PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALAH SEKOLAH, SARANA PEMBELAJARAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Penulis

  • Nurhanisa Nurhanisa DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mashur Razak Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Kata Kunci:

Gaya Kepemimpinan Kepalah Sekolah, Sarana Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kinerja Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara parsial Gaya Kepemimpinan Kepalah Sekolah, Sarana pembelajaran dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Sidrap. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara simultan Gaya Kepemimpinan Kepalah Sekolah, Sarana pembelajaran dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Sidrap dan Untuk menguji dan menganalisis variabel yang paling dominan bepengaruh terhadap kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Sidrap.

Metode pengumpulan data yang diguanakan adalah angket dan studi dokumen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara parsial menunjukkan bahwa variabel Gaya Kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Guru PAUD, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi Gaya Kepemimpinan kepala sekolah akan semakin meningkatkan Kinerja Guru pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kabupaten Sidrap.

Referensi

Ahmad Zain Sarnoto. 2018. Profesionalisme Guru Dan Peningkatan Mutu Pendidikan, dalam Proceeding Seminar Nasional Pendidikan “Penilaian Kinerja Guru dalam Era Sertifikasi” Yogyakarta, 14 Juni 2018.
Anamara, Maria Goreti V. (2014). Evaluasi Implementasi Standar PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 8 edisi 2. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Arifai, 2017, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Desa Tegal Kunir Lor Kecamatan Mauk – Tangerang, PEKOBIS Jurnal Pendidikan,Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. IV Oktober.
Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bafadal, Ibrahim. (2013). Administrasi dan Supervisi Penyelenggaran Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Bahriawan (2012), dengan judul “ Pengaruh Faktor budaya organisasi terhadap kedisiplinan pegawai pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Propinsi Sulawesi Selatan.
Bambang Syahril (2015). Pengaruh Antara Gaya Kepemimpinan Sikap Guru, Dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kota MANNA Bengkulu Selatan.
Barnawi dan Arifin. (2012). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Darmawan, Bowang. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan. Vol 6, No. 2.
Depdiknas. (2006). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 BAB VII pasal 42 ayat 1 dan 2 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Diana. (2013). Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Dee Publish.
El-Khuluqo, Ihsana. (2014). Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fadlillah, Muhammad dan Lilif Mualifatu K. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Gibson, dkk, 2012. Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses, Jilid I, edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.
Goleman, Daniel (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. Utama.
Grindle, Merilee S. (1980). Politics and Policy Implementation in The Third
Hasan, Maemunah. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA
Hasbullah (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Hermino, Agustinus. (2014). Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter (Konsep, Pendekatan, dan Aplikasi). Yogyakarta: Bandung.
Hiryanto. (2007). Pemetaan Tingkat Pencapaian Mutu Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD DI PROPINSI DIY). Hasil Penelitan Reseach Grant Program Hibah Kompetisi (PHK) A-2 Prodi PLS. Yogyakarta.
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Eds (6). dr. Meitasari Tjandrasa dan Dra. Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.
Indrawidjaya Adam, 2010 Perilaku Organisasi, Sinar Baru Bandung.
Kartini Kartono. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Rajawaligrafindo Persada.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Norma, Standar, Pedoman dan Kriteria (NSPK)Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Diakses dari http:www.paud.kemdikbud.go.id, pada tanggal 20 Mei 2021, pukul 09.00 WIB.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Norma, Standar, Pedoman dan Kriteria (NSPK)Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Diakses dari http:www.paud.kemdikbud.go.id, pada tanggal 20 Mei 2021, pukul 09.00 WIB.
Kiam. (2014). Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Non Formal Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Sintang. Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi, Vol. 1 No 1. Universitas Terbuka.
Lestari, Sri., dan Mariyono, Joko., 2017, Pengaruh Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Karyawan Lkp Lestari Komputer Slawi, Jurnal Ilmiah MULTIPLIER–Vol. I No. 2 Mei.
Lumbung Data Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. (2016). Online pada http://dapodik.pdkjateng.go.id/npsn_paud?wilayah=036302 (diakses pada 21 juli 2016)
Luthans, Fred & Jonathan P. Doh. 2014. Manajemen Internasional: Budaya,
Ma’mur, Jamal A. (2009). Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.
Minarti, Sri. (2011). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mukminin, Amirul. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Praptiestrini, 2016, Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Disiplin Kerja, Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar, Jurnal Paradigma Vol. 14, No. 01, Februari – Juli, ISSN : 1693-0827.
Rizali, Ahmad, dkk. 2015. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo)
Robbins, P. Stephen & Coutler, Mary. 2016, Human Resources Management,. Edisi 16, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.
Saifuddin. (2015). Tes Prestasi Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Schuler, R. Mac Millan. 2012 ‘Definition and conceptualization of stress in organizations’, Organizational Behavior and Human Performance, 25, pp.184–215.
Slamet Suyanto. (2014). “Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini”. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sondang P Siagian. 2016.Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Bumi. Aksara.
Suhartini, B. (2015). Studi Lapangan Tentang Sarana Prasarana Untuk Pembelajaran Aktifitas Perceptual Motor Siswa Taman Kanak-Kanak
Thoha, Miftah. 2014. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya, cetakan ke-23. Jakarta : Rajawali Pers.
Utami, Sri. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Card Sort Terhadap Pemerolehan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di SD. Artikel Peneltian
Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan. Permasalahannya, Jakarta: PT Rosda Karya
Yusutria . 2019. Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesionalitas Guru.

Diterbitkan

2023-03-15

Cara Mengutip

Nurhanisa, N., Firman, A., & Razak, M. (2023). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALAH SEKOLAH, SARANA PEMBELAJARAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Cash Flow Jurnal Manajemen, 2(1), 82–93. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jcf/article/view/3640

Terbitan

Bagian

Articles