PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA GUGUS SD INPRES TANETEA KECAMATAN PA'JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG

Penulis

  • Awaluddin Halim Manajemen Pendidikan
  • Muhammad Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Badaruddin Badaruddin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

motivasi kerja, kompetensi, kepemimpinan kepala sekolah, dan kinerja guru.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, Kompetensi dan Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Tanetea Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng, serta variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Tanetea Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng.
Data penelitian diperoleh melalui survey pada semua guru yang berada di Gugus SD Inpres Tanetea Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng, yaitu berjumlah 56 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 26.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Tanetea Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng; Motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Tanetea Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng, Sedangkan Kepemimpinan kepala sekolah juga tidak berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Tanetea Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (2) Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja, Kompetensi dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Tanetea Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (3) Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) yaitu Kompetensi.

Referensi

Aina Mulyana. 2019. Indikator Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)
A Sudijono,2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Repository.Unsimar.ac.id.
Febry Adi Nugroho, Marzuki Marzuki, 2019. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru IPS bersertifikat Pendidik.Jurnal Pendidikan IPS.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Herman & Sofyandi. Cetakan kedua, 2013. Manajemen Sumber Daya manusia,. Yogyakarta: Graha ilmu
Heru Mei Giantoro, Haryadi Haryadi, Ratno Purnomo,2019. Pengaruh Kompetensi Guru, kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Purbalingga.
Isnaeni laili, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: Universitas medan Area.
Kartono, Kartini. 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Marbawi Adamy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Aceh: Unimal Press
Miftahun, S.N., dan Sugiyanto. 2010. Pengaruh Dukungan Sosial dan Kepemimpinan Transformasional terhadap Komitmen Organisasi dengan Mediator Motivasi Kerja. Jurnal Psikologi.
M Mahendra, Y Arafah, A A setiawan- Chaits Islamic education.2020 Pengaruh Motivasi Kerja Guru Dan kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru.
MM Istijanto. 2013. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: books geogle.com
Pinder. 2013. Work Motivation: Theory, Issues And Applications. Illinois: Scoff, Foresmen and Company.
Purnomo, F.X. Setio Edy dan Wijayanti, Ratna. 2013. Analisis Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Instruktif, Konsultatif, Partisipatif dan Delegatif terhadap Kinerja Karyawan. Semarang: Universitas Semarang.
46
Puspo Binatmo, Bambang Sumtro, Sumadi Sumadi, 2013. Hubungan Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap kinerja Guru.Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan.
Rivai, Z., Veithzal, dkk. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Robbins, S.P., dan Judge, T.A. 2013. Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education.
Sari Samsuriadi, 2018. Pengaruh Kompetensi guru, Kepemimpinan Kepala sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru IPS SD Negeri Kabupaten Pangkep.
Surya Ismail, 2020. Analisis Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Manajemen Sekolah. Medan: Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT) E ISSN 2715 – 9213.
S Sya’roni,T Herlambang, 2018.Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru.
Thoha, Miftah. 2010. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Wibiasuri, Anggalia. 2014. Analisis Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Guru SMPN 5 Bandar Lampung).
Yuliana. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Pada PT. Haluan Star Logistic. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 17(2), 135-150

Diterbitkan

2023-03-08

Cara Mengutip

Halim, A., Hidayat, M., & Badaruddin, B. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA GUGUS SD INPRES TANETEA KECAMATAN PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG. Cash Flow Jurnal Manajemen, 2(1), 37–46. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jcf/article/view/3619

Terbitan

Bagian

Articles