PENGARUH PENENTUAN HARGA JUAL TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA KOPERASI AGRONIAGA

Authors

  • Nur Rachma

DOI:

https://doi.org/10.37476/imprest.v1i2.3403

Keywords:

volume penjualan, harga biaya plus dan harga mark-up, sales volume, cost plus price and mark-up price

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan harga karena harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya. Dalam menentukan harga jual ada beberapa metode antara harga biaya plus dan harga mark-up. Tujuan utama dalam ini adalah untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan dari kedua variabel tersebut, yaitu harga biaya plus dan harga mark-up dan faktor manakah yang paling dominan diantaranya. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah berupa data yang berbentuk laporan penjualan, total biaya, dan harga beli bulanan selama 3 tahun terakhir yaitu tahun 2012-2014, yang terkait dalam penentuan harga jual Rumput Laut  Gracillaria Sp pada Koperasi Agroniaga yang merupakan populasi sekaligus sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah  metode kuantitatif dengan teknik analisis linear berganda

 

This study aims to determine the price because the price is one of the determinants of the success of a company because the price determines how much profit the company will get from selling its products. In determining the selling price there are several methods between the cost-plus price and the mark-up price. The main objective in this study is to find out which variables influence the increase in sales volume from the two variables, namely the cost-plus price and the mark-up price and which factor is the most dominant of them. The population and sample of this study are data in the form of sales reports, total costs, and monthly purchase prices for the last 3 years, namely 2012-2014, which are related to determining the selling price of Gracillaria Sp Seaweed in the Agroniaga Cooperative which is a population as well as a sample. The data analysis technique used is a quantitative method with multiple linear analysis techniques

References

Anton D. 1995 “ Pengantar metode statistika deskriptif.” Edisi ke sepuluh. Penerbit LP3ES. Jakarta

Genda, H., Muhani, M., & Bustami, L. (2016). Analisis Pengaruh Penetapan Harga Jual Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Air Mineral Pada Pt. Asera Tirta Posidonia Di Kota Palopo. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(2).

Kolter. Philip dan Armstrong. 1997. “Dasar – dasar pemasaran.” Edisi pertama prenhalindo. Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Rachma, N. (2022). PENGARUH PENENTUAN HARGA JUAL TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA KOPERASI AGRONIAGA. IMPREST : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.37476/imprest.v1i2.3403