Company. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 9(2), 137–154.
Ekobelawati, F., Marjono, M., Iswanto, I., & Ishak, I. (2023). Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Swadaya Mukti Prakarta, Ketapang. Jurnal Ekonomi STIEP, 8(2), 102–112.
Erni, M., FoEh, J. E. H. J., & Silalahi, E. E. (2022). Pengaruh motivasi, disiplin dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru (Deskripsi kajian studi literatur kinerja guru). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(1), 71–81.
Firman, A., Latief, F., & Dirwan, D. (2024). Efek Motivasi kerja, Lingkungan kerja dan Budaya organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 7(4), 425-435.
Gemalita, L. A. N. (2019). Model Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dan Insentif Kerja Serta Dampak Terhadap Kinerja Pada Pt. Coppal Utama Indomelt Manufacturing (Studi Kasus Pada PT. Coppal Utama Indomelt Manufacturing). Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama.
Handoyo, E., & Putri, N. A. (2018). Capacity Building Civitas Academika Fis Unnes. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 3(2), 157–167.
Harahap, S. F., & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 120–135.
Hidayat, H., & Ibrahim, I. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya Tenaga Pendidik. Jambura Journal of Educational Management, 312–325.
Mukarrama, M. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja ASN Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(3), Article 3. https://doi.org/10.37476/jbk.v11i3.3104