Analisis Strategi pendapatan dan Pemasaran Hasil Tangkap Ikan Nelayan Tradisional Di Desa Lapakaka Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru

Penulis

  • Hariatih Hariatih

DOI:

https://doi.org/10.37476/imprest.v1i1.2972

Kata Kunci:

Pendapatan, Pemasaran, Analisis SWOT, Revenue, Marketing, SWOT Analysis

Abstrak

Perikanan menjadi ujung tombak pada peningkatan kesejaheraan nelayan guna mewujudkan masyarakat adil dan makmur. di kabupaten Barru terkususnya didesa Lapakaka yang penduduknya banyak bergantung pada perekonomian di bidang perikanan, penelitian ini bertujuan merancang strategi pemasaran hasil tangkap ikan dengan menggunakan analisis pendapatan dan SWOT, hasil Nelayan pada umumnya memiliki pendapatan yang tidak menentu dari hasil tangkapan melaut. Hasil Pendapatan (TR-TC) merupakan total pendapatan dari pendapatan dikurangi dengan biaya dan hasil Strategi SWOT menunjukan bahwa sumbu X > 0 yaitu 0,3 sedangkan untuk sumbu Y > 0 yaitu 1,85 hal ini jelas posisi strategi pendapatan dan pemasaran Nelayan Tradisional Hasil tangkap ikan berada pada kuadran I S-O kekuatan dan peluang (Strenght-Opportunity) yaitu strategi Agresif dimana situasi yang sangat menguntungkan. bersih cara memperolehnya sama halnya dengan mencari nilai pendapatan rata-rata Nelayan lapakaka

Fisheries are the spearhead in improving the welfare of fishermen in order to create a just and prosperous society. in the district of Barru especially in the village of which the population depends a lot on the economy in the field of fisheries. This study aims to design a marketing strategy for fish catches using income analysis and SWOT, fishermen generally have uncertain incomes from fishing. Revenue Results (TR-TC) is the total income from income minus costs and the results of the SWOT Strategy show that the X axis > 0 is 0.3 while for the Y axis > 0 which is 1.85, this is clearly the position of the income and marketing strategy of Traditional Fishermen. fishing is in the I S-O quadrant of strengths and opportunities (Strenght-Opportunity), which is an aggressive strategy where the situation is very profitable. net method of obtaining it is the same as finding the value of the average income of lapakaka fishermen.

 

Referensi

Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
Baridwan, Z. (2004). Intermediate accounting.
Dinas Kelautan Dan Perikanan Sulawesi Selatan. https://dkp.sulselprov.go.id/
Harahap, I., Pratama, A., & Rizal, A. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN NELAYAN TRADISIONAL DI DESA PALUH SIBAJI KECAMATAN PANTAI LABU KABUPATEN DELI SERDANG. Retrieved 18 August 2022, from https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/320
Iry, N., & Sabon Rain, D. (2020). ANALISIS PENGARUH BIAYA OPERASIONAL TERHADAAP PENDAPATAN NELAYAN DI KABUPATEN MIMIKA. JURNAL KRITIS (Kebijakan, Riset, Dan Inovasi), 4(1), 38-61. Retrieved from http://ejournal.stiejb.ac.id/index.php/jurnal-kritis/article/view/106
Konoralma, S., Masinambow, V., & Londa, A. (2020). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN TRADISIONAL DI KELURAHAN TUMUMPA KECAMATAN TUMINTING KOTA MANADO. Retrieved 17 August 2022, from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/30230
Kotler, Philip. (1991). Manajemen Pemasaran : Analisa Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jilid Keenam. Jakarta : Erlangga
Mubyarto. (1995). Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta :.LP3ES
Nainggolan, H., Aritonang, J., Ginting, A., Sihotang, M., & Gea, M. (2021). ANALISIS DAN STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN NELAYAN TRADISONAL DI KAWASAN PESISIR KABUPATEN SERDANG BEDAGAI SUMATERA UTARA. Retrieved 18 August 2022, from http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/sosek/article/view/9969
Nopriadi, N., Herfianti, M. ., & Wijaya, E. . (2021). Marketing Strategies in Attracting The Interest of Export Fish Suppliers in UD. Awang Jaya Bengkulu City. Journal of Indonesian Management (JIM), 1(2), 55–61. https://doi.org/10.53697/jim.v1i2.119
Nurfitrah, N. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Hasil Tangkapan Ikan Pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar. Social Landscape Journal, 2(2), 53. doi: 10.56680/slj.v2i2.23768
Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: teknik membedah kasus bisnis cara perhitungan bobot rating dan OCAI.
Ridha, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan di Kecamatan Idi Rayeuk. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 646-652. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jseb/article/view/205
Salatan, S., Manoppo, V., & Darwisito, S. (2018). STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN SOMA PAJEKO DI KECAMATAN SALIBABU KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD SULAWESI UTARA. Retrieved 18 August 2022, from https://ecsofim.ub.ac.id/index.php/ecsofim/article/view/25
Sari, I., Riniwati, H., & Harahab, N. (2015). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT HATNI (HASIL ALAM TANI NELAYAN INDONESIA) DI DESA TLOGOSADANG KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR. Retrieved 18 August 2022, from https://ecsofim.ub.ac.id/index.php/ecsofim/article/view/25
Susilawati, S. (2019). Analisis Pemasaran Ikan Dalam Meningkatkan Pendapatan Nelayan Di Kabupaten Bengkalis (Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam). IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(1), 65-76. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i1.152
Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Usaha Pengolahan Ikan

Diterbitkan

2022-08-19

Cara Mengutip

Hariatih, H. (2022). Analisis Strategi pendapatan dan Pemasaran Hasil Tangkap Ikan Nelayan Tradisional Di Desa Lapakaka Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. IMPREST : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 8–21. https://doi.org/10.37476/imprest.v1i1.2972