PENGARUH STATUS SOSIAL, KONDISI EKONOMI, DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES KAMPUNG BERU KECAMATAN GANTARANGKEKE KABUPATEN BANTAENG
Keywords:
Status Sosial, Kondisi Ekonomi, Motivasi Orang Tua, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : Pengaruh Status Sosial, Kondisi Ekonomi, Dan Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Mei sampai Juni 2020. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng yang berjumlah 207 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah 19 orang dan V dengan jumlah 27 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1) Terdapat pengaruh positif Status Sosial Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas IV dan V SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. 2) Terdapat pengaruh positif Kondisi Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas IV dan V SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng . 3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas IV dan V SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. 4) Terdapat pengaruh positif Status Sosial Orangtua, Kondisi Ekonomi Orangtua, dan Motivasi Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng.. Hal ini berarti secara simultan variabel independen (Status Sosial, Kondisi Ekonomi Orangtua, dan Motivasi Orangtua) Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V SD Inpres Kampung Beru Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng.
References
Ahmadi, Abu. 2016. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. Salemba Empat.
Andarias, Simanjutak. 2016. Pendapatan Perkapita Nasional. Jakarta: FE Universitas Indonesia.
Arifin, Zainal dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Remadja Karya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.
Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 1987. Test Prestasi. Dosen Fakultas.PsikologiUGM.
Depdiknas. 2002.Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka. Dimyati,
Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: BadanPenerbit Universitas Diponegoro
_________. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: BadanPenerbit Universitas Diponegoro
Hamalik, Oemar. 1990. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Al gesindo.
Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Idris,
Zahra. 1992. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Musbikin, Imam. 2009. Mengapa Anakku Malas Belajar Ya...?. Jogjakarta: DIVA Press.
Nasution, Thamrin dan Nurhalijah. 1985. Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Yogyakarta: Kanisius.
Purwodarminto, 1994. Kamus Utama Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Gafindo Persada.
Sochib, Moh. 1998. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugi yono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2008. Definisi Hipotesis. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.